Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - Si Katak Penari

Pada pembahasan omahdrones beberapa waktu lalu, admin pernah mengulas salah satu drone dari cheerson, yakni Cheerson CX-OF. Drone super kecil yang bukan hanya sudah dilengkapi dengan kamera, namun juga dilengkapi dengan optical flow sensor, sehingga dia bisa mempertahankan posisinya dengan melihat citra permukaan dibawah ia terbang. Cheerson memang salah satu produsen drone yang menghadirkan banyak sekali varian drone mulai yang benar – benar toy grade hingga intermediate grade pun ada. Cheerson juga terkenal dengan mini drone nya yang kebanyakan sudah dilengkapi dengan kamera, dan kembali ke Cheerson CX-OF tadi, kalau anda sudah membaca ulasan tentang CX-OF, ternyata sekarang Cheerson juga mengeluarkan drone baru yang mengadopsi fitur optical flow sensor dari CX-OF, seperti apa tepatnya?



Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones


Drone ini memiliki nama Cheerson CX-40 Frog. Mengapa frog? Bisa dilihat pada bentuk dan struktur frame atau bodynya. Drone Cheerson CX-40 Frog di desain mirip seperti katak. Dengan 4 kaki yang menjadi lengan drone sehingga mini drone ini juga termasuk di keluarga Quadcopter. Selain itu dia juga termasuk dalam foldable drone karena ke empat kaki katak ini juga bisa dilipat untuk memudahkan ketika membawanya kemanapun anda pergi. Propleller yang digunakan pun juga sudah self-adjusting sehingga ketika berputar propeller akan langsung bekerja seperti seharusnya. Di bagian motornya, Cheerson CX-40 Frog terlihat masih menggunakan motor yyang ukurannya sama dengan CX-10 Series, sehingga apabila ingin mencari motor pengganti bisa anda gunakan motor untuk CX-10 series juga.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones

Meski ukurannya cukup kecil, Cheerson CX-40 Frog juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur seperti
- Altitude hold
Kemampuan drone dimana ia bisa mempertahankan ketinggian terbangnya
- Optical Flow sensor
Kemampuan drone dimana ia bisa mempertahankan posisi dimana ia terbang
- Selfie Mode
Seperti headless mode, namun bedanya ketika diaktifkan, drone akan langsung menghadap ke anda, lalu arah depan anda seketika itu menjadi arah depan drone juga.
- Dancing mode
Seperti CX-OF, Cheerson CX-40 Frog juga dilengkapi dengan dancing mode sehingga anda bisa bermain dengan Cheerson CX-40 Frog. Fitur ini hanya bisa anda akses menggunakan aplikasi FPV Cheerson CX-40 Frog.
- Fitur lain
Beberapa fitur yang melengkapi Cheerson CX-40 Frog seperti auto take-off dan landing, bisa juga mengganti speed drone dari low, mid hingga high. Flipping, dan juga kamera tentunya


Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones


Untuk spesifikasi ringkas dari Cheerson CX-40 Frog, bisa anda simak dibawah ini:
Brand name: Cheerson
Item name: Cheerson CX-40  RC Drone Quadcopter
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Product battery: 3.7V 500mAh Lipo Battery(Included)
Transmitter battery: 3.7V 100mAh Lipo Battery(Included)
Product battery charging time: 80mins
Transmitter battery charging time: 30mins
Flying time: 6-7mins
R/C distance: 25m
WIFI control: 20m
Flying height: 25m
Fstest speed: 5m/s
Blade: 80mm
Color: Yellow, blue, purple
Camera: 0.3MP
Video/picture resolution: 640*360
Video format: MP4
Picture format: PNG
Working temperature: 0-40?
Product size:  180*200*30mm (Before Folding)
                          60*160*30mm (After folding)    
Take-off weight: 67g              
Package Size: 8.5*18.5*5.5cm



