Spesifikasi Hubsan HT006 - Jam Tangan GPS untuk Drone Hubsan


Hubsan memiliki banyak sekali drone ber GPS yang sudah terkenal pula dengan keakuratan GPS nya, selain akurat juga GPS yang ada di drone Hubsan bukanlah GPS biasa, itu dibuktikan ketika terbang drone – drone dari hubsan tidak melakukan manuver Tolet Bowl yang tidak bisa dikontrol, Toilet Bowl sendiri adalah manuver drone yang tiba – tiba terbang memutar karena penyesuaian koordinat GPS yang memiliki akurasi buruk. Itulah salah satu yang membedakan drone Hubsan dengan drone lainnya, baik yang kecil hingga yang besar. Hubsan juga salah satu perusahaan yang memulai memasang GPS pada mini drone, meski beberapa mini drone GPS Hubsan masih menggunakan motor brushed, namuin justru itu yang membuat harga drone Hubsan jadi lebih terjangkau dibandingkan Drone GPS lainnya.




Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones

Dan tentu inovasi dan cetusan Hubsan tidak hanya sampai disitu saja, Karena ada banyak drone Hubsan yang sudah ber GPS, maka Hubsan mengeluarkan produk keren berupa SmartWatch ala Hubsan. Apa fungsinya? Dengan jam tangan yang justru tidak menunjukkan jam ini. jam ini adalah pengganti remote control. Sehingga anda bisa terbang hanya dengan jam tangan ini saja. Otomatis ketika anda tidak butuh terbang dengan remote, anda bisa terbang hanya dengan Jam tangan ini saja, tentunya lebih keren layaknya sedang menerbangkan drone Selfie namun lebih tinggi kelasnya karena sudah dilengkapi dengan GPS, mungkin bisa anda bandingkan sensasinya seperti terbang dengan Zerotech Dobby atau DJI Spark.



Jam tangan ini, sebenarnya adalah modul GPS, yang membuat posisi anda bisa terdeteksi oleh GPS serta dengan data posisi GPS pada drone, maka drone bisa mengikuti arah pergi anda dengan data dari masing – masing modul. Tapi perlu diketahui juga kalau drone yang bisa digunakan untuk fitur Follow me dan circle me menggunakan jam tangan ini haruslah drone hubsan yang juga sudah memiliki fitur bawaan follow me dan juga circle me. Lalu untuk yang tidak memiliki fitur bawaan tersebut bagaimana? Masih bisa terbang, bahkan anda juga masih bisa menggunakan tombol foto atau video melalui jam tangan ini.


Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones

Tak Cuma itu, bagi anda yang terbang dengan drone Hubsan non fitur follow me dan circle me seperti Hubsan H502E misalnya, anda juga masih bisa return to home ke home point yakni adalah tempat pertama anda locking GPS, alias tempat pertama anda take – off. Jadi khusus untuk drone Hubsan non follow me dan circle me feature, modul GPS nya otomatis tidak berguna, dan hanya unit transmitter dengan perintah dasar saja yang berguna. Seperti naik turun depan belakang, namun GPS pada drone akan tetap berfungsi sehingga seperti kata admin barusan, fitur return to home masih berfungsi.



Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones

Lalu cara menghubungkan ke drone nya bagaimana? Sebenarnya untuk instruksinya sudah ada semua di manual book, caranya mudah juga, seperti menghubungkan remote ke drone pada umumnya, hanya metodenya saja yang sedikit berbeda, pertama anda masuk binding mode dengan menekan tombol power dan foto secara bersamaan hingga LED binding menyala, lalu nyalakan drone, setelah itu ketika sudah bind LED pada jam tangan akan menyala solid, dan lihat LED pada drone, biasanya drone minta kalibrasi kompas dulu, maka dari itu segeralah kalibrasi hingga sukses. Setelah itu ritual terakhir adalah menunggu GPS yang terkunci. Apabila jumlah GPS yang terkunci sudah cukup, maka anda siap untuk terbang.



