Cara Wifi-FPV menggunakan Kamera Hp ke Komputer atau Laptop


FPV adalah singkatan dari First Person View, tempat dimana anda bisa melihat apa yang dilihat oleh kamera drone, dan biasanya anda juga bisa sekaligus mengambil foto atau video sembari FPV. Sehingga anda akan mendapatkan video ketika anda terbang barusan. Nah, saking populernya FPV ini, sekarang hampir semua drone yang dilengkapi dengan kamera sudah memiliki fitur FPV, namun kualitas dan kemampuan FPV nya juga berbeda, sebab kemampuan FPV dan video yang dihasilkan bergantung pada kamera drone itu sendiri, sedangkan kualitas video akirnya dipengaruhi oleh bagaimana FPV itu bekerja, kalau dalam kamera terdapat DVR atau Digital Video Recorder, maka hasil video yang anda dapat akan terlihat baik di sisi framerate, dalam hal ini, tidak terjadi frame drop, atau malah freezing frame alias gambar tidak bergerak.





Dipengaruhi dengan teknologi FPV nya juga, ada yang sudah menggunakan FPV di frekuensi 5.8GHz, yang biasanya menggunakan sinyal analog, sehingga outputnya bisa menggunakan kabel RCA. Ada juga yang menggunakan teknologi Wifi-FPV menggunakan frekuensi 2.4GHz atau 5GHz. Kebanyakan drone mainan umumnya menggunakan Wifi-FPV di frekuensi 2.4GHz, namun akhir – akhir ini, terutama ketika artikel ini ditulis, sudah muncul beberapa drone kelas mainan yang memiliki spesifikasi tinggi, meski masih tergolong drone mainan namun dia sudah menggunakan Wifi-FPV dalam frekuensi 5G. sehingga tidak semua smartphone dapat melakukan FPV dengan drone tersebut, itu karena untuk bisa FPV dengan sinyal 5G, smartphone anda harus support dengan Wifi 802.11ac.



Lalu pokok bahasan kita kali ini, ketika anda tidak puas dengan kamera bawaan drone, atau anda ingin monitor yang lebih besar daripada smartphone atau tablet anda. Sebenarnya hal itu bisa saja anda wujudkan. Dalam projek ekstrim yang omahdrones lakukan untuk mendapatkan sensasi FPV yang berbeda dari biasanya. Sebelum lanjut kebawah pahami dulu tulisan dibawah, terlebih apabila anda ingin mencoba projek ekstrim ini



Segala sesuatu yang terjadi pada projek anda, omahdrones tidak bertanggung jawab, karena omahdrones hanya memberi informasi bahwa anda juga bisa membuat projek ini, namun dengan konsekuensi yang anda tanggung sendiri.



Oke, tertarik?



Seperti pada judul, bahwa kita sebenarnya juga bisa FPV menggunakan PC atau komputer atau laptop. Sebenarnya admin lebih suka yang simple, seperti mengganti monitor dari smartphone ke PC, admin rasa bisa dengan metode IP Cam, namun ternyata tidak. Sinyal transmisi video dari kamera wifi drone ternyata masih belum tertata, bahkan belum jelas apakah itu sinyal video atau bukan, maka dari itu, perlu penelitian lebih lanjut untuk bisa convert sinyal tersebut sehingga bisa langsung menjadi video live preview yang syukur – syukur langsung bisa dibuka menggunakan browser.



Ketika mencari cara alternatif, admin menemukan cara ekstrim yang lebih keren, yakni dengan menggunakan smartphone sebagai kamera drone, secara mudahnya sih nanti smartphone nya di pasang seperti kamera drone pada umumnya, lalu anda bisa FPV melalui PC anda.



Alat yang dibutuhkan sebenarnya sederhana, hanya perlu drone, PC ber-Wifi Adapter, dan juga smartphone.



Smartphone yang dipakai sih tidak perlu smartphone terbaik, anda bisa gunakan smartphone yang bekas, yang penting masih berfungsi Wfinya, termasuk bisa tethering juga. dan pastikan kameranya juga masih berfungsi ya.

