Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom


Seperti yang sudah kita ketahui, DJI mengeluarkan 2 versi drone dalam satu waktu, dengan 1 seri yang diberi nama DJI Mavic 2, dengan varian atau versi yakni DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom. Kedua drone ini memang memiliki kelebihannya masing – masing, sehingga apabila dibandingkan tentu masing – masing drone akan memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Sehingga dengan kata lain, sebagai seorang pilot, anda nanti akan diberikan dua buah drone yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. Memang kalau dari bentuk fisiknya DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom memiliki bentuk yang sama persis, memang untuk unit aircraftnya sama, baik bentuk dan spesifikasinya, dalam DJI Mavic 2 series ini yang memiliki perbedaan adalah di bagian kameranya.


Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


 Perlu diketahui dulu sepertinya, kalau DJI Mavic 2 series memiliki peningkatan yang cukup baik daripada versi sebelumnya, seperti yang sangat menarik disini adalah omni directional vision system. Vision system ini adalah sensor obstacle avoidance yang sudah dipertingkat sehingga lebih fungsional dan efektif, dengan Obstacle avoidance sensor, atau sensor anti tabrak yang sebelumnya juga ada di DJI Mavic Pro, nah, di generasi kedua ini, DJI Menamainya dengan “omni”. Itu dikarenakan sensornya tidak hanya dibagian depan belakang kiri dan kanan saja, namun dia juga memiliki sensor dibagian atas dan bawah drone, sehingga sekarang DJI Mavic 2 dapat lebih pintar lagi, dan harapannya yakni tidak bisa menabrak dan akhinya crash.

Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Nah sekarang ke pokok bahasan kita mengenai perbedaannya. Perbedaannya adalah di key feature dan juga kameranya. Secara kasat mata, kamera yang ada di DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom memiliki perbedaan bentuk. Itu karena key feature dari kedua drone tersebut berbeda, berikut admin jelaskan key feature dari masing – masing drone, tentu dengan versi admin omahdrones, sehingga kalau anda sudah mendapatkan penjelasan dari sumber lain, bisa di kombinasikan dengan informasi dari omahdrones tentu saja.

Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Untuk DJI Mavic 2 Pro dia memiliki key feature di lensanya yang merupakan lensa dari Hasselblad, Dengan lensa yang lebarnya 1 inci, anda akan mendapatkan kualitas gambar yang maksimal, baik untuk fotografi atau videografi. Sekedar info, DJI dan Hasselblad sudah menjalin kerja sama dari tahun 2016, sehingga dengan kerjasama itulah DJI Mavic 2 Pro mendapatkan kamera hebat dari Hasselblad.


Lantas apa yang akan anda dapatkan dari lensa ini? lensa dari Hasselblad ini memiliki fokus di pengambilan gambar dengan format terbaru, dengan lensa berukuran 1inci dari Hasselblad yang kerapatan pixelnya sebesar 20MP. Ditambah pengaturan manual yang membuatnya jadi professional, DJI Mavic 2 Pro juga menawarkan berbagai mode kamera yang dapat dipilih dan dijalankan dengan mudah, seperti dronie, tracking, rocket dan lain sebagainya.


Kamera ini juga sudah dapat mengambil video dalam resolusi 4K, dengan framerate maksimal 30fps. Namun dengan lensa yang dapat mengambil gambar 10bit, kekomplekan warna akan menjadi daya tarik bagi videographer. Dan tak cukup disitu Bagi pecinta HDR (High Dynamic Range), sekarang video dari DJI Mavic 2 Pro sudah bisa menghasilkan video HDR, tepatnya di resolusi 4K 10-bit, sehingga kalau ingin color grading pun tentu bisa lebih leluasa dengan bahan video footage dari DJI Mavic 2 Pro.

Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Sedangkan untuk DJI Mavic 2 Zoom, dia memiliki bentuk kamera yang sekilas sama dengan DJI Mavic Pro pertama. Namun di lensa DJI Mavic 2 Zoom, anda bisa melakukan Zoom hingga 2x. ini menjadi Key Feature DJI Mavic 2 Zoom dimana belum semua drone bahkan drone professional lain yang memiliki kemampuan Zoom di kamera mereka. Dengan kamera DJI Mavic 2 Zoom dapat anda atur zoomnya hingga 2x dari 24mm ke 48mm. sehingga apabila anda membutuhkan footage yang menggunakan kombinasi Zoom, anda bisa menggunakan DJI Mavic 2 Zoom. Zoom yang dihasilkan adalah Optical Zoom dan bukan Digital Zoom, sehingga gambar yang dihasilkan akan tetap maksimal sesuai kemampuan kamera. Beberapa benefit yang akan anda dapatkan dengan adanya fitur zoom ini salahsatunya adalah anda bisa melakukan mode “doly zoom” yang hanya bisa dilakukan di DJI Mavic 2 Zoom.



Meski video yang di hasilkan masih 8bit, namun bukan berarti video yang dihasilkan tidak bisa anda color grading lagi. Anda tetap bisa melakukan editing termasuk color grading. Karena kemampuan dari kamera DJI Mavic 2 Zoom juga dapat mengambil video dengan resolusi 4K baik di loseless atau Cropped mode dalam framerate 30 fps. Bitrate maksimal video yang anda ambil bisa anda setting di maksimal 100Mbps. Selain itu, untuk menampung semua gambar dan video yang anda ambil, memang anda dapat memasang MicroSD seperti biasa, namun di DJI Mavic 2 series, anda juga akan mendapatkan internal memory sebesar 8GB. Jadi mungkin ketika anda lupa backup atau membawa MicroSD ketika anda pergi, anda masih bisa menggunakan internal memory dari DJI Mavic 2 Zoom. Jadi tiap habis dipakai, pastikan memory internalnya kosong supaya kalaupun lupa bawa MicroSD, anda masih memiliki internal 8GB tersebut.

Perbedaan Drone DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Nah, dari penjelasan admin diatas, terdapat kesimpulan DJI Mavic 2 Zoom menawarkan kelebihan Zoom di lensa kameranya, kalau anda ingin mendapatkan fitur yang lebih dari drone biasa, yang dapat melakukan Zoom pada kamera tanpa mengurangi kualitas videonya. DJI Mavic 2 Pro menawarkan pengambilan gambar yang lebih maksimal. Dengan lensa yang lebar, serta color modenya di 10bit membuat kekomplekan warna semakin membuat videographer dan juga video editor senang, sebab disini kita bisa mengotak atik warna atau mudahnya melakukan “color grading” lebih leluasa. Hasil video HDR atau foto yang disimpan dalam format RAW membuat para filmmaker disarankan untuk menggunakan DJI Mavic 2 Pro.



Mungkin seperti itu kira – kira pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana perbedaan antara DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom. Semoga dari pembahasan ditas, anda jadi lebih tau perbedaan antara kedua drone yang serupa tapi tak sama tersebut.