Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - Brushless FPV Ready


Kemunculan drone Bayangtoys X16 lalu, yang sudah hadir dengan motor brushless serta sudah ada yang GPS Version membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Alhasil benar saja, dari segala penjuru dunia, Bayangtoys X16 bisa dibilang sukses meramaikan pasar drone internasional. Berdasarkan pada pengertian drone dengan motor brushless itu lebih baik daripada motor brushed, serta ditambah dengan GPS yang memungkinkan drone lebih terkendali, maka tak heran dalam waktu yang tidak terlalu lama, banyak drone – drone baru yang juga sudah menggunakan motor brushless serta juga dilengkapi pula dengan GPS. Meski ada juga yang memiliki bentuk mirip, hanya beda merk namun bukan berarti kemampuannya juga sama, karena tiap produsen pasti memiliki pilihan komponen yang berbeda meski dari spesifikasinya bisa dibilang sama, akhirnya yang menjadi perbedaan akhir adalah performance nya ketika terbang.




Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones

Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga sebuah drone yang mirip – mirip dengan Bayangtoys X16. Drone ini buatan Xinlin, dengan nama panjang Xinlin Shiye X198. Dia adalah sebuah drone Quadcopter dengan ukuran yang standar kalau menurut admin, karena hanya 30 x 30 cm saja ukurannya, dan dia juga sudah menggunakan motor brushless, sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih efisien dan tidak perlu gearbox lagi, anda tidak perlu perawatan ekstra seperti membersihkan gearbox lagi. Dan juga, dengan motor brushless, anda tidak perlu khawatir akan motor yang overheat karena drone terbang terlalu lama. Dia juga sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga Xinlin Shiye X198 dapat mempertahankan posisi ketika ia terbang, dan untuk pilihan kedua apabila anda tidak menggunakan GPS, anda bisa memilih normal mode yakni dengan kemampuan Altitude hold, dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang.



Tak hanya itu, menurut daftar fitur, Xinlin Shiye X198 ini malah memiliki double GPS, satu di drone, satu di transmitter, itu akan membuat anda mendapatkan fitur follow me dimana drone dapat mengikuti kemana anda pergi, namun beberapa pilot yang sudah menggunakan Xinlin Shiye X198, menurut mereka, ketika follow me, Xinlin Shiye X198 akan mengambil data dari GPS smartphone yang anda gunakan untuk FPV jadi bukan dari GPS pada transmitter, untuk fitur lebih lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:

* 2MP/5MP HD Camera:
Built in 2MP 720P/ 5MP 1080P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
 * Altitude Hold Mode:
With altitude hold mode function provides stable flight.
 * Double GPS
With double GPS,one in the drone and the other in the transmitter,it can set hight and achieve " Follow me function". Aircraft follower remote controller,arbitrary and easy.
* Follow Me Mode:
With Follow me function,turns you into a mobile photographer with a personal cameraman
 * Headless Mode:
With headless mode function,no need to adjust the position of aircraft before flying.
 * App Waypoint Function:
Draw a fligh path on the screen, and the drone would conduct an autonomous flight along the designated path.
 * LED Light:
With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.



Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi dari Xinlin Shiye X198, dapat anda lihat dibawah ini:
Brand Name: XINLIN SHIYE
Item NO.: X198
Item Name: XINLIN SHIYE X198 RC Quadcopter
Frequency: 2.4G
Quadcopter Size: 29*29*9.5cm
Package Size: 37.5*19*25cm
Weight(including the battery):360g
Battery: 7.4V 2000mAh Lipo.
Motor: Brushless motor
Flight time: about 20minutes
Charging time: about 240 minutes
Camera:2MP 720P/ 5MP 1080P (Optional)
Camera Type: 120°Wide-Angle
Transmitter Battery: 4 * AA Battery(Not included)
Flight Distance: About 400 meters
5G WiFi transmission distance: About 300 meters



