Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - Wifi-FPV GPS Ready


Bagi anda yang sudah membeli MJX Bugs 3, mungkin yang anda inginkan adalah kemampuan terbang drone yang sudah cukup kuat, meski tidak di desain untuk membawa kamera, namun ada juga yang memodifikasinya sehingga bisa membawa action cam untuk mengabadikan momen ketika terbang. Meski kemampuan MJX Bugs 3 sudah cukup bagus, namun masih ada beberapa kekurangan di drone tersebut selain tidak ada kamera, yakni dia belum dilengkapi dengan GPS, sehingga tidak disarankan untuk terbang jauh – jauh apabila belum terbiasa supaya meminimalisir terjadinya fly away. Dan mungkin karena seiring perkembangan teknologi dan juga permintaan banyak pilot untuk drone yang sudah “GPS”, MJX sekarang mulai memberikan solusi untuk anda yang belum sempat membeli Bugs 3 atau ingin upgrade Bugs 3 nya.



Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Dengan nama yang sama dan di beri predikat pro, inilah MJX Bugs 3 Pro. Drone Bugs 3 dengan banyak upgrade mulai dari desain badannya, motor, kamera, dan yang paling penting sesuai banyak permintaan, drone MJX Bugs 3 Pro ini sudah dilengkapi dengan GPS. Dan bukan GPS biasa melainkan GPS/GLONASS sehingga positioningnya bisa lebih akurat lagi daripada GPS biasa yang kadang malah masih menimbulkan manuver toilet bowl ketia terbang. Di bagian motor, MJX Bugs 3 Pro mendapatkan motor yang lebih besar lagi apabila dibandingkan dengan MJX Bugs 3 biasa, untuk seri Pro ini dia menggunakan motor brushless 1800KV dengan ESC 8A, membuat drone ini memiliki kekuatan yang cukup untuk menerbangkan dirinya beserta beban kamera yang dibawanya juga.



Drone ini juga memilki banyak fitur bawaan seperti yang sudah admin kutip dari beberapa sumber dibawah ini:
* Can be equippe with C4000, C5000 and C6000 to capture stunning pictures and videos from the sky..
* With altitude hold mode function provides stable flight.
* With Follow me mode, the drone will lock onto the position of the transmitter and track it. This is extremely beneficial when recording a moving subject that would be tricky to follow manually.
* With GPS auto positioning system, accurate positioning location.
* With Independent ESC,which not only effectively protect the motors, but also insure safety of flight.
* With One key to return function makes it easily to find the way home.
* 7.4V 2800mAh high capacity battery support maximum flying times 22 mins, which saturates all your desires about flying postures of an aerial drone.
* 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
* 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
* 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
* With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Untuk spesifikasi dari drone MJX Bugs 3 Pro, bisa anda simak dibawah:
Brand Name: MJX
Item NO.: B3 Pro
Item Name: B3 Pro RC quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Motor: Brushless 1806 1800KV
ESC: 8A
Wheelbase:310mm
Propeller: 190mm
Maximum Flight Speed: Max 10M/S
Working Current: MAX 32A
Quiescent Current: 150MA
Battery: 7.4V 2800mAh
Quadcopter Size:41*41*15cm
Package Size: 33*16.5*34cm
Quadcopter Weight: about 525g
R/C distance:about 600m
Flight time: about 20mins
Transmitter: GR6221A
Color: White
Camera: C6000 (Optional) Support C4000, C5000  (Not included) 

