Spesifikasi Drone Xinlin X163F - FPV 5.8GHz Ready


Bagi para pemula tentu dunia drone itu sangat menantang, sampai – sampai mungkin anda bingung untuk membeli drone pertama anda, merk apa, versi berapa dan memiliki kemampuan seperti apa. Kalau admin bilang, drone yang cocok untuk pemula itu yang masih manual throttle, manual disini maksudnya tidak altitude hold. Mengapa? Supaya disini anda bisa belajar throttle sekaligus orientasi, ibarat naik motor anda harus bisa nyetir dan ngegas serta nge rem yang benar. Dan untuk pilihan drone yang seperti ini sangat banyak sekali pilihannya, terlebih sekarang banyak drone manual yang umumnya juga masih termasuk dalam kelas mainan (Toy Grade) yang sudah ditambahkan dengan berbagai fitur menarik seperti kamera, kemampuan seperti headless mode dan one key return juga sudah disediakan.


Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones


Bahkan dari Xinlin, anda malah sudah ditawarkan pengalaman FPV 5.8GHz. adalah Xinlin X163F. drone kelas toys yang satu ini, meski terlihat mirip seperti Bayangtoys X18 dari segi bentuk bodyntya, namun ukuran drone ini lebih kecil, tepatnya hanya 38 x 38 cm saja, dengan motor brushed dan satu maingear seperti drone kelas toys lainnya, membuat anda suatu saat harus mengganti motor atau gear yang sudah ompong. Untuk memperlambat kerusakan, pastikan anda merawatnya dengan baik. Untuk aksesorinya juga standar, anda akan mendapat sepasang kaki drone dan satu set propeller protector yang bisa anda pasang pada tiap sisi propeller supaya lebih aman ketika terbang.



Drone ini sangat stabil terutama di beginner rate, dimana di mode ini adalah mode paling ideal untuk anda latihan menerbangkan drone. Terlebih anda latihan di satu lapangan yang cukup luas, anda dapat sekalian menikmati rasanya FPV 5.8GHz yang belum dimiliki oleh semua drone kelas toys. Sementara fitur dan kemampuan lain yang ditawarkan oleh Xinlin X163F adalah
Flip
kemampuan yang dimiliki oleh 99% drone pabrikan
Headless Mode
Dimana arah depan anda selalu menjadi arah depan drone
One Key Return
Drone akan berjalan terbalik dari apa yang anda kerjakan sebelumnya, misal anda maju, nanti drone akan mundur, secara tidak langsung drone akan kembali ke posisi anda

Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones


Spesifikasi dari Xinlin X163F, dapat anda simak dibawah ini:
Brand: XINLIN
Item No.: X163F
Age: 14+
Copter Size: 38 x 38 x 10cm
Charging Time: 40min
Flying Time: About 10min
Frequency: 2.4GHz
Gyro: Built-in 6 Axis Gyro
Camera Pixel: 2-mega-pixel
Control Distance: About 100m
Copter Battery: 7.4V 390mA Lipo Battery
Control Battery: 4 x 1.5V AA Battery ( Not Included )
Function: Up / Down, Turn Left / Right, Forward / Backward, Headless Mode, 3D Rollover, One Key Automatic Return, Film and Shoot, with Light, Trim, Speed Up / Down, Sideward Flight, 5.8G FPV

Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones


Dengan kamera 5.8GHz mungkin memang Xinlin X163F butuh energy yang lebih besar selama terbang, maka dari itu Xinlin memberikan baterai bertegangan 7.4 Volt meski dengan kapasitas yang juga “pas” untuk drone ini yakni hanya 390 mAh. dengan baterai ini anda bisa terbang mungkin paling lama 10 menit, meski banyak pilot yang pernah mencoba hanya dapat terbang maksimal 6-8menit. Tidak disediakan baterai cadangan, karena memang baiknya drone bermotor brushed seperti ini sekali terbang maksimal tidak boleh melebihi 10 menit kalau kata admin, karena nanti motornya bisa kepanasan dan cepat rusak, maka dari itu sesudah terbang, ada selang waktu untuk charging baterai sekaligus mendinginkan motor drone.



Tapi tetap ingat, untuk charging baterainya juga tunggu hingga baterainya dingin dulu ya, baru anda bisa charge dengan aman kalau baterainya sudah adem.

Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones

Kalau untuk transmitternya, Xinlin X163F memiliki transmitter yang cukup kompleks tombol – tombolnya, anda setidaknya harus menghafal beberapa tombol penting seperti untuk flip, mengganti speed drone, dan yang paling penting adalah tombol – tombol untuk operasi layar FPV. Dengan controller ini anda bisa menerbangkan drone Xinlin X163F hingga radius 100 meter, begitupula jarak radius FPV nya, sebagai sumber tenaganya, remote ini menggunakan baterai AA sebanyak 4 buah. Dan kalau anda masih dalam masa latihan terbang, tidak disarankan untuk terbang jauh – jauh, coba terbang dekat – dekat saja sembari belajar throttle dan orientasi depan belakang kiri kanan. Yang keren lagi adalah dibagian atas remote ini bisa anda pasang FPV Monitor bawaan.



Yap, ketika pembelian anda akan mendapatkan FPV monitor dari Xinlin, itu artinya anda tidak perlu lagi harus beli monitor FPV atau FPV Goggle yang harganya tidak murah. Dengan satu paket drone Xinlin X163F anda sudah bisa terbang sembari FPV an. Untuk kameranya sendiri dia memiliki resolusi sebesar 2MP. Dan untuk menyimpan video atau foto yang anda tangkap, anda bisa memasukkan MicroSD ke unit FPV Monitor. Jangan masukkan MicroSD ke belakang kamera, karena slot microSD di belakang kamera adalah palsu alias hanya lubang, kalau anda masukkan microSD disana, nanti microSD anda malah akan nyemplung ke kolong casing kameranya.

Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Xinlin X163F anda akan mendapatkan:
1 x Quadcopter,
1 x Transmitter,
1 x FPV Monitor
4 x Propeller Protector,
2 x Landing Gear,
1 x Screwdriver,
1 x Screw Set,
1 x 4G SD Card,
1 x Card Reader,
1 x English Manual,
1 x Camera,
1 x Charger,
1 x Battery



Kesimpulan admin untuk drone Xinlin X163F ini mungkin drone ini memang cocok untuk anda yang masih pemula seperti pembahasan yang panjang tadi. Namun kalau anda yang sudah mahir ingin memiliki drone seperti ini juga oke - oke saja ya. Drone ini juga bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin merasakan drone FPV 5.8 GHz dengan harga yang lebih murah karena sudah satu paket dengan unit dronenya, terlebih bagi yang suka dengan kecepatan, drone ini juga punya high rate mode, dimana dia bisa super ngebut ketika terbang, menark bukan?

Spesifikasi Drone Xinlin X163F - OmahDrones


Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk dapat membeli Xinlin X163F? di beberapa onlineshop luar negeri, Xinlin X163F dibandrol dengan harga sebesar 70USD atau setara juga dengan 1 Juta rupiah saja. Harga yang murah untuk drone fullset dengan monitor FPV, sayangnya cukup sulit untuk mendapatkan drone ini di beberapa online shop luar yang terpercaya tersebut. Untuk sebuah drone kelas mainan mungkin drone ini memang cocok untuk anda, karena dia sudah dibekali kamera 5.8 GHz serta FPV monitornya yang membuat Xinlin X163F berbeda dengan drone sejenis kebanyakan.