Spesifikasi Drone JXD 528 - Mini Selfie GPS Drone


Beberapa orang mulai menyukai drone selfie yang dapat kita terbangkan hanya dengan smartphone saja, tanpa perlu transmitter atau remote fisik yang memakan tempat ketika dibawa, kita sudah bisa menerbangkan drone dan mengambil foto serta video yang ingin kita abadikan dengan mudah. Namun kebanyakan drone yang dikendalikan langsung menggunakan smartphone hanya memiliki jarak jangkauan terbang yang terbatas, rata – rata hanya sampai 50 meter dikarenakan kualitas wifi yang ada di smartphone memang tidak di desain untuk menjadi transmitter jarak jauh. Kebanyakan wifi tersebut masih bekerja dalam frekuensi 2.4GHz, meski kita juga sudah bisa FPV dengan koneksi ini, namun ada saja yang masih belum puas dikarenakan jarak terbang yang kurang jauh, atau juga karena fitur drone selfie yang cenderung terlalu standar.


Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones


Kita ambil contoh JJRC H55 yang sudah kita bahas beberapa waktu lalu, memang dia juga dikendalikan dengan smartphone, bentuknya pun juga sama seperti drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, namun drone dari JJRC tersebut yang diunggulkan adalah sudah memiliki GPS, memang sudah ada GPS namun beberapa pilot merasa kurang puas karena drone JJRC H55 masih memiliki efek Toilet Bowl yang diakibatkan oleh kualitas GPS yang dibawah standar, atau kurang akurat. Mungkin akibat dari kekurangan JJRC tersebut JXD mencoba untuk mengeluarkan drone yang mirip namun dengan kemampuan yang lebih baik dari si JJRC H55.



Adalah JXD 528, drone kecil yang sekilas memiliki spesifikasi biasa saja ini ternyata menyimpan fitur yang mungkin belum ada di drone lainnya untuk seukurannya. Dia juga sudah dilengkapi dengan GPS yang admin baca dari beberapa sumber mengatakan bahwa dia sudah menggunakan GPS/GLONAS sehingga locking GPS nya lebih cepat dan sanggup lock banyak GPS dalam waktu yang singkat. Untuk fiturnya berikut adalah fitur yang kami dapatkan untuk drone JXD 528:

  • GPS positioning, sideward flight, turn left/right, up/down, forward/backward, altitude hold, one key take off/landing/stop, Gravity sense control, headless mode, follow me, waypoint fly, one key surrounding, camera zoom in/out
  • 720P camera with zoom in/out function: can capture and record every beautiful and unforgettable moment.
  • GPS navigation system: the GPS positioning function will enable you accurately track the position of the aircraft within its fly distance.
  • Gravity control mode: allows you to fly the drone forward/backward/left/right in correspondence to the angle of the mobile phone.
  • Way point fly: The aircraft will fly automatically along the sequential points you set before.
  • Altitude hold mode: makes it easier to control the drone for beginner and more stable for aerial photography.
  • One-key taking off/landing/stop: makes the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.


Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi singkat dari JXD 528 bisa anda simak dibawah ini:
Brand: JXD
Item model: 528
Item name: GPS RC Drone
Remote controller: Wifi APP
Camera: 720P
Control distance: About 200m
Drone battery: 7.6V 710mAh modularized battery(about 37g)
Flying time: about 10mins
Charging time: About 150mins
Product size: 260 * 260 * 55mm
Product weight: 165g


Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones


Meski kecil, drone JXD 528 ini dibekali dengan baterai 2s bertegangan 7.6 Volt dengan kapasitas yang lumayan besar yakni 710mAh, dengan baterai ini setidaknya anda bisa terbang selama 10 menit kalau kata JXD, meski pada kenyataannya rata – rata anda hanya bisa terbang selama 5 menit dalam satu baterai. Baterainya merupakan baterai yang dibungkus khusus untuk JXD 528 saja, sehingga untuk mendapatkan baterai cadangan, anda mungkin harus memesannya langsung ke JXD apabila tidak ada yang menjualnya secara langsung. Meski baterai ini memiliki tegangan 7.6Volt nyatanya lagi – lagi anda hanya dibekali dengan Charger tipe kabel USB untuk melakukan recharge baterai. Maka dari itu saran dari admin, lebih baik gunakan kepala Charger USB langsung untuk charging baterai. Jangan gunakan port USB misal pada komputer atau laptop karena mungkin arusnya kurang besar untuk masuk ke baterai.