Untuk take off dan return to home sebenarnya sudah jadi satu tombolnya, anda hanya perlu menekan tombol tersebut untuk take off, maka drone akan langsung take off, untuk kontrolnya, disini anda juga mendapatkan tombol control namun kalau dibandingkan dengan remote control stick tetap enak menggunakan yang stick tentu saja. Tapi kalau hanya untuk selfie – selfie saja sih dengan jam tangan ini sudah cukup. Anda akan mendapatkan informasi drone dari LED yang ada di jam tangan, jadi anda harus menghafal beberapa sinyal LED yang memiliki arti sendiri – sendiri di tiap bagiannya.



Spesifikasi ringkas dari jam tangan Hubsan HT006 ini bisa anda simak dibawah ini:

Brand: Hubsan
Item No.: HT006
Item Name: GPS Watch
Size: 59.22*45.87*22.83mm
Control Distance: 50 meters
Battery: 3.7V 200mAh Li-Po
Charging Time: around 40mins
Battery Lasts 120mins
Control Direction: Turn Left, Turn Right, Forward, Backward
Indicator: Video Recording Status LED
           Aircraft Power Status LED
           Aircraft GPS Status LED
           Charging Status LED
           Watch Status LED
           Watch Power Status LED
Control Mode: Orbit Mode
              Herding Adjustment Dial
              Follow Me Mode



Jam tangan Hubsan HT006 ini dibekali dengan baterai Li-Po yang bisa anda recharge menggunakan kabel USB. Charging interface yang mudah karena dia menggunakan interface Micro USB, sehingga anda bisa langsung charge menggunakan charger smartphone atau gadged lainnya asalkan arusnya jangan melebihi 1 Ampere karena baterai dari jam Hubsan HT006 ini hanya memiliki kapasitas sebesar 200mAh saja, dengan tegangan kecil 3.7 Volt. Namun walau hanya memiliki kapasitas yang kecil, Hubsan berani berkata kalau jam Hubsan HT006 ini bisa bertahan hingga 2 jam. Kalau Hubsan HT006 ini bisa di charge dengan powerbank, mungkin akan lebih worth lagi karena ketika habis, bisa langsung di recharge.

Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones


Untuk jarak jangkauannya, modul remote GPS yang hanya berukuran 5 x 4 cm ini di klaim bisa mencapai 50 meter, seperti jarak jangkauan mini drone seperti Cheerson CX10 series. Namun karena jam Hubsan HT006 dikhususkan untuk drone Hubsan GPS, tentu anda tidak perlu khawatir karena ketika lost connection drone akan terbang return to home, selama baterainya cukup tentu saja. Selain itu berikut adalah drone yang support untuk dikendalikan via Hubsan HT006:

Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones



Dalam satu paket, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Hubsan HT006 GPS Watch
1 x USB Cable
1 x Manual Book



Kesimpulan admin mengenai aksesori yang satu ini mungkin jam Hubsan HT006 cocok untuk anda yang suka selfie, terutama di tempat area terbuka seperti padang rumput, taman bunga atau lainnya, anda bisa gunakan Drone Hubsan GPS yang sudah memiliki fitur bawaan follow me atau circle me, sehingga anda bisa mendapatkan footage yang bagus hanya dengan menggunakan jam tangan ini sebagai penentu lokasi anda di GPS sehingga drone dapat mengikuti anda atau melingkari anda sekaligus mengambil video footage.

Spesifikasi Hubsan HT006 - OmahDrones


Untuk sebuah mini transmitter ber GPS, harga yang ditawarkan juga termasuk masuk akal, dilihat dari kegunaan serta teknologi yang ada didalamnya juga, jam tangan Hubsan HT006 ini di beberapa onlineshop internasional dibandrol sebesar 40USD saja, kalau dirupiahkan pada kurs dollar ketika artikel ini ditulis jadi sekitar 500 ribuan. Harga yang sebenarnya juga tidak terlalu mahal kalau untuk sebuah mini transmitter ber GPS dan bisa digunakan oleh banyak versi Hubsan GPS.