Spesifikasi Drone JJRC H55

Masih bicara drone dari JJRC. Dalam dunia drone kelas toys, keberadaan GPS mungkin memang kurang tepat mengingat fungsi drone hanya sebagai mainan. Sehingga para produsen juga tidak memberikan GPS pada drone kelas toys karena nanti selain tidak efektif juga justru akan menambah mahal harga drone tersebut sehingga memiliki potensi kurang laku. Namun, disisi pengguna, justru mereka juga banyak yang mencari drone kelas toys yang sudah dilengkapi dengan GPS. Kebanyakan orang memiliki alasan supaya drone tidak fly away atau terbang sendiri ketika kehilangan transmisi sinyal dari transmitter. dengan adanya GPS, mereka menjadi lebih tenang ketika terbang, karena kalau ada masalah ketika terbang seperti kehilangan sinyal, drone akan langsung pulang ke tempat pertama ia take-off.



Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones

Namun, celah permintaan ini pun juga didengar khususnya oleh JJRC. Dengan mengeluarkan drone toy grade namun sudah memiliki GPS, JJRC bisa menjadi lirikan bagi orang – orang yang sedang mencari drone kelas toys yang sudah dilengkapi dengan GPS. Meski sebenarnya sudah ada saingannya juga, yakni dari hubsan, seperti Hubsan H502S dimana secara spesifikasi dia masih termasuk dalam toy grade, namun dia sudah dilengkapi pula dengan GPS. Drone dari JJRC ini memiliki nama JJRC H55. Drone ini memiliki bentuk yang terbilang kecil dan sekilas bentuknya juga mirip dengan DJI Spark. Meski tentu spesifikasinya beda jauh. JJRC H55 masih menggunakan motor brushed, sama seperti hubsan tadi, namun JJRC H55 memiliki fitur tambahan yang membuatnya beda dari rivalnya.


Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones

Kalau dilihat dari fiturnya, JJRC H55 memiliki banyak fitur seperti yang bisa anda simak dibawah ini.
  • WIFI FPV come with 720P camera.
  • With altitude hold function can set height.
  • GPS positioning &return to home,  can achieve a fixed point of one key return, power protection and automatically return.
  • Two control ways are available, RC remote control and APP control.
  • With Low voltage alarm, if the APP screen appears low voltage prompt, the drone would automatically return,
  • One key to return function makes it easily to find the way home. Failsafe Return to home.
  • With 2.4G Transmiter / Easy Adjust Frequency
  • 6 axis gyro fly system makes more stable and flexible flight.
  • It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.


Sebagai drone kelas toys pun seperti yang bisa anda simpulkan dari deretan fitur diatas, JJRC H55 sudah memiliki banyak fitur seperti sudah altitude hold, bisa rolling juga, serta anda juga bisa memilih speed atau kecepatan drone dari remote.


Spesifikasi ringkas dari drone JJRC H55 bisa anda simak berikut ini:
Brand name:JJRC
Item number: H55
Item name: TRACKER
Frequency : 2.4G
Channel : 4CH
Gyro:6 Axis
Battery: 7.4V 610mAh Lipo battery (included)
Transmitter power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Charging time: 120mins
Control distance: 150m
Flying time: 9mins
WIFI camera: 720P
WIFI Distance: 150m. 100m height
Color: Blue camouflage, yellow camouflage
Product size (L x W x H): 30 x 23.5 x 5 cm
Package size (L x W x H): 40 x 8.5 x 21 cm
Take off weight: 165g
Package weight: 797g



Sebagai sumber tenaganya, JJRC H55 memiliki baterai bawaan berkapasitas 610 mAh dengan tegangan 3.7 Volt. Dengan baterai ini, anda bisa terbang selama maksimal 9 menit. Baterai ini juga sebenarnya bisa anda ganti dengan baterai universal asalkan spesifikasinya sama. Namun untuk JJRC biasanya mereka juga sudah menjual baterai buatan mereka secara global, jadi untuk mencari baterai original JJRC H55 mungkin tidak terlalu sulit. Untuk chargernya juga masih sama seperti kebanyakan drone kelas toys, yakni menggunakan USB Charger, sehingga untuk bisa mengisi ulang baterai dengan efisien, anda bisa gunakan USB Adaptor seperti untuk recharge smartphone anda. Perlu diperhatikan juga, sebisa mungkin jangan pakai adaptor USB dengan arus 1 ampere. Karena diatas 1 ampere nanti kasihan baterainya karena terlalu cepat arusnya.


Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones

Di bagian transmitter, JJRC H55 memiliki transmitter bawaan yang juga masih toy grade style. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan JJRC H55 hingga radius 150 meter. Dengan remote ini pula anda bisa mengaktifkan berbagai fitur bawaan dari JJRC H55 seperti auto take-off dan landing, mengubah kecepatan drone, return to home, hingga tombol untu mengambil gambar dan video. Sebagai drone yang sudah memiliki GPS, sayangnya remote JJRC H55 belum dilengkapi dengan LCD yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi seputar status drone secara realtime. Namun, untungnya di bagian atas remote bisa anda pasang phone holder untuk menaruh smartphone anda.



Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones

Smartphone anda nantinya bisa anda gunakan sebagai monitor FPV. JJRC H55 memiliki kamera yang sudah dilengkapi dengan wifi, sehingga anda bisa gunakan untuk Wifi-FPV. Karena remote JJRC H55 tidak memiliki LCD bawaan, maka informasi seputar drone seperti jarak dan ketinggian serta kapasitas baterai akan tertera pada layar smartphone anda sekalian FPV. Kamera yang terpasang onboard ini memang tidak bisa anda ubah anglenya, namun kemampuan mengambil gambarnya, dia sudah bisa mengambil video dengan resolusi 720p. untuk mengambil video atau foto, ada dua metode yakni bisa langsung dari remote, dan bisa juga lewat aplikasi FPV nya.



Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones

Umumnya, ketika membeli drone JJRC H55, anda akan mendapatkan:
1 x JJRC H55 TRACKER Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 610mAh Lipo Battery
4 x Propeller
1 x Charger
1 x Phone Holder
1 x Screwdriver
1 x Manual



Kesimpulan dari admin, JJRC H55 mungkin memang ditujukan bagi anda yang mencari drone dengan GPS yang harganya sedikit lebih murah dari kebanyakan drone GPS yang juga masih Toy Grade. Dengan bentuk yang kecil dan motor brushed, membuat JJRC H55 mudah dibawa kemana – mana juga, dan karena sudah memiliki GPS, anda bisa lebih tenang ketika menerbangkan JJRC H55 tanpa takut fly away karena bisa langsung anda tekan tombol Return to Home maka drone akan langsung pulang sendiri ke tempat pertama ia terbang, walau akurasinya belum se akurat drone GPS yang GPS nya lebih bagus tentunya.

Spesifikasi Drone JJRC H55 - OmahDrones



Sedangkan soal harga, JJRC H55 dibandrol paling murah 90 USD. Setara dengan Rp. 1.2 jutaan,- untuk ukuran drone yang kecil namun sudah ber GPS, harga sebesar itu harusnya sangat layak mengingat drone ini juga memiliki banyak fitur bawaan.