Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - Drone Racing untuk Pemula


Hubsan, adalah salah satu merk drone yang mungkin anda taunya mereka mengeluarkan drone kamera, dan beberapa drone berukuran kecil yang sudah memiliki GPS, hingga drone besar yang dulu pernah admin bahas dilengkapi dengan parasut juga, yap itu Hubsan X4 Pro H109. tapi, taukah anda kalau Hubsan ternyata juga memiliki produk drone racing atau drone balap? Ya ternyata Hubsan juga punya Drone balap, salah satunya adalah yang akan kita coba ulas pada kesempatan kali ini, bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya? Daripada penasaran langsung saja, untuk mengawalinya anda bisa melihat bentuknya dari gambar yang ada dibawah ini.


Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Adalah Hubsan Hubsan H122D X4, kalau dilihat dari namanya, memang Hubsan H122D X4 ini masih dalam keluarga X4 dari hubsan, X4 sendiri kalau dilihat juga memilki banyak seri mulai dari yang kecil hingga yang besar, dan untuk Hubsan H122D X4 ini tentunya untuk seri racing. Ukuran dari drone ini juga kecil, jadi bisa masuk dalam kelompok mini racing quad-copter. Dimensinya yang hanya 11 x 11 cm membuat drone ini jadi menghemat tempat ketika masuk dalam penyimpanan drone anda. Meski kecil, Hubsan H122D X4 sudah dilengkapi dengan perangkat racing full dengan kamera FPV juga. dengan badan dari carbon fiber, Hubsan H122D X4 dirancang untuk menjadi tahan banting, meski belum ada yang mencoba untuk membanting drone ini hingga artikel ini ditulis, bercanda.


Untuk fiturnya, berikut adalah deretan fitur yang kami dapatkan dari hubsan:

Mini Size
Mini size allows you to fly indoors or within limited space.
2.4GHz TX
2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
5.8G FPV
5.8G high frequency images transmission gives you every perfect moment of the captured pictures at time.
720P HD Camera
Built in 720P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
3D Roll
Aerobatic flight of continuous 360-degree rotation towards various directions
Low Battery Protection
When it’s running out of power, the drone will automatically return and fall in take-off point.

Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Sedangkan spesifikasi ringkas dari Hubsan H122D X4 bisa anda lihat dibawah ini:
Brand: Hubsan
Item No.: H122D
Item Name: Hubsan H122D Micro Racing Drone
Material: Carbon Fiber
Motor: Coreless
Quadcopter Size: 112.5*111*62mm (3.7 inch X 3.7 inch)
Weight(Including The Battery): 116.5 g
Battery: 7.6V (2S) 710mAh Lipo.
Camera:  Built-in 720P HD Camera
Flight Time: Around 6-8minutes
Charging Time: 150 minutes
Max Flight: 100 meters
Memory card: 4G TF card.
Max support: 1- 32GB card class 4 (not included )
Transmitter: 2.4GHz Bluetooth TX
4 LED indicators & Rubber feet
4.3inch LCD Screen(Goggles Version)



Meski Hubsan H122D X4 adalah drone racing, namun drone ini admin rasa lebih cocok untuk pemula, atau seseorang yang mulai tertarik dalam dunia drone racing. Mengapa? Karena drone Hubsan H122D X4 masih menggunakan motor brushed dimana suatu saat anda pasti perlu menggantinya karena motornya sudah mulai melemah. Dan walaupun menggunakan motor brushed, dia tidak menggunakan Gearbox, sehingga propeller akan langsung terpasang di ujung motor. Jadi otomatis ketika terbang suaranya lebih nyaring seperti nyamuk, seperti drone brushed tanpa gearbox lainnya.

Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Drone ini karena sudah kelasnya racing, maka ia mendapatkan batrai bawaan yang berbeda dari drone standar, Hubsan membekali H122D X4 dengan baterai jenis LiHV, jenis baterai ini sebenarnya masih baterai Li-Po, hanya saja dia memiliki tegangan lebih besar, seperti mudahnya saja kalau baterai Li-Po 2S biasa memiliki tegangan 7.4V, maka untuk bawaan Hubsan H122D X4 ini dia memiliki tegangan 7.6V. tujuannya apa? Tentu untuk memberi power yang lebih kepada drone, mengingat dia adalah drone racing, tentu dia harus lebih agresif daripada drone lainnya. Sayangnya untuk chargerya anda hanya mendapatkan USB Charger seperti untuk baterai Li-Po biasa, sehingga rasanya kurang maksimal kalau untuk charge baterai Li-HV. Namun tetap bisa terisi, jadi jangan khawatir. Dan dengan baterai cadangan ini setidaknya anda bisa terbang antara 6 – 8 menit.

Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Untuk bagian transmitternya, anda kali ini akan mendapatkan transmitter yang bentuknya cukup simple, tidak seperti drone Hubsan GPS yang biasanya memiliki desain besar. Kali ini, desain remote terlihat simple, serta peletakan interface tombolnya juga mudah dihafal. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan Hubsan H122D X4 hingga jarak 100 meter, sama seperti drone standar bukan racing lainnya, karena dia di desain untuk pemula mungkin. Di bagian tengah remote bisa anda buka untuk meletakkan FPV monitor, apabila anda membeli paket Hubsan H122D X4 versi komplit.



Hubsan H122D X4 sudah dilengkapi dengan FPV set yang super lengkap, mulai dari kamera HD yang berada di depan drone, lalu dari kamera tersebut gambarnya akan di transmisikan dengan sinyal 5.8GHz sehingga anda bisa FPV menggunakan FPV monitor atau goggles bawaan atau milik anda sendiri. Lalu drone ini juga sudah dilengkapi dengan DVR (Digital Video Recorder) yang terpasang di belakang kamera, disini anda bisa memasukkan MicroSD hingga 32GB untuk menyimpan video anda ketika terbang, jadi nanti anda tidak perlu FPV Goggles yang sudah ada DVRnya, meski begitu anda tetap bisa dong merekam video via DVR di FPV Goggles anda.



Tadi admin sudah menyinggung tentang Hubsan H122D X4 versi komplit, itu Karena untuk paket drone Hubsan H122D X4 ini ada dua macam, yakni versi goggles dan versi standar, bedanya apa? Bedanya adalah di apa saja yang akan anda dapatkan dalam paket pembelian dengan item seperti dibawah ini

Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Standard Version:
1 x Hubsan H122D Racing Drone
1 x Transmitter
1 x 7.6V 710mAh Battery
1 x Charger
4 x Blades
1 x Manual


Goggles Version:
1 x Hubsan H122D Racing Drone
1 x Transmitter
1 x 7.6V 710mAh Battery
1 x HV002 Goggles
1 x HS001 LCD Monitor
1 x Charger
4 x Blades
1 x Manual



Nah, mungkin kesimpulan admin untuk drone Hubsan H122D X4 ini, memang cocok dan layak untuk anda beli, utamanya untuk anda yang ingin mulai terjun ke dunia drone balap. Karena untuk mendapatkan satu set drone balap memang merogoh kantong cukup dalam, untuk coba – coba dan latihan, memang rasanya cocok menggunakan Hubsan H122D X4. Selain ukurannya kecil, hemat tempat penyimpanan, kemampuan terbangnya juga cukup layak diadu dengan mini Racing drone lainnya.


Spesifikasi Drone Hubsan H122D X4 Storm - OmahDrones


Memang berapa harga yang dibandrol untuk Hubsan H122D X4. Nah untuk harganya sendiri Hubsan H122D X4 dibandrol sebesar 80 USD di beberapa onlineshop internasional, kalau dirupiahkan setara dengan 1.2 jutaan. Dengan membandingkan mini racing drone lainnya tentu Hubsan H122D X4 lebih murah, karena dia masih menggunakan brushed motor membawa perbedaan besar di segi harga, karena lebih murah daripada motor brushless yang juga memerlukan ESC.