Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW


Semakin hari semakin banyak saja produsen drone yang menjual produk mereka untuk dinikmati oleh seluruh pecinta RC di seluruh dunia. Tak hanya perusahaan yang sudah besar dan terkenal saja, ternyata banyak juga perusahaan yang mungkin masih agak asing di telinga namun ternyata memiliki produk drone yang spesifikasinya bisa di adu dengan produsen terkemuka yang bisa dibilang menang merk. Memang untuk perbandingan harganya juga variatif, ada yang lebih murah namun bahkan ada juga yang malah lebih mahal padahal dari segi spesifikasi juga tidak terlalu jauh. Tentu apabila harga yang ditawarkan oleh produsen lain ini lebih murah daripada merk yang lebih terkenal, bukan tidak mungkin si pendatang baru tersebut malah menjadi laris dipasaran.



Bicara tentang pendatang baru, karena pada saat artikel ini ditulis XiangYu memang belum begitu popular apabila dibandingkan dengan jajaran Syma dan kawan – kawan. Yang membuat menarik adalah produsen ini juga memiliki drone yang unik serta tentunya beda dari yang lain di sisi desain dan bentuknya. Untuk para penghoby dan pengoleksi drone, yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini adalah XIANGYU XY017HW. Namanya memang susah diucapkan, sehingga mungkin nanti kalau anda membeli drone ini anda harus memberinya nama panggilan sendiri untuk memudahkan penyebutannya, hahaha. Drone ini termasuk dalam keluarga Quad-copter, bagi yang suka dengan Foldable drone, XIANGYU XY017HW juga termasuk foldable drone, tiap lengan drone ini bisa anda lipat untuk memudahkan ketika membawa ke berbagai tempat.


Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones

XIANGYU XY017HW ini untuk segi fitur juga bisa diadu dengan kebanyakan drone popular di kelas toys seperti:
- Altitude hold
Drone ini sudah bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang, jadi otomatis akan jauh lebih stabil ketika hovering.
- Foldable arm
Seperti yang sudah admin katakan tadi, drone ini memiliki lengan yang bisa dilipat, sehingga untuk membawanya kemanapun anda pergi tidak akan serepot membawa Quadcopter dengan X frame.
- Flip n Roll
Fungsi flip yang bisa anda gunakan ketika terbang, selain terbang santai anda juga terbang sambil beratraksi selagi drone masih menjadi perhatian banyak orang awam yang terpesona.
- Wifi-FPV
Drone ini juga sudah support untuk Wifi-FPV, anda sudah bisa melihat apa yang dilihat oleh kamera drone dari smartphone anda langsung.
- Fitur Lainnya
Fitur lainnya disini adalah fitur yang sudah umum ada di drone khususnya drone yang sudah altitude hold, seperti auto take-off dan landing, serta headless mode dan one key return juga bisa anda dapatkan di XIANGYU XY017HW.



Spesifikasi ringkas dari drone XIANGYU XY017HW ini bisa anda simak dibawah:
escription:
Brand name: XIANGYU
Item name: XY017HW WIFI FPV RC Quadcopter
Frequency: 2.4G   
Channel: 4ch
Gyro: 6 axis
Motor:3.7V*8620 (f8mm*L20mm)
Product battery: 3.7V 900mAh (Included)
Charging time: About 2h
Flying time: About 12mins
R/C distance: 80m           
Color:White, Black
Camera: 2MP 720P wide angle
Quad's size: 36*35*7.3cm
Package size: 25*19*10.5cm


Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones

Sebagai drone kelas toys, XIANGYU XY017HW juga masih menggunakan baterai bertegangan 3.7 Volt. Dengan kapasitas baterai bawaan sebesar 900 mAh dan dengan baterai pabrikan untuk membuat tampilan drone semakin professional. Meski XIANGYU XY017HW menggunakan baterai yang didesain khusus, anda juga bisa menggunakan baterai universal dengan soket JST merah, seperti baterai untuk drone Syma X5HW misalnya, yang memiliki tegangan 3.7 Volt namun sudah menggunakan konektor JST. Meski pada tabel spesifikasi dari XIANGYU, drone ini tercatat mampu terbang selama 10 – 12 menit, namun rata – rata drone ini dapat diterbangkan selama 8 menit maksimalnya, karena medan, kondisi serta cara terbang tiap orang juga turut mempengaruhi lama terbang. Untuk chargingnya sih masih sama. Anda bisa menggunakan kabel charger bawaan yang admin sarankan langsung hubungkan ke adaptor USB seperti untuk charge smartphone supaya pengisian baterainya bisa maksimal.


Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones

Di bagian controller atau remote controlnya, XIANGYU XY017HW justru admin rasa dia meniru konsep remote dari drone Parrot SWING. Entah siapa yang memiliki desain ori remote ini, karena di China sendiri juga tidak ada hak cipta sehingga semua perusahaan bisa bebas meniru desain dan konsep serta hingga ke rancangan komponen drone. Nah, remote ini menurut XiangYu bisa anda gunakan untuk mengendalikan drone hingga radius 80 meter. Remote ini pun juga bisa anda pasang smartphone untuk menjadi monitor FPV.
Selain menggunakan controller, anda juga bisa menerbangkan XIANGYU XY017HW langsung menggunakan smartphone anda. Dengan aplikasi yang bisa anda download secara gratis di playstore atau appstore, anda bisa mendapatkan aplikasi multifungsi. Sehingga ketika anda lupa membawa remote, anda bisa tetap menerbangkan XIANGYU XY017HW langsung melalui smartphone anda.


Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones

Untuk kameranya, XIANGYU XY017HW sudah memiliki kamera yang terbilang cukup jernih, dia bisa mengambil video dengan resolusi 720p dan memiliki sensor 2MP . Di bagian bawah drone tersedia MicroSD slot yang bisa anda pasang MicroSD untuk media penyimpanan video dan foto yang anda ambil, sehingga nanti anda akan mendapatkan video tanpa lag, apabila dibandingkan dengan video yang terekam langsung ke smartphone. Sehingga apabila ingin share video terbang akan lebih percaya diri karena hasil video lancar tanpa lag.

Kamera pada XIANGYU XY017HW juga bisa anda ubah anglenya mau ke atas atau merunduk kebawah, dan ada beberapa sumber mengatakan kalau ada beberapa versi XIANGYU XY017HW yang masih memiliki kamer 0.3 MP, jadi untuk memastikan, sebelum membeli jangan lupa bertanya kepada penjual perihal sensor yang dimiliki oleh drone ini.



Tiap pembelian drone XIANGYU XY017HW, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan 
seperti:
Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones

1 x XIANGYU XY017HW RC Quadcopter
1 x 3.7V 900MAH Battery
1 x USB Cable
4 x Propeller
1 x User Manual
1 x Transmitter



Untuk yang suka mengoleksi drone atau bagi pecinta drone portable, XIANGYU XY017HW mungkin bisa jadi pilihan anda, tentu dalam ruang lingkup drone kelas toys, dengan seluruh keterbatasannya juga. meskipun untuk sebuah drone toy class XIANGYU XY017HW sudah termasuk kelas atas, selain desain yang elegan dengan fitur folding arm nya juga yang dapat membuat anda lebih mudah untuk membawa atau menyimpannya dalam ruang yang tidak terlalu besar.

Spesifikasi Drone XIANGYU XY017HW - OmahDrones


Dan yang mengejutkan lagi, harga yang dibandrol untuk drone ini terbilang standar, yakni sebesar 50 USD atau setara dengan 700 Ribuan saja. Itu berarti XIANGYU XY017HW siap menjadi saingan drone sekelasnya dengan spesifikasi yang sama juga. apakah XIANGYU XY017HW bisa mendobrak dan menjadi saingan para produsen yang sudah ada didepannya? Yang jelas semua kembali ke peforma dan kualitas drone itu sendiri.