Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - FPV Direct Ready


Dari beberapa fitur yang ditawarkan dalam satu paket Drone, mungkin hingga saat ini, fitur yang paling dinikmati dan dirasa harus ada, adalah fitur FPV atau First Person View dari drone tersebut, entah itu menggunakan monitor sendiri, atau mudahnya dengan smartphone android atau iphone, tentunya dengan memanfaatkan koneksi dari perangkat wifi. Nah, utamanya ketika artikel ini ditulis, juga sudah banyak sekali drone yang menawarkan Wifi-FPV dengan harga yang terjangkau, tidak seperti dulu pada awal kemunculan drone yang sudah bisa Wifi-FPV memiliki harga diatas 700ribuan, kalau berdasar harga sebesar itu dengan model yang ada dipasaran sekarang, anda mungkin mendapatkan drone yang sudah memiliki desain foldable, atau drone yang dapat dilipat sehingga mudah ketika membawanya ke dalam tas anda.


Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


Seperti yang akan kita bahas kali ini juga, drone ini memiliki nama lengkap Apex GD-145B Foxbat. Mini drone ini, kalau anda lihat pada gambar diatas, menawarkan bentuk yang elegan karena kemulusan badannya yang terlihat sangat simple. Dia pun menggunakan propeller yang langsung terpasang pada motor seperti kebanyakan mini drone lainnya. Dan seperti kata admin di awal tadi, GD-145B Foxbat ini memiliki desain foldable, yakni pada bagian lengan drone nya yang bisa anda lipat sehingga drone akan lebih mudah dibawa, namun untuk bisa melipat drone, pastikan anda tidak memasang propeller guard, atau propeller protector nya. Karena untuk memasang dan melepas protectornya juga cukup mudah



GD-145B Foxbat  ini menggunkan motor brushed 8520, artinya tenaga yang dihasilkan lebih kuat daripada motor ukuran 612 tentunya dan Dari Wholesale nya, GD-145B Foxbat ini terlihat memiliki banyak sekali fitur untuk ukuran drone sekecil ini, yang dimana fitur selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini:
  • 2.4G wireless controller
  • Indoor&outdoor wind resisted flying
  • Crashing resisted
  • One key landing Crashing resisted
  • With Follow Me Function,Altitude hold function
  • 1080P HD camera/WIFI(real-time image transmission),120 dregree wide angle camera
  • Mobile control pocket drone Suitable for IOS/Android system
  • Optical flow localization 


Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


Dan untuk spesifikasi lengkap dari drone GD-145B Foxbat, dapat anda lihat dibawah ini:
Brand: APEX
Brand No: GD-145B
Brand Name: FOXBAT
Size: 164*164*39mm
Weight: 56g with Li-battery
Battery: 7.4V/350mah
Motor: 8.5 (8520)
USB Charger: PH2.0
Kit mode: RTF
Flying time: 5-8 mins
Flying range: 80 meters(max)
Charge time: 35-60 mins
Image transmission distance via wifi: About 40m
Camera: 1080P 120° Wide Angle


Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


GD-145B Foxbat diberi baterai yang memiliki tegangan besar untuk sebuah mini drone, dengan tegangan 7.4Volt dan berkapasitas 350mAh, dan berdasar info, ada juga yang mendapatkan baterai berkapasitas lebih besar yakni 450mAh. Anda bisa menerbangkan GD-145B Foxbat hingga selama maksimal 8 menit dengan kondisi tidak ada angin dan tidak ada interferensi sinyal, terlebih lama terbang juga dipengaruhi dengan cara anda terbang pula. Dan juga baterai ini memiliki tipe proprietary alias desain khusus hanya untuk drone GD-145B Foxbat saja, sehingga mungkin susah mencari baterai cadangan untuk drone ini terutama dipasaran Indonesia. Namun ada keuntungan ketika anda menggunakan baterai ini karena untuk melakukan pengisian ulang anda langsung bisa charge menggunakan kabel USB seperti untuk charge smartphone, tapi seperti biasa, sebelum charging, pastikan kondisi drone dalam keadaan normal dan tidak panas.

Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


Di bagian transmitter, mungkin transmitter dari drone ini terlihat seperti remote drone yang dapat dikendalikan hingga 100meter, namun sebenarnya ini adalah remote mini drone yang dibungkus dengan wadah yang agak besar, ditandai dengan dia hanya di dayai oleh baterai ukuran AAA sebanyak 2 buah saja, sama seperti remote mini drone sekelas Cheerson CX-10C dan kawan – kawannya, sehingga kalau dari spesifikasi, anda melihat dia dapat dikendalikan hingga 80 meter, pada kenyataannya anda mungkin hanya mendapatkan jarak aman terbang sejauh 60 meter saja untuk antisipasi terjadinya lost signal yang akhirnya menyebabkan drone anda fly away. Dalam controller ini juga sudah terlabeli tiap tombolnya sehingga anda bisa mudah mengetahui fungsi dari tombol tersebut. Dan dibagian atas, anda juga bisa memasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda.

Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


Smartphone anda tentu akan menjadi monitor FPV dari drone GD-145B Foxbat, di drone nya sendiri dalam iklannya dia dapat mengambil gambar berresolusi FHD atau 1080p, meski terlihat super, namun dalam kenyataannya drone ini hanya dapat mengambil video ber resolusi HD saja atau 720p. dan sungguh disayangkan juga karena di drone ini tidak ada slot untuk microSD, sehingga hasil gambar dan video akan langsung tersimpan di memori smartphone anda, yang artinya juga anda akan berpotensi mendapatkan hasil video yang lag, ditandai dengan freezing frame atau tampilan FPV nya berhenti, bisa juga kena frame dropping sehingga tampilan FPV nya putus – putus gambarnya. Jadi untuk mengantisipasinya, jangan terbang terlalu jauh agar koneksi Wifi dari kamera ke smartphone bisa tetap kuat dan lancar mentransmisikan video ke smartphone anda.



Namun ada kelebihan di kamera GD-145B Foxbat, yakni anda bisa mengatur beberapa parameter untuk kamera seperti brightness, white balance, contras, dan exposure. Sehingga anda bisa mendapatkan hasil gambar yang menurut anda bagus sesuai keadaan dimana anda bermain drone GD-145B Foxbat.

Spesifikasi Drone Apex GD145B Foxbat - OmahDrones


Ketika pembelian, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan seperti:
1x Quadcopter
1x Transmitter
1x USB Cable
4x Spare Propellers
1x User Manual
1x 7.4v 350mAh Li-battery
1x Phone Holder



Kesimpulan admin untuk drone GD-145B Foxbat ini mungkin tidak banyak, seperti drone portable seperti ini mungkin cocok jadi mainan ketika anda bepergian dan siapa tau anda ingin mengabadikan momen selfie udara dengan drone ini, meski ada beberapa fitur yang tidak nyata adanya di drone GD-145B Foxbat seperi optical flow sensor, follow me dan 1080p camera yang hanya fitur tidak nyata karena tidak ditemukan di drone ini, setidaknya anda masih mendapatkan drone lipat yang menurut admin menang di desain, karena desainnya masih tidak ada yang menyamainya hingga admin menulis artikel ini.



Sedangkan untuk harga yang dibandrol pada drone ini adalah sebesar 60USD atau setara dengan kurs saat artikel ini ditulis sebesar Rp 860.000,- meski terbilang cukup mahal, namun GD-145B Foxbat masih eksis di beberapa online shop internasional, apabila drone ini tersedia di Indonesia apakah anda tetap masih mau meliriknya atau bahkan membelinya mengingat drone ini juga termasuk dalam drone dibawah satu juta?