Spesifikasi Drone Syma X25W - Optical Flow Sensor, FPV Ready


Semakin kesini, admin rasa perkembangan drone mulai banyak sekali variannya, bersamaan dengan teknologi terapan baru yang juga mulai ditambahkan ke drone sehingga dia memiliki kemampuan baru yang lebih baik. Semua pengembang dan produsen drone tentu masih berlomba – lomba mengeluarkan drone yang memiliki teknologi terkini, tak luput juga tentunya oleh Syma, sebagai produsen RC yang di akui oleh banyak pilot di dunia, meski masih mengeluarkan drone berbasis mainan, namun Syma kini sudah mulai menunjukkan bahwa mereka juga bisa menambahkan teknologi – teknologi terbaru sehingga mereka yakin bahwa drone buatannya mampu bersaing di pasar internasional, karena fitur dan kemampuan baru yang dimiliki oleh Syma, terlebih kalau drone dengan spesifikasi yang sama namun dengan merk beda belum memiliki kemampuan tersebut.


Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Teknologi yang ditambahkan tidak perlu yang muluk – muluk, dan tidak perlu penambahan banyak pula, 1 teknologi baru yang diterapkan pada drone saja sudah bisa menghasilkan versi baru dan seri baru, dan tentu dengan hadirnya drone baru, Syma bisa berlanjut meramaikan pasar drone di seluruh dunia lagi, tentunya dengan tetap mempertahankan posisi mereka, mungkin begitu pikir Syma. Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Syma X25W. drone ini memiliki desain baru, berbeda dari beberapa seri drone Syma lainnya. Kalau menurut admin, desain body dari Syma X25W lebih mulus, dan terkesan lucu dengan lengannya yang tumpul.



Drone ini mungkin masih bisa disandingkan dengan X5 Series, namun ada banyak pembaruan desain disini seperti propeller yang sudah tidak memakai baut, namun tinggal pasang dan jepit saja sehingga lebih mudah kalau mau di lepas pasang. Begitu pula dengan kaki dan pelindung propellernya. Untuk fitur lainnya bisa anda simak dibawah ini:
  • WIFI FPV
FPV is the first person view, with the live stream of Syma X25W, Under the same scenery, you will be impressed by a brand new angle of view with Syma.
  • Optical Flow Positioning
The vision positioning systems allows the X25W to keep fully stable both outdoors and indoors and recognize objects below the drone for even safer landing.
  • 90° Adjustable 720P HD Camera
With the remotely controlled 90 degrees adjustable HD camera, you can capture every marvelous moment.
  • Headless Mode
The aircraft will always follow the command from the remote control once enter into the headless mode.
  • One Key Take Off / Landing
After code matching, the aircraft can be taken off / landed gradually by pressing only one button on the remote control.



Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi dari Syma X25W dapat anda simak dibawah ini:
Brand: Syma
Item No.: X25W
Frequency: 2.4GHz
Channels: 4CH
Gyroscope: Six Axis
Camera: 720P with adjustable angle
FPV Transmission: Wifi real-time
Battery: 7.4V 1000mAh Li-Po Battery
Charging Time: About 100-150mins
Flying Time: About 10-12mins
Control Distance: About 100m
Transmitter Battery: 4 x 1.5V AA (Not included)
Package Size: 29 x 29 x 11cm
Package Weight: 0.8kg



Syma X25W, bagi beberapa orang mungkin lebih cocok jadi drone selfie. Mengapa? Karena drone ini sudah dilengkapi dengan optical flow sensor. Apa gunanya? Dengan Optical Flow Sensor, drone bisa mempertahankan posisinya ketika dia terbang, dengan sensor kamera yang menghadap ke bawah, drone akan mendapatkan citra permukaan dibawahnya, sehingga dia dapat data untuk bisa mempertahankan posisinya. Namun optical flow sensor ini, umumnya dapat bekerja dalam ketinggian maksimal 3 – 5 meter. Jadi jangan tinggi – tinggi terbangnya kalau ingin drone tetap stabil ketika mengambil gambar.



