Spesifikasi Drone Parrot Swing - Si Dual Mode Drone

Kalau berbicara tentang perusahaan ini, bisa admin katakan kalau perusahaan ini memang tidak terlalu ambisius dalam memproduksi drone untuk dijual. Tidak seperti merk – merk terkenal dalam kelas toys misalkan Syma, JJRC dan seluruh jajarannya, yang hampir tiap bulan pasti memiliki drone seri terbaru untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Meski begitu, Parrot buktinya tetap eksis dan memiliki peminatnya sendiri di seluruh dunia, meski banyak orang yang hanya melihat drone buatan parrot dari segi kemampuan vs harganya yang menimbulkan anggapan mengapa beli drone mahal dengan fitur minim, lebih baik beli drone murah yang sudah banyak fiturnya kan ada banyak pilihannya. Mungkin salah satu dari pembaca juga berfikir seperti itu disini, namun seperti yang barusan admin bilang, bagi para penggemar Parrot drone, parrot memiliki tempat tersendiri disana.



Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones

Kali ini, admin akan membahas salah satu drone buatan parrot yang memiliki kemampuan unik sebenarnya, karena mungkin hingga artikel ini ditulis juga belum ada drone yang memiliki kemampuan seperti ini. namanya adalah Parrot SWING. Dilihat dari bentuknya saja pasti anda sudah heran, ini drone bentuknya memang seperti Quadcopter, namun dia memiliki bagian yang terlihat seperti dari sejenis foam, yang justru malah mirip sayap pesawat terbang. Kalau dia adalah Quadcopter, bukankah dengan adanya foam tersebut justru malah membuat terbangnya jari tidak gesit akibat bidang yang justru menahan angin sehingga jadi tidak aerodinamis?



Bagi yang belum tau aja nih, Parrot SWING ini adalah drone yang memiliki 2 mode terbang. Yang pertama adalah quadcopter mode. Anda bisa menerbangkan Parrot SWING seperti quadcopter pada umumnya, dan yang menarik adalah dia juga memiliki Plane mode. Yap mode pesawat. Pesawat sebenarnya, jadi dia nanti terbangnya secara horizontal dan tidak bisa mengambang seperti di quadcopter mode. Untuk menunjang semua mode dengan sempurna, parot tidak hanya cukup memberikan sensor gyro saja, namun parrot memberi Parrot SWING dengan berbagai sensor seperti memiliki accelerometer, pressure sensor, dan juga kamera yang ternyata juga sebagai sensor, kamera ini pun tidak semata – mata jadi sensor saja, namun ada kamera yang juga bisa digunakan untuk mengambil gambar ternyata, namun dengan angle yang tidak biasa, bagian kamera akan admin jelaskan dibawah nanti.



Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones

Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa lihat dibawah ini:
PARROT SWING
STABILIZATION SENSORS :
Inertial Measurement Unit to evaluate speed, tilt and obstacle contact (3-axis accelerometer and 3-axis gyroscope)
Vertical stabilization: Ultrasound sensor (measures below 13 ft / 4 m altitude in quad mode) & Pressure sensor
Horizontal stabilization: Camera sensor
ENERGY :
550 mAh LiPo Battery
7 min battery life in quad mode
8.30 min battery life in plane mode
30 min charging time with a 2.1 A charger
AERONAUTICAL DESIGN :
Stabilization and flight control software
Optimized weight/speed ratio
Polypropylene structure, EPO wings
SPEED MEASUREMENT (IN QUAD MODE) & CAMERA :
60 FPS vertical camera
Camera: 300,000 pixels
Max altitude: 80 ft / 25 m
BLUETOOTH RANGE :
Bluetooth V4.0 BLE connection
65 ft / 20 m with smartphone
200 ft / 60 m with Parrot Flypad
WEIGHT, DIMENSIONS & OS COMPATIBILITY :
Weight: 2.57 oz / 73 g without bumpers or accessories
Dimensions:
L 13 x W 5 x D 5 inches
L 325 x W 126 x D 121 mm
OS compatibility: iOS 7 and up / Android 4.4 and up
SDK: OS Linux. SDK available on Parrot.com
PARROT FLYPAD
ENERGY :
200 mAh LiPo Battery
6 hour battery life
2 hour charging time
CONNECTION :
200 ft / 60 m range
Stable signal
Automatic and direct connection to your drone
BLUETOOTH CONTROL :
Bluetooth V4.0 BLE connection
WEIGHT :
10.40 oz / 295 g
SMARTPHONE OPTIONAL :
Max size: L 6 x W 3 x D 0.4 inches / L 160 x W 78 x D 9.8 mm



