Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF

Cheerson, salah satu produsen drone yang bisa dibilang sudah diakui oleh banyak pilot di seluruh dunia, membuat satu trobosan drone dengan kemampuan yang unik dan berbeda dari drone – drone sekelasnya. Setelah dulu sudah sukses dengan drone CX-10C hingga CX-10WD dengan predikat drone terkecil dengan kamera yang lumayan jernih untuk kelasnya, sekarang Cheerson kembali lagi dengan satu drone yang siap mengguncang, seperti pada judul, drone ini memiliki nama lengkap Cheerson CX-OF. Bagaimana kemampuan dari drone ini dari sudut spesifikasi akan kita coba ulas pada kesempatan kali ini, jadi pastikan baca sampai akhir ya.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF - OmahDrones

Drone ini memiliki ukuran yang sama dengan CX-10 series. Yap, hanya sekitar 6 x 6 cm saja, sehingga dia juga menggunakan motor brushed dengan ukuran 612 juga. Desain dasarnya pun juga masih sama dengan mempertahankan bentuknya yang super kecil dan Nampak tebal karena semua komponen seperti FCB, kamera, baterai dan juga ditambah satu komponen unik lagi ditumpuk jadi satu pada space yang tidak terlalu luas. Mungkin anda penasaran dengan satu komponen unik yang dimaksud, nah untuk menjawab pertanyaan itu, nanti admin akan membahasnya lebih rinci dibawah ya. Untuk aksesori kedepannya mungkin anda juga bisa memasang propeller protector untuk CX-10 series pada drone ini, serta untuk mencari propeller cadangan pun juga tidak susah karena anda bisa pakai propeller untuk CX-10 Series.


Berikut adalah fitur yang ditawarkan oleh Cheerson CX-OF
* It is equipped with optical flow that it can collect images by collector and calculate the shifting by optical flow method.  The effective sensing height is 3-5m.
* It is equipped with dance mode which is the revolutionary APP feature. Pre-set the number of commands and it will follow the instruction together with music effects.
* It is equipped with barometer sensor to achieve height hold so that the pictures taken are better.
* The transmitter is new design and ultra-thin and it is equipped with internal battery.
* It is equipped with Wifi real-time transmission.
* Use the phone APP to control the aircraft. It has two control modes that one is control it by manual and the other is by gravity sensing.
* Trajectory mode: open the trajectory mode when controlled by mobile phone and it can automatically fly as the route drawn on the mobile phone
* One touch take-off, one touch landing and one touch switching of Mode 1/2
* Slefie mode: it is equipped with 0.3MP camera that it can rotate automatically to take selfie.
* It is designed with 4CH function and LED lights.
* It is equipped with 360° 3D flips & rolls.
* It can sense about the locations changes and 6-axis gyro makes the flying more stable.
* Ascend/descend, forward/backward, turn left/right, left/right rotation, etc.


Kalau secara keseluruhan, membaca daftar fitur diatas anda sudah bisa mengetahui kemampuan serta kelebihan yang dimiliki oleh CX-OF. Namun tetap rasanya tidak lengkap kalau kita tidak membahasnya secara lebih rinci. Nah ,sedangkan untuk spesifikasinya anda bisa melihat dibawah ini
CX-OF Size: 68*68*33mm
Weight (with battery): 24g
Take-off Weight               24g
Flying Mode: 4channel, height hold, hover
Flying Speed: 5m/s
Blades Diameter: 32mm
Wifi Control Distance: about 20m
Battery: 3.7V 150mah
Charging Time: about 45min
Flying Time: about 5min
Flying Distance: 30m
Optical Flow Sensing Distance: 3-5m
Working Temperature: 0-40?
LED light: Yes
Color: White&Red / White&Blue
camera: Video Resolution: 0.3MP
Video Resolution: 640*480
Frame: 30fpt/s
Video Format: MP4
Picture Format: JPG
Picture Resolution: 640*480
SD card: NO
Transmitter Transmitter Battery: 3.7V 120mah
Transmitter Charging Time: about 30min
RC Distance: about 25m


Cheerson CX-OF memiliki baterai bawaan dengan kapasitas sebesar 150mAh, tentu dengan tegangan 3.7 Volt. Baterai ini apabila diperlukan juga bisa anda ganti sebenarnya, hanya saja anda harus membuka drone ini untuk bisa melepas dan mengganti baterainya menggunakan solder. Ya walau di sisi baterainya juga susah dapatnya karena kebanyakan hanya menyediakan baterai dengan kapasitas 100mah dan 120mah saja. Namun untuk pemakaian normal dan cara perawatan yang baik dan benar, baterai ini tidak akan cepat drop. Untuk lama terbangnya, Cheerson CX-OF bisa anda terbangkan hingga dalam waktu maksimal 5 menit, walau kenyataannya rata – rata kita hanya bisa terbang sekitar 3 menit saja. Untuk chargingnya anda bisa menggunakan USB port pada laptop atau komputer, namun seperti biasa, admin omahdrones lebih menyarankan untuk recharge menggunakan adaptor USB seperti untuk charge smartphone.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF - OmahDrones