Ada dua metode untuk menghubungkan koneksi antara pc dengan smartphone, antara lain:



Metode 1

Metode pertama, kita menggunakan Wifi di PC sebagai Routernya atau sebagai pusat Jaringan Wifi, tidak perlu koneksi internet, cukup buat Hotspot dari PC saja, kalau di Windows 10, anda sudah bisa membuat hotspot tanpa software tambahan, namun kalau anda menggunakan OS dibawah Windows 10, anda perlu software tambahan seperti Connectify untuk membuat hotspot.


Setelah itu download aplikasi Android atau Iphone anda yang intinya membuat Smartphone menjadi IP Camera, dalam hal ini admin menggunakan Aplikasi IP Webcam yang gratis di playstore.


Setelah semua siap, luncurkan hotspot dan apabila sudah jalan, maka hubungkan Wifi smartphone ke Wifi PC (hotspot)



Metode 2

Di metode kedua untuk menghubungkan antar device, cara mudahnya anda bisa aktifkan tethering di smartphone, lalu hubungkan laptop ke wifi tethering nya, dengan cara ini maka kedua device sudah terhubung



Setelah terhubung, buka aplikasi IP Webcam di smartphone,



Tampilannya memang tidak langsung mengarah ke kamera, disini adalah tempat dimana anda bisa mengatur semua preferensi sehingga bisa anda kustomisasi, namun dalam hal ini kita biarkan dulu semua dalam keadaan default. Scroll ke bawah dan pilih menu “Start Server”



Jika sudah muncul kamera, perhatikan di bagian bawah tengah, disana ada alamat IP tertera. Nah sekarang buka browser di PC anda, disini admin menggunakan Google Chrome,



Masukkan alamat IP tertera pada Address bar di browser, dalam kasus admin, admin dapat alamat http://192.168.43.1:8080 , maka setidaknya anda akan mendapatkan control center seperti gambar dibawah




Disini anda bisa mengatur video rendernya mau dalam format apa, lalu audionya juga, nah di sini admin ingin memberitau, kalau sebenarnya ketika mengambil video aerial itu audio tidaklah penting, yang penting videonya saja, sehingga admin hanya butuh preview video saja, dan disini admin pilih video rendernya browser, karena admin rasa renderingnya lebih cepat di PC Admin.



Anda juga bisa mengambil foto atau video di sini, dengan tool yang berada di sisi kiri halaman, serta untuk fitur dari aplikasi ini anda bisa menggunakan tool yang ada di sebelah kanan.



Untuk format video yang dihasilkan karena dia mengambil dari browser, video akan berformat .webm untuk membuatnya menjadi .mp4 agar bisa diputar pada video player bawaan smartphone anda, anda bisa gunakan video converter yang bisa anda temukan di internet. Ketika sudah merekam video, jangan langsung menutup browser, tapi pergi dulu ke halaman “Video Archive” untuk mendownload foto dan video yang sudah anda ambil.



Memang disitu ada watermarknya, karena ini adalah aplikasi Free Version, untuk menghilangkan watermarknya anda harus membelinya supaya mendapat pro version.



Nah, dengan cara ekstrim ini, bisa terbukti bahwa kita bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan PC sebagai monitor dan pengatur kamera, sehingga rasa FPV pun akan lebih keren, terlebih kalau settingan anda bagus, anda juga bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal sesuai kemampuan kamera smartphone anda.



Mungkin disini yang jadi masalah adalah jarak jangkauan FPV nya, untuk menambah jarak jangkauan, anda bisa membeli USB Wifi Adapter serta kabel USB Extender, lalu pasang ekstender ke PC, lalu pasang Wifi ke Extender, dan terahir tempatkan pada tiang setinggi kabel USB Extender anda, otomatis jangkauan dari FPV ini akan lebih jauh lagi.



Mungkin ini saja untuk saat ini yang bisa admin share, kalau admin sudah mendapatkan cara untuk bisa FPV dengan kamera Wifi bawaan dengan PC sebagai layar FPV nya, tentu akan admin share lagi disini, jadi stay tuned ya.