Seperti drone selfie lainnya, JXD 528 juga tidak memiliki transmitter fisik seperti yang sudah kita bahas di awal tadi, dan ada hal penting untuk bisa menerbangkan JXD 528. Yakni adalah pastikan bahwa smartphone anda sudah support Wifi 5G. darimana anda bisa tau bahwa smartphone anda sudah support Wifi 5G atau belum?  Coba cek spesifikasi dari smartphone anda, kalau disana tertera Wifi Support di 802.11ac , maka smartphonemu sudah bisa untuk digunakan sebagai transmitter JXD 528. Memangnya beda dengan wifi biasa? Beda dong, dengan Wifi 5G, anda bisa terbang lebih jauh dibandingkan dengan Wifi biasa yang masih dalam frekuensi 2.4GHz. dalam beberapa test, ada yang bisa menerbangkan JXD 528 hingga 200 meter jauhnya padahal hanya dengan smartphone. Dan lagi, jarak jangkauan juga di pengaruhi oleh interfensi sinyal di tempat anda terbang ya.




Kemampuan GPS dari JXD 528 juga layak di bahas, sebab drone JXD 528 juga memiliki fitur bawaan yang menggunakan data GPS sepeti follow me, circle me, dan juga waypoint flight. Dengan perpaduan data GPS pada drone dan smartphone anda, semua itu bisa terjadi, maka dari itu, jangan lupa ketika terbang pastikan GPS pada smartphone anda juga aktif terutama untuk menggunakan fitur Follow me. Meski terlihat sempurna, namun drone ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti fitur Return to Home nya yang memiliki keakuratan yang masih belum cukup bagus, namun kalau dibandingkan dengan JJRC H55 sudah lebih bagus JXD 528 kalau admin rasa.




Juga Return to home tidak otomatis aktif ketika drone kehilangan koneksi dari smartphone anda. Melainkan hanya aktif ketika anda aktifkan secara sengaja, atau ketika baterai sudah mulai habis. Sehingga misalkan anda terbang jauh lalu disconnect, maka untuk bisa return to home anda harus menunggu hingga baterai drone mulai menipis dulu, baru drone akan otomatis puiang ke tempat pertama ia take-off.

Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones

Di bagian kameranya, JXD 528 sudah dilengkapi dengan kamera yang sanggup merekam dalam resolusi 720p. memang kameranya Fix jadi tidak bisa anda atur anglenya, terlepas dari itu kalau untuk selfie saja masih bisa, selain itu bagus juga kalau anda gunakan fitur follow me atau circle me nya. Ketika merekam menggunakan JXD 528, anda tidak perlu takut hasil video akan cacat karena lag dan FPS Drop ketika Wifi FPV, karnea JXD 528 sudah dilengkapi dengan DVR juga, sehingga anda bisa memasukkan MicroSD di dalam drone, jadi ketika drone merekam, video akan langsung masuk ke MicroSD. Anda akan mendapatkan video lancar tanpa cacat seperti apa yang dilihat drone langsung.

Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones


Untuk item ketika pembelian, umumnya ketika anda beli JXD 528, anda akan mendapatkan kelengkapan seperti:
1 * 528 RC Drone
1 * 7.6V 710mAh battery
4 * Spare Propeller
1 * USB charger
2 * Screwdriver
1 * User Manual



Kesimpulan dari admin mungkin JXD 528 memang menjadi solusi bagi anda yang ingin mendpatkan drone upgrade dari JJRC H55 atau memang sengaja mencari drone yang lebih baik dari si H55, karena disini perbedaannya terlihat sekali, dan dengan bentuk yang sama, membuat admin berfikir bahwa JXD 528 adalah versi upgrade dari JJRC H55.

Spesifikasi Drone JXD 528 - OmahDrones


Lalu berapa harga yang dibandrol untuk sebuah JXD 528. Berdasarkan informasi dari beberapa olshop internasional, JXD 528 dibandrol sebesar  60USD saja, kalau dirupiahkan dengan kurs ketika artikel ini dibuat, jadi sekitar hanya 800 ribuan. JXD 528 jadi termasuk drone dibawah satu juta yang sudah dilengkapi dengan GPS juga, tak disangka drone dibawah satu juta juga sudah memiliki banyak fitur menarik yang masih jarang dimiliki oleh drone sekelasnya.