Spesifikasi Drone SJRC S30W - FPV dan GPS Ready


Ada satu drone yang menarik perhatian admin kali ini. drone ini memiliki bentuk yang simple, sekilas mirip MJX X400 , masih toy grade juga, namun katanya drone ini sudah memiliki double GPS. Dengan Brand SJRC, mungkin masih banyak yang tau tentang brand yang satu ini. ternyata SJRC memiliki beberapa drone kelas toys yang sudah memiliki GPS. Sehingga mungkin nanti dari segi perbandingan harga, SJRC dibanding Drone GPS lain juga bisa diadu juga. dan drone yang satu ini katanya juga memiliki kamera yang dapat merekam video dengan resolusi HD 720p plus dengan Wifi FPV. Bagaimana selengkapnya detail dari drone ini akan coba kita ulas bersama pada kesempatan kali ini.


Spesifikasi Drone SJRC S30W - OmahDrones

Adalah SJRC S30W, bisa dilihat kan kalau bentuknya memang mirip dengan MJX X400, entah siapa dulu yang memiliki rancangan patennya, karena admin tau MJX dulu ya admin bilang mirip MJX saja. Ukuran drone ini juga tidak terlalu besar, karena hanya sekitar 30 x 30 cm saja, seperti Syma X5 series, dengan motor brushed yang masih mengandalkan gearbox, sehingga pada suatu saat anda pasti harus mengganti dynamo yang mulai melemah. Karena dronenya terbilang kecil, maka ketika anda pasang kamera di bawahnya akan terlihat besar kameranya, namun tenang saja karena SJRC S30W memiliki kaki yang cukup panjang dan mampu menopang badan sekaligus melindungi unit kamera dari sentuhan langsung dengan permukaan tanah.



Untuk fiturnya juga cukup banyak, karena dia sudah dilengkapi dengan GPS juga, anda akan mendapatkan fitur seperti
Return to home
  • Ketika baterai menipis atau anda suruh pulang, drone akan pulang di tempat pertama ia terbang tadi. Jangan lupa tiap mau terbang kalibrasi kompasnya.

Follow me
  • Follow me di SJRC S30W adalah dengan cara mengikuti gps pada smartphone anda, jadi ketika terbang pastikan gps smartphone anda juga aktif serta data internetnya juga supaya akurasinya makin tinggi.

Adjustable Camera
  • Kamera drone ini bisa anda atur anglenya dengan fitur tilt up dan tilt down hingga 75derajat
Geo fences
  • Anda bisa mengatur batasan anda terbang, seperti batasan jarak dan batasan tinggi


Spesifikasi Drone SJRC S30W - OmahDrones


Untuk spesifikasi detailnya anda bisa simak dibawah ini:    
Brand: SJ R/C
Item No.: S30W
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Frequency: 2.4G
Motor Type: 1020
Quadcopter Size: 28 X 25 X 12cm
Quadcopter Weight: 185g
Adjustable angle camera: Adjustable camera by transmitter, 75°
Capacity of smart lithium battery: 3.7V 1000mAh
Pressure sensor: Height Setting
Control distance: 400m(Free interference and no occlusion)
Flight Time: About 8min
Charging Time: About 60min
USB Charging: 5V
Lithium battery of transmitter: 3.7V 300mAh
Camera lens: 120°
Wifi image transmission distance: 200m (Free interference and no occlusion)
Follow me: 30m
Video resolution: 1280 x 720
Photo resolution: 1280 x 720
Frame rate: 25fps
Package Size: 46.6 x 13.5 x 27.5cm
Package Weight: 1.07kg


Spesifikasi Drone SJRC S30W - OmahDrones


Meski sudah memiliki GPS, drone ini masih mengandalkan baterai bertegangan 3.7 Volt. Dan untuk SJRC S30W dia mendapatkan baterai berkapasitas 1000 mAh. memang ukuran baterai yang terbilang besar untuk drone kecil ini, namun mengingat banyaknya komponen lain seperti kamera dan GPS, sama saja membuat dia tidak bisa terbang terlalu lama, meski dalam spesifikasi dia tercatat dapat terbang selama 8 menit, namun beberapa pilot membuktikan mereka hanya bisa terbang selama 5 menitan, bukan suatu kelemahan, namun justru hal ini yang dapat membuat drone SJRC S30W jadi awet terutama bagian motornya, karena motor brushed tidak disarankan untuk terbang terus menerus diatas 15 menit kalau admin bilang, karena terbang 10 menit saja sudah panas banget motornya.

