Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire

Di keluarga X4 sendiri Hubsan memiliki banyak versi yang sudah diluncurkan secara bertahap. Untuk seri X4 sendiri juga sudah bisa dibilang membawa perubahan untuk kelas mini drone, karena setau admin hubsan juga yang pertamakali memperlengkap mini drone dengan GPS untuk menambah fitur pada drone buatan mereka sehingga dengan adanya GPS tentu drone akan lebih nyaman ketika terbang tanpa hati yang was – was kalau nanti drone terhempas angin sehingga fly away dan akhirnya hilang entah terbang dan jatuh kemana. Dengan adanya GPS tentu akan sangat meminimalisir terjadinya drone fly away seperti kasus tadi, dengan settingan auto return to home ketika drone kehilangan sinyal dengan transmitter serta ketika baterai drone sudah benar – benar menipis.



Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones

Seperti beberapa waktu lalu admin pernah membahas tentang Drone Hubsan H502S yang memiliki kemampuan serupa. Nah, sekarang kita akan membahas drone yang juga masih keluarga Hubsan X4 yakni Hubsan H216A X4 Desire. Untuk panggilan kali ini mungkin cukup kita panggil Hubsan H216A saja untuk mempersingkat. Secara fisik dan bodynya, Hubsan H216A juga masih memiliki body yang sama, hanya warnanya saja mungkin yang berbeda, ukurannya yang kecil, membuatnya terlihat sangat simple untuk dibawa, serta mungkin ada yang belum menyangka bahwa Hubsan H216A sudah dilengkapi pula dengan GPS. Dia juga masih menggunakan motor brushed, itu berarti anda harus terus mengecek bagian gearbox sebelum dan sesudah terbang. Pastikan gearbox bisa berputar dengan bebas tanpa terasa ada yang mengganjal.


Drone ini juga menawarkan beberapa fitur seperti yang telah disebutkan dalam iklan seperti
- 1080p HD Camera
Sekarang Hubsan H216A sudah bisa merekam video dengan resolusi 1080p, itu berarti ada peningkatan resolusi dari versi sebelumnya yang masih merekam dalam resolusi 720p
- Altitude Hold
Seperti mini drone generasi lanjutan, Hubsan H216A juga sudah memiliki kemampuan altitude hold, yakni kemampuan dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya, disamping itu, Hubsan H216A juga sudah memiliki GPS sehingga kalau tidak altitude hold kan lucu.
- Follow me
Drone bisa mengikuti anda, yap benar karena Hubsan H216A memiliki fungsi Follow me yang unik, karena dia menggunakan GPS pada smartphone anda juga untuk menentukan kemana drone harus mengikuti anda.
Drone ini juga memiliki beberapa fitur pelengkap lain yang bisa anda temukan pada kendali FPV dalam App dari Hubsan.


Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones

Untuk yang ingin tau spesifikasinya, bisa anda simak dibawah ini:

Brand Name: Hubsan
Item NO.: H216A
Item Name: Hubsan H216A RC Quadcopter
Frequency: 2.4G

Quadcopter:
Quadcopter Size: 180*180*60mm
Weight(including the battery):162g
Battery: 7.6V 750mAh Lipo.
Max current: 6A
Rotor size:135mm (5.3 inches )
Wheelbase:225mm
Motor: Coreless motor

Battery:
Voltage: 7.6V
Capacity: 750mAh Lipo.
Flight time: around 12minutes
Charging time: around 130 minutes

Camera:
FOV: 85°
Resolution:1920*1080P 30FPS
Photo JPEG
Video MP4

Transmitter:
With Bluetooth transmitter
Wifi Max Flight radius: 50 meters
Battery: 4 x AAA battery (not included)
FPV:Real Time Photo/Video Transmission

APP Functions:
WIFI Real Time Video Transmission
Waypoint flight (settable waypoint and altitude) 
One key takeoff
Follow me mode
Orbiting mode
Headless mode
video/photo



