Membuat Sunshade untuk Drone FPV Sendiri


Sunshade adalah sebuah aksesori yang digunakan oleh seorang pilot yang sedang menerbangkan drone dibawah sinar matahari langsung. Dengan layar FPV yang juga mengeluarkan cahaya sendiri, tentu kalah dengan cahaya terik dari matahari yang kuat dan panas. Sehingga dampaknya layar FPV tidak terlihat tampilannya. Paling tidak anda harus mencari tempat yang teduh atau mendapatkan cukup bayangan untuk bisa melihat tampilan layar FPV. Itu kalau ada tempat teduh yang memungkinkan, lalu bagaimana kalau tidak ada tempat teduh sama sekali, seperti misalnya di tengah padang rumput? Tengah lapangan? Pasti susah mencari tempat teduh hanya untuk melihat layar FPV, satu satunya cara disitu anda harus membelakangi matahari sehingga anda mendapatkan bayangan anda sendiri untuk melihat layar FPV. Tapi ada kekurangan menggunakan trik ini yakni anda jadi tidak bebas ketika terbang. Mungkin drone tetap bebas terbang, namun justru anda yang harus tetap membelakangi matahari.



Maka dari itu terciptalah sebuah aksesori sederhana yang dapat dipasang pada monitor FPV yang sering dikenal dengan nama sunshade. Sebuah alat serupa papan yang menutup beberapa sisi layar monitor supaya mendapatkan bayangan dari sunshade sehingga anda bisa melihat tampilan layar FPV. Sebenarnya sunshade banyak sekali yang menjualnya, ada juga sunshade yang universal khusus smartphone, tablet, dan lain – lain. Tetapi kalau anda ingin membuatnya sendiri juga bisa. Dengan menggunakan bahan yang mudah dicari dan didapatkan tentu saja. Ada beberapa versi dan kreasi untuk membuat sunshade sendiri. Dan disini admin mencoba memberikan beberapa contoh yang pernah admin buat.


Versi 1


Di versi 1 admin menggunakan kardus yang lumayan tebal, dari kardus bekas makanan b@ng – b@ng yang juga ukurannya admin rasa pas untuk smartphone admin.

Berikut adalah bahan yang admin gunakan dalam projek ini
  • Kardus bekas
  • Lakban
  • Pola
  • Pensil
  • Lem (opsional)


Sedangkan alatnya juga sederhana seperti
  • Cutter
  • Gunting
  • Penggaris



Pertama admin membuat pola sebagai desain dasar untuk sunshade yang akan admin buat pada kali ini. Admin membuat pola yang cukup sederhana sehingga nanti bisa fleksibel, mau anda lem permanen bisa, mau anda jadikan rakitan juga bisa, jadi sesudah dipakai bisa anda lipat untuk mempermudah penyimpanan. Nah, untuk pola yang admin buat bisa anda lihat dibawah ini ya




Pola di atas memang tidak memiliki ukuran pasti, khusus untuk smartphone admin, memiliki ukuran seperti pada gambar, jadi pastikan untuk ukurannya nanti anda samakan dengan ukuran smatrtphone atau tablet anda, jangan lupa dilebihkan sedikit ketika mengukur, supaya nanti tidak terlalu pas atau bahkan kesempitan.



Lalu transfer pola ke kardus, kalau admin sih mending admin gambar pola lagi di kardus menggunakan pensil,



Potong kardus sesuai pola, kalau di kardus tidak bisa mengikuti pola karena kardus kurang besar misalnya, seperti di kasus admin kali ini, bagian bawah pola kurang panjang, jadi admin sambung menggunakan potongan kardus yang tidak digunakan atau sisa dari potongan tadi. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini kalau bagian bawah sunshade admin tambah potongan lalu di lem supaya tidak lepas tentu saja.



Setelah kardus sudah terbentuk, anda bisa merapikan lipatannya. Alias lipatlah hingga membentuk sunshade sempurna, lalu coba masukkan smartphone anda ke dalamnya, kalau dirasa sudah pas dan tidak kesempitan, maka anda bisa lanjut. Kalau kelonggaran sedikit lanjut saja, tidak masalah.



Oke, sekarang adalah tahap penentuan, apakah anda ingin membuat sunshade ini menjadi fix permanen. Yang artinya akan berbentuk sunshade jadi, atau anda mau membuat sunshade ini menjadi portable. Khusus model yang satu ini ada kekurangan dan kelebihannya seperti yang admin jelaskan dibawah ini

Sunshade Fix
Kekurangan:
penyimpanan dan pembawaan memakan tempat yang lebih besar karena ukurannya seperti balok.
Ketika melapisi dengan lakban, akan terasa lebih sulit dibanding yang portable

Kelebihan:
Lebih kuat karena tiap rusuknya akan tertempel dengan baik
Mungkin bisa juga di lipat (bagian penutup kanan dan kiri) kalau lem dan lakban anda bagus


Sunshade Portable
Kekurangan:
Agak ribet karena harus menempelkan lakban lebih untuk mengunci tiap rusuknya ketika digunakan
Tidak cukup kuat karena terkadang lakban bisa kendor ketika dipakai

Kelebihan:
Lebih ringkas ketika membawa dan menyimpannya
Ketika melapisi dengan lakban lebih mudah, karena kardus masih berupa bidang datar



Selanjutnya adalah melapisi seluruh permukaan sunshade menggunakan lakban. Tujuannya, selain untuk membuatnya terlihat lebih bagus karena menutupi bagian luar dan dalam kardus, lakban juga membuat kardus jadi tahan lama, apalagi kalau anda gunakan di bawah sinar matahari terus, jadi kardus didalam bisa tetap kering dan kaku.



Kalau anda memilih menjadikan sunshade fix, anda pastikan anda gunakan lem yang kuat untuk mengelem semua rusuknya agar semua sisi nya terhubung dengan kuat. Namun di projek ini, admin memilih untuk membuat sunshade ini menjadi portable. Sehingga admin melapisi kardus dengan lakban dengan kondisi kardus masih berupa bidang datar, lebih mudah seperti yang sudah admin jelaskan tadi.



Ketika semua bidang sudah terlapisi, maka admin rakit sunshade hingga menjadi sebuah sunshade siap pakai, kurang lebih akan menjadi seperti gambar dibawah:



Kalau dilihat secara sekilas memang sudah terlihat cukup berfungsi, namun disini admin kurang sreg karena memilih membuatnya menjadi portable, karena bisa dilihat, lakban yang admin gunakan untuk menghubungkan tiap sisi bisa kendor sendiri, meski tetap bisa dipakai dan berfungsi, namun admin kurang suka lihatnya kalau seperti itu, hehehe.



Jadi kalau mau admin buat fix, otomatis admin harus buat dari awal, supaya sebelum membalut dengan lakban, admin bisa bentuk sunshadenya dulu hingga terlihat sempurna, memastikan lemnya merekat kuat lalu barulah admin lakban.



Nah, kurang lebih seperti itu cara membuat sunshade sendiri menggunakan bahan yang tidak terlalu susah untuk ditemukan, entah anda mau memilih jadi portable atau fix, kesimpulannya dari kedua model tersebut masih bisa berfungsi dengan baik ketika anda gunakan di bawah sinar matahari.