Spesifikasi Drone SJRC S30W - OmahDrones


Untuk remote atau unit kendalinya, SJRC S30W memiliki remote dengan desain mirip stick Playstation, dengan analog stick yang sebenarnya bukan stick, meski sudah memiliki GPS, namun sayangnya di remote ini belum memiliki LCD untuk menampilkan sekedar informasi seperti telemetri atau status GPS dan drone. Sebagai gantinya di bagian atas remote terdapat interface yang ketika fungsi tersebut sedang aktif, maka akan menyala. Ya seperti interface status gigi pada motor bebek lah kira – kira, hehehe. Dengan controller ini, anda bisa menerbangkan SJRC S30W hingga sejauh 400 meter. Sebagai sumber tenaganya, remote ini sudah menggunakan baterai Li-Po juga, dengan tegangan 3.7 Volt dan berkapasitas 300 mAh, membuat anda jadi tidak perlu gonta – ganti baterai habis pakai buang lagi.



SJRC S30W juga sudah support Wifi-FPV, di bagian atas remote bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda. Setelah itu dengan aplikasi dari SJRC anda bisa menghubungkan kamera drone ke smartphone anda dan anda bisa melakukan Wifi-FPV. Kualitas videonya terbilang cukup bagus karena kamera dari SJRC S30W dapat merekam video dalam 25FPS, lebih bagus dari Wifi-FPV jaman dahulu yang hanya mampu FPV di 15FPS sehingga videonya pun tetap patah – patah.



Namun berbeda disini, meski anda bisa FPV lewat smartphone, namun video yang terrekam akan disimpan pada MicroSD yang bisa anda pasang di bagian belakang kamera drone, sehingga meski ketika FPV anda mengalami video patah – patah, namun di hasil video dari microSD tidak akan ada vido patah, karena apa yang dilihat kamera sudah langsung disimpan ke microSD. Untuk jarak FPVnya sih tergantung kemampuan Wifi dari Smartphone anda juga, jadi relative tidak bisa dipastikan.

Spesifikasi Drone SJRC S30W - OmahDrones


Ketika pembelian umumnya anda akan mendapatkan item dan kelengkapan seperti dibawah:
1 x SJRC S30W RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 1000mAh Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Blades
2 x Screw nut
1 x Screwdriver
1 x User Manual
1 x Remote control mobile accessories
2 x Landing Tripod



Nah, kesimpulan admin mengenai drone ini, jelas, SJRC S30W menjadi solusi bagi yang ingin memiliki drone murah namun takut akan fly-away. Karena sudah dilengkapi dengan GPS maka anda akan lebih enjoy ketika terbang. Ketika drone tidak terlihat, panggil pulang maka drone akan pulang. Ya meski kualitas GPS nya masih biasa saja dan masih sering melakukan “Toilet Bowl” yakni berputar tanpa sebab ketika return to home, namun untuk harga yang ditawarkan dengan kualitas yang didapatkan juga terbilang sepadan.



Bicara soal harga. Berapa harganya sih untuk sebuah SJRC S30W? di pasar internasional, dia dibandrol dengan harga 75 USD saja, itu sekitar 1 juta rupiah saja untuk drone ber GPS ini. kalau kedepannya semua drone kelas toys sudah dilengkapi dengan GPS, mungkin akan ada banyak lagi orang – orang yang tertarik di dunia drone. Maka dari itu, sebagai senior, anda harus memberikan contoh yang baik kepada para pemula, serperti cara menerbangkan drone yang baik dan benar, lalu jangan lupa tentang aturan – aturan menerbangkan drone juga,