Cheerson CX-OF juga memiliki transmitter tersendiri, walau dalam penjualannya anda bisa membeli versi BNF ataupun RTF. Khusus yang RTF lah anda bisa mendapatkan unit transmitter ini. Transmitter ini juga berbeda dengan transmitter yang sebelumnya. Desainnya lebih tipis dan tidak menggunakan baterai habis pakai buang lagi. Sehingga kita bisa mengurangi limbah baterai juga karena kita sudah pakai baterai rechargeable. Joystick pada remote ini bukan berbentuk stick, namun slide sehingga sensasinya pun sedikit berbeda, namun apabila dibandingkan menerbangkan dengan smartphone, akan lebih presisi kalau anda menerbangkannya dengan transmitter ini. Di transmitter pun sudah dilengkapi dengan tombol fungsi yang lengkap seperti auto take-off dan landing, speed switch, dan juga flip button.
Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan drone Cheerson CX-OF hingga dalam radius sejauh 30 meter. Dan yang keren lagi adalah anda bisa menarik body transmitter bagian atas untuk menjadi smartphone holder, sehingga nanti anda bisa meletakkan smartphone anda pada remote mungil ini.


Untuk kameranya, memang ia masih dibekali dengan kamera dengan resolusi 0.3MP yang hasil rekamannya bisa menghasilkan video dengan resolusi 480p. kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Wifi FPV Transmitter, sehingga anda bisa FPV menggunakan smartphone anda sebagai monitornya. Walau tetap saja anda tidak bisa berharap banyak dengan kualitas Wifi FPV dari drone ini seperti produk sebelumnya.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF - OmahDrones

Tapi bukan disitu daya tariknya, tapi disini. Cheerson menambahkan satu komponen unik lagi pada drone barunya yang ini. Alat ini diberi nama Optical Flow Sensor. Alat ini berbentuk seperti kamera yang menghadap ke bawah. Berfungsi sebagai locking position, sehingga diharapkan drone bisa bertahan pada posisinya. Alat ini juga bisa menggantikan GPS dalam kasus tertentu. Cheerson berkata kalau Optical Flow Sensor ini akan bekerja efektif pada jarak 3 – 5 meter. Ini adalah drone terkecil pertama yang sudah dilengkapi dengan alat OFS dan setelah dibuktikan, kemampuannya layak diacungi jempol walau belum bisa berfungsi dengan baik di beberapa tempat.


Dan ternyata tak Cuma disitu saja. Cheerson CX-OF juga memiliki fitur keren yaitu menari atau “Dancing”. Dalam aplikasi yang bisa anda download pada smartphone anda. Anda nanti bisa membuat serangkaian gerakan berdasarkan waktu pada aplikasi, lalu anda bisa menjalankan rangkaian tersebut ketika drone sudah terbang, maka drone bisa seakan menari sesuai gerakan yang sudah anda rangkai sebelumnya.


Untuk kelengkapannya, seperti kata admin tadi, Cheerson CX-OF memiliki 2 versi yaitu RTF dan BNF dengan detail:

Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF - OmahDrones

BNF Version:
1 x CX-OF RC Quadcopter
1 x USB Charging line
1 x Blades Wrench
4 x Blades   
1 x Manual

RTF Version:
1 x CX-OF RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Transmitter Charging Cable
1 x USB Charging line
1 x Blades Wrench
4 x Blades   
1 x Manual


Kesimpulan dari admin, adalah drone ini layak dicoba apabila anda memang suka dengan teknologi drone terbaru, serta untuk Cheerson CX-OF ini anda jangan terpaku dengan kameranya, karena anda tidak akan diberi banyak, namun cobalah untuk menikmati kemampuannya seperti kemampuan menari yang bisa anda tentukan sendiri gerakannya, dia akan menjadi drone terkeren dan penghibur yang baik karena bentuknya yang lucu serta gerakannya yang membuat senyuman muncul.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-OF - OmahDrones


Untuk harganya sendiri, Cheerson CX-OF dibandrol dengan harga rata – rata sebesar  40USD, tu setara dengan Rp. 550ribuan namun dengan harga yang masih membuat drone ini termasuk dalam kategori drone dibawah satu juta ini bisa membuat anda tidak akan rugi karena dia sudah dilengkapi dengan banyak fitur dan kemampuan yang menarik dan belum ada di drone - drone lainnya.