Untuk baterainya, Xinlin Shiye X198 mendapatkan baterai 7.4 Volt dengan kapasitas sebesar 2000mAh. spesifikasi ini memang dirasa spesifikasi baterai yang cocok untuk drone bermotor brushless dengan daya terbang yang tidak terlalu lama otomatis drone jenis ini juga tidak diperuntukkan untuk kebutuhan yang sifatnya professional. Dengan baterai ini, anda bisa terbang hingga 15 menit. Untuk baterai cadangannya karena dia menggunakan baterai desain khusus untuk Xinlin Shiye X198, maka mungkin anda akan kesulitan mencari baterai cadangan atau penggantinya, namun sebagai alternatif, anda bisa gunakan baterai MJX Bugs 3 , karena dari spesifikasinya selain sama, baterai bugs 3 juga menggunakan port yang sama dengan baterai Xinlin Shiye X198. Hanya saja anda perlu sebuah trik supaya baterainya tidak melorot karena tidak terkunci, salah satu cara mudahnya yakni dengan menggunakan lakban sehingga baterai bisa terpasang pada tempat baterai dan tidak akan jatuh.


Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones


Di bagian transmitternya, memang Xinlin Shiye X198 memiliki transmitter yang terlihat kompleks, dengan menggunakannya sesering mungkin anda juga pasti akan hafal dengan fungsi tiap tombolnya, ditambah pada transmitter ini anda juga diberikan LCD monitor kecil yang akan menampilkan status drone sehingga anda bisa mengetahui kondisi drone anda. Dengan transmitter ini, anda bisa mengendalikan drone hingga 400 meter. Tentu dalam Xinlin Shiye X198 di bagian atas transmitter bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV.

Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones


Untuk FPV nya, karena wifi pada kamera Xinlin Shiye X198 sudah menggunakan 5G Wifi atau Wifi 802.11ac, maka sebelum anda membeli drone ini, pastikan smartphone anda sudah support untuk Wifi 802.11ac, karena kalau tidak, anda tidak bisa ber FPV menggunakan kamera drone Xinlin Shiye X198. Dalam aplikasinya yang dapat anda download secara gratis, anda juga akan mendapatkan telemetry yang cukup lengkap, seperti jarak drone, tinggi, status baterai, kecepatan drone dan status GPS. Anda bisa mengambil gambar dan akan tersimpan langsung dalam MicroSD yang dapat anda masuukan ke slot yang ada di bagian belakang kamera, sehingga video yang anda dapat akan bebas lag karena Wifi-FPV.

Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones


Umumnya, tiap pembelian drone Xinlin Shiye X198 anda akan mendapatkan:
1x X198 RC Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
1x USB Charging Cable
4x Propeller
1x Screwdriver
1x Phone Holder
1x Manual



Meski terlihat sudah cukup bagus apabila disandingkan dengan Bayangtoys X16, namun ada beberapa hal yang disayangkan dari drone Xinlin Shiye X198 ini seperti aplikasi yang masih banyak bug nya, lalu ketika anda terbang, drone masih suka melakukan Toilet Bowl Effect, dimana drone malah muter – muter dan tidak anteng padahal sudah di GPS mode, kalau hal itu terjadi maka segera pindah ke altitude hold mode, lalu turunkan drone, setelah itu kalibrasi kompas ulang, terus ulang cara ini hingga ketika terbang sudah tidak mendapati toilet bowl effect.

Spesifikasi Drone Xinlin Shiye X198 - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya pun Xinlin Shiye X198 juga bisa dibilang lebih mahal daripada Bayangtoys X16, di beberapa onlineshop internasional tentunya, drone Xinlin Shiye X198 dibandrol seharga 150 USD atau setara dengan 2.1 jutaan , admin cek harga ketika artikel ini dibuat, sehingga mungkin ketika anda membaca artikel ini, harganya bisa juga berubah. Meski harganya lebih mahal, kalau aplikasi Xinlin Shiye X198 sudah diperbarui dan tidak banyak bug nya lagi, dia bisa saja mengalahkan Bayangtoys X16.