Cheerson CX-40 Frog memiliki desain yang unik dan Nampak padat, baterainya pun di desain khusus untuk bisa menyatu dengan baik. Baterai bawaan dari Cheerson untuk si katak ini memiliki kapasitas sebesar 500mAh dengan tegangan 3.7 volt. Karena baterainya memiliki bentuk pabrikan, maka untuk membeli baterai cadangannya mungkin anda harus order dari cheerson juga untuk mendapatkan baterai serupa. Dengan baterai bawaan ini anda bisa menerbangkan Cheerson CX-40 Frog hingga maksimal 7 menit. Dan untuk melakukan recharge, anda bisa gunakan kabel USB bawaan dari cheerson, dan lebih baik memang di charge menggunakan adaptor USB seperti untuk charge smartphone namun dengan arus dibawah 1 Ampere.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones

Di bagian unit pengendali, atau remote atau transmitter juga. Cheerson CX-40 Frog mendapatkan transmitter yang bentuknya sekilas mirip dengan beberapa model transmitter, seperti pada CX-OF juga tentunya, selain itu transmitter ini juga mirip dengan transmitter Syma X20. Dengan transmitter mungil ini, setidaknya anda bisa menerbangkan Cheerson CX-40 Frog hingga radius 25 meter. Sebenarnya ada dua versi yang dijual untuk Cheerson CX-40 Frog, yakni versi RTF dan BNF, bedanya hanya kalau di RTF anda mendapatkan transmitter , kalau BNF tidak, meski tidak menggunakan transmitter fisik, anda juga bisa langsung menerbangkan Cheerson CX-40 menggunakan smartphone anda dengan App yang bisa anda download di playstore atau appstore.



Dengan smartphone, selain anda bisa terbang dengan virtual joystick, anda bisa terbang dengan G sensor, atau bisa juga dengan path flight, dimana anda tentukan sendiri jalur drone untuk arah drone terbang. Selain itu ada juga dancing mode, dimana drone bisa menari dengan koreografi yang bisa anda buat sendiri.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones

Cheerson CX-40 Frog juga dilengkapi kamera, meski kamera bawaan si katak ini masih memiliki lensa 0.3 MP. Namun kualitas gambarnya sudah jauh lebih bagus daripada versi kamera cheerson sebelumnya. Bahkan kamera ini juga bisa langsung mengambil video resolusi HD 720p langsung ke smartphone anda. Sayangnya di remote tidak terdapat tombol untuk mengambil gambar atau video, sehingga untuk bisa mengambil video, anda harus terhubung melalui aplikasi FPV bawaan sekalian anda melakukan Wifi-FPV. Jadi si katak ini total memiliki dua buah kamera, yang satu  untuk optical flow sensor yang menghadap kebawah, satunya lagi kamera untuk anda selfie yang berada di bagian depan drone.



Apabila anda membeli Cheerson CX-40 Frog, umumnya anda akan mendapatkan:
Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones

RTF Version:
1 x Cheerson CX-40 RC Quadcopter
1 x 3.7V 450MAH Battery
1 x USB Charger
2 x Propeller
1 x Tramsmitter
1 x TX USB cable
1 x User Manual
1 x blade wrench


Spesifikasi Drone Cheerson CX-40 Frog - OmahDrones

BNF Version:
1 x Cheerson CX-40 RC Quadcopter
1 x 3.7V 450MAH Battery
1 x USB Charger
2 x Propeller
1 x User Manual
1 x blade wrench



Kesimpulan admin untuk drone ini, meski sudah memiliki kamera yang lebih bagus dari versi sebelumya, akan lebih bagus lagi apabilla si katak ini diberi microSD slot sehingga hasil gambar bisa langsung tersimpan dalam microSD sehingga LAG yang ditimbulkan ketika Wifi-FPV tidak akan terjadi pada video yang terekam. Namun terlepas dari itu semua, Cheerson CX-40 Frog sangat cocok untuk siapa saja, karena bentuknya yang lucu dan keren, serta cara menerbangkannya juga sudah cukup mudah, sehingga drone ini juga cocok untuk pemula.




Dan yang terakhir, untuk harganya Cheerson CX-40 Frog dibandrol dengan harga rata – rata sebesar 55USD atau apabila di rupiahkan setara dengan 785 ribu, sebagai mini drone, si katak ini juga termasuk dalam drone dibawah satu juta. Dan apabila anda beli dari luar negeri langsung, lebih baik anda sekalian membeli baterai cadangannya karena mungkin di Indonesia susah mencari baterai cadangan dan propeller cadangannya kalau tidak ada yang berani import.