Hubsan H216A dibekali dengan baterai yang sayangnya tidak termasuk baterai universal menurut admin. Sebab baterai bawaan untuk Hubsan H216A ini memiliki tegangan 7.6 Volt dan berkapasitas sebesar 750 mAh. karena umumnya baterai universal yang mudah dijumpai memiliki tegangan 7.4 Volt maka untuk mencari baterai cadangan yang spesifikasinya sama dengan bawaan hubsan ini terbilang sulit. Itu berarti anda bisa – bisa harus order ke Hubsan langsung untuk bisa mendapatkan baterai yang sama seperti bawaannya. Dengan baterai ini, anda bisa terbang maksimal selama 12 menit, walau banyak pilot rata – rata hanya bisa terbang 7 menit, namun mengingat drone ini masih menggunakan motor brushed yang cepat panas, maka flight time yang tidak terlalu lama justru bisa membuat motor drone jadi lebih awet dan tidak cepat rusak akibat terlalu sering digunakan serta kepanasan atau overheat.


Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones

Di unit transmitter, memang anda juga akan mendapatkan transmitter bawaan dari hubsan untuk Hubsan H216A. namun, transmitter ini bukanlah transmitter untuk drone. Transmitter ini lebih tepatnya adalah controller untuk smartphone anda. Karena Hubsan H216A juga didesain sebagai Wifi drone, sehingga dia lebih difokuskan untuk terbang langsung dengan smartphone anda. Jarak jangkauan terbangnya pun juga dipengaruhi oleh seberapa bagus Wifi smartphone anda, semakin kuat sinyal wifi smartphone, tentu drone dapat terbang lebih jauh dalam kendali smartphone. Namun banyak orang merasa tidak puas terbang dengan smartphone langsung dengan banyak alasan seperti control yang tidak sensitive dan tidak presisi.


Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones

Maka dari itu Hubsan memberikan solusi, dengan memberi controller yang nanti dapat anda hubungkan ke smartphone anda melalui koneksi blueteooth, lalu baru anda hubungkan smartphone anda ke drone untuk bisa terbang. Seketika itu pula anda bisa terbang dengan joystick Hubsan H216A serta langsung mendapatkan preview Wifi-FPV secara realtime. Desain remote dengan protocol seperti ini mungkin baru ada di hubsan saja ketika artikel ini ditulis, dengan kata lain Hubsan berhasil menciptakan inovasi baru dalam perkembangan remote control drone, dengan memanfaatkan Bluetooth yang pasti sudah ada dalam setiap smartphone.


Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones

Tiap pembelian drone Hubsan H216A, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
1x H216A RC Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
1x Charger
1x Manual



Dengan adanya Wifi-Drone dari hubsan yang satu ini, mungkin bisa menjadi saingan dari beberapa drone wifi yang sudah ada, belum lagi kelebihan drone Hubsan H216A ini yang selain menggunakan wifi langsung untuk menerbangkannya, dia juga sudah dilengkapi dengan GPS sehingga resiko drone hilang akan semakin kecil. Belum lagi remote controlnya yang berfungsi sebagai pelengkap, supaya ketika kita bisa mendapatkan control lebih presisi, maka kita hanya perlu menghubungkan controller ke smartphone kita melalui koneksi Bluetooth. Lebih lagi dengan peningkatan kamera yang kini sudah bisa merekam dalam resolusi 1080p. Hubsan memang tidak mengeluarkan drone baru dengan fitur yang setengah – setengah.

Spesifikasi Drone Hubsan H216A X4 Desire - OmahDrones



Apabila anda tertarik membeli drone ini, di pasaran internasional, dia dibandrol dengan harga 98 USD atau setara dengan 1.4 juta rupiah. Untuk ukuran mini drone, mungkin memang terbilang mahal. Tapi dengan inovasi baru serta fitur yang ditawarkan, seperti sudah dilengkapi dengan GPS juga, admin rasa harga dari hubsan ini juga terbilang mahal, walaupun apabila anda menambah uangnya sedikit lagi anda sudah bisa mendapatkan drone GPS yang sudah brushless, seperti Bayangtoys X12 misalnya.