Syma membekali drone ini dengan baterai yang sangat besar spesifikasinya untuk drone sekelas Syma X25W. baterainya memiliki tegangan 7.4 Volt, dengan kapasitas sebesar 1000 mAh. dengan tegangan yang lebih besar, drone Syma X25W dapat terbang hingga lebih dari 12 menit. Namun sayang, lagi – lagi mungkin karena alasan (supaya drone tetap ekonomis), anda hanya akan mendapatkan USB Charger untuk mengisi ulang baterai, memang bisa sih, namun admin tetap kurang sreg saja dengan batrai 7.4 volt yang di charge dengan sumber tenaga 5V. salah satu langkah amannya sih mending charge dengan kepala charger USB dengan arus 1 atau 2 ampere supaya arus pengisiannya bisa maksimal. Untuk lama pengisian ulangnya sih biasanya 75 menit saja sudah full, namun dari syma mengatakan bahwa charging timenya antara 100 – 150 menit.

Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Untuk unit remote atau transmitternya, tentu Syma X25W sudah menggunakan controller generasi ke 2 dari syma, dengan bentuk yang lebih mulus, simple dan elegan. Meski ada beberapa pilot yang kurang suka karena transmitter barunya tidak memiliki LCD monitor kecil seperti transmitter versi sebelumnya, namun di sini anda akan mendapatkan spesifikasi yang sama. Bahkan dengan transmitter baru ini, tombolnya juga sudah tertata lebih rapi dan tetap sederhana. Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan Syma X25W hingga radius 100 meter. Sesuai namanya, Syma X25W berarti memiliki kamera ber Wifi, maka dari itu di bagian atas remote bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda.

Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Kamera yang diberikan Syma untuk drone ini juga sudah bisa mengambil Video ber resolusi HD 720p. dengan kamera ini, anda bisa mengambil foto dan video secara langsung. Kamera pada drone ini memiliki MicroSD slot pada bagian belakangnya, sehingga apa yang anda ambil akan langsung tersimpan di MicroSD. Sehingga ketika anda mengambil hasil videonya, anda akan mendapatkan hasil video tanpa lag, tidak seperti apa yang terlihat di smartphone anda ketika Wifi-FPV. Untuk melakukan Wifi-FPV, anda harus menginstall dulu ya aplikasi FPV dari Syma. Nah, ada satu fitur lagi di kamera Syma X25W ini, yakni anda bisa mengatur angle kamera secara vertical, sehingga anda bisa mengatur arah kamera dari lirik ke bawah atau ke atas.

Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Syma X25W, anda akan mendapatkan item seperti dibawah ini:
1 x Syma X25W RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Battery
1 x USB Charger
4 x Propeller
4 x Propeller Guard
4 x Landing Gear
1 x Manual



Kesimpulan admin mengenai Syma X25W, mungkin bagi yang ingin mencoba beli sebuah drone, alias pemula, anda bisa membeli Syma X25W, dengan harga yang tidak terlalu mahal karena masih kelas mainan, anda sudah bisa mendapatkan drone banyak fungsi serta sudah memiliki optical flow sensor yang cocok untuk anda latihan terbang dengan cara latihan tidak terbang terlalu tinggi. Bentuk yang simple dan lucu mungkin juga bisa jadi daya tarik baru untuk sebuah drone.


Spesifikasi Drone Syma X25W - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya, Syma X25W yang dijual di beberapa toko online internasional, dia dibandrol sebesar 85USD atau kalau dirupiahkan dengan kurs ketika artikel ini ditulis, setara dengan 1.1 jutaan. Memang harganya seperti harga ketika Syma X5HW dulu baru dirilis (kalau tidak salah). Namun apabila dulu X5HW menawarkan altitude hold dan wifi-FPV, sekarang di Syma Syma X25W anda akan diberikan semua fitur X5HW, ditambah adanya fitur optical flow sensor, jadi sepadan kan? Terlebih drone ini juga cocok untuk pemula, sehinga potensi drone ini sebenarnya masih besar.