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Berbeda dengan MJX Bugs 3 seri lalu, baterai yang digunakan oleh MJX Bugs 3 Pro adalah proprietary battery yang artinya ini baterai khusus yang hanya di desain untuk MJX Bugs 3 Pro saja. Sehingga apabila anda ingin membeli baterai cadangan, anda harus memesan langsung ke MJX apabila anda tidak menemukan baterai di seller Indonesia khususnya. Meski beda desain, namun spesifikasi baterainya masih sama, yakni memiliki tegangan 7.4 Volt dengan kapaasitas sebesar 2800mAh. MJX mengatakan bahwa anda bisa terbang hingga 20 menit dengan satu baterai ini, meski kenyataan rata – rata anda hanya bisa terbang selama 11 menit dalam mode GPS. Ketika baterai sudah tinggal 50% maka anda sudah harus return to home. Mungkin beda cerita kalau anda menggunakan mode altitude.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Lanjut ke bagian transmitter, kalau dilihat dari gambarnya, terlihat seperti sekarang kita akan mendapatkan sebuah transmitter dengan desain elegan yang memiliki dua buah antenna. Namun sayangnya dua antenna yang ada di remote ini hanyalah hiasan saja. sehingga ketika terbang, anda tekuk pun tidak masalah karena hanya aksesori saja. meski tidak memiliki antenna eksternal, namun jarak jangkauan terbang MJX Bugs 3 Pro juga cukup jauh, yakni bisa hingga 600 meter. Jarak yang cukup jauh untuk drone dengan remote tanpa antenna eksternal. Dalam antenna ini juga sudah ada LCD kecil dan memanjang, disitu anda akan mendapatkan informasi telemetry, seperti status GPS, kapasitas baterai, kekuatan sinyal dan informasi drone lainnya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Untuk kamera, sayangnya kita  tidak mendapat unit kamera bawaan ketika membeli drone ini, kita harus membelinya secara opsional kamera untuk MJX Bugs 3 Pro dengan seri kamera C6000. Kalau tidak, MJX Bugs 3 Pro juga support dengan kamera C4000 atau C5000 juga. bahkan kalau anda mau meletakkan Actioncam seperti GoPro juga bisa. Itu dikarenakan MJX Bugs 3 Pro memang di desain untuk membawa action cam, dengan memberinya camera mount yang dikhususkan untuk action cam. Dengan kamera dari MJX misalkan C6000, anda juga sudah bisa melakukan Wifi FPV. Hanya saja anda harus menggunakan smartphone yang sudah support wifi 5G, untuk mengetahuinya, cek spesifikasi smartphone anda, kalau sudah support Wifi 802.11ac , itu berarti anda bisa menghubungkan smartphone ke kamera wifi MJX, dan melakukan FPV yang jaraknya umumnya bisa lebih jauh daripada Wifi biasa.



Nah, ada sedikit info nih untuk MJX Bugs 3 Pro, untuk bisa mengaktifkan fitur follow me, circle me dan waypoint flight, MJX Bugs 3 Pro anda harus terpasang kamera, kalau tidak, anda tidak akan bisa mengaktifkan fitur – fitur tersebut. Mungkin karena MJX menggunakan image tracking untuk fitur Follow me, jadi anda harus memasang kamera pada drone untuk bisa mengunci anda sebagai objek untuk di ikuti.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Pro - OmahDrones


Apa saja yang akan anda dapat ketika membeli sebuah MJX Bugs 3 Pro? Umumnya anda akan mendapatkan item seperti berikut:
1x B3 Pro Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
4x Propeller
1x Charger
1x Balance Charger
1x Blade Changer
4x Landing Gear
1x Camera Stand
1x UV Sticker




Kesimpulan yang mungkin bisa admin berikan untuk MJX Bugs 3 Pro ini mungkin untuk anda yang kemarin belum puas dengan spesifikasi MJX Bugs 3, atau MJX Bugs 2W yang juga sudah punya GPS, MJX Bugs 3 Pro ini menjadi pilihan yang sangat disarankan, meski memiliki beberapa kelemahan seperti di bagian baterai yang mungkin kalau di Indonesia tidak ada yang import, anda harus pesan sendiri ke MJX dengan harga yang tentu lebih mahal kalau anda beli di bawah 10 buah.



Untuk harga dari MJX Bugs 3 Pro sendiri, berdasarkan informasi dari beberapa onlineshop internasional juga, MJX Bugs 3 Pro dijual dengan harga 170 USD atau setara dengan 2.3 Jutaan, ini versi non camera, anda bisa membeli yang opsional dengan kamera dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dengan rentang harga sebesar itu, MJX Bugs 3 Pro mungkin bisa menjadi sainan Bayangtoys X16 yang sempat booming beberapa waktu lalu.