Parrot SWING kalau admin lihat sebenarnya dia masih termasuk mini drone, karena ukuran badan aslinya juga kecil, seperti Parrot blabla, hanya foam sayapnya saja yang membuatnya terlihat besar. Untuk sumber tenaganya, Parrot SWING memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 550 mAh dan memiliki tegangan 3.7 Volt. Baterainya tentu sudah baterai dengan desain khusus dari parrot dan hanya bisa untuk Parrot SWING. Perlu diketahui juga, untuk proses recharge baterai Parrot SWING ini beda dari drone lainnya, karena kita chargingnya langsung melalui port Micro USB yang ada di badan drone. Sehingga anda tidak perlu charging dock dan alat lainnya untuk recharge baterai. Cukup hubungkan drone ke USB pada laptop atau ke adaptor USB 5V seperti untuk charge smartphone anda dengan kabel Micro USB yang juga disertakan ketika pembelian, anda bisa langsung charging baterai Parrot SWING.


Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones

Untuk bisa menerbangkan  Parrot SWING, sebenarnya anda cukup menggunakan smartphone anda saja pun sudah bisa, namun tiap pembelian 1 paket Parrot SWING anda juga akan mendapatkan transmitter bawaan dari parrot yang mereka menyebutnya FlyPad, bentuknya juga mirip gamepad pada umumnya, bedanya dia memiliki phone holder yang bisa anda lepas pasang. Transmitter ini pun juga sudah menggunakan baterai Li-Po sehingga ketika baterai sudah habis, anda hanya perlu merecharge transmitternya saja. Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan Parrot SWING hingga radius 60 meter. Bentuknya yang agak besar walau aslinya dia juga minidrone, membuat anda disarankan untuk menerbangkannya di area yang terbuka dan cukup luas sehingga anda bisa menerbangkan Parrot SWING dengan enjoy.


Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones

Untuk urusan kamera, Parrot SWING sebenarnya tidak memiliki front camera sepreti drone – drone kelas toys lainnya, karena Parrot juga sepertinya tidak mengejar fungsi kameranya. Namun di bagian belakang drone Parrot SWING terdapat kamera. Dan anda pun  bisa mengambil gambar dari kamera belakang drone ini. untuk resolusi yang didpatkan ketika mengambil foto adalah 300 x 300 pixel. Cukup kecil memang, karena kamera ini memang tidak untuk mengambil gambar untuk anda sebenarnya. Ini adalah salah satu sensor Parrot SWING yang ketika dia menjadi quadcopter kamera ini juga menjadi sensor agar drone tidak mudah terbang sendiri terbawa angin kecil. Dia akan berusaha mempertahankan posisinya dengan melihat citra dari kamera yang menghadap kebawah ini.



Ketika pembelian Parrot SWING, umumnya anda akan mendapatkan:
Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones

1 x Minidrone Swing
1 x USB cable
4 x Additional propellers
1 x Parrot Flypad
1 x Smarphone mount
1 x Quickstart guide



Untuk kesimpulan Parrot SWING, menurut admin adalah drone ini memang bukan untuk anda yang mencari drone kelas toys dengan harga yang wajar dan fitur yang banyak. Parrot memiliki misi sendiri dalam menciptakan sebuah drone, salah satunya Parrot SWING ini, dengan menggabungkan pesawat dan copter, jadilah satu drone yang unik dan menarik. Tentunya di seluruh dunia Parrot juga memiliki penggemarnya tersendiri dan merasa puas dengan produk – produk premium dari parrot.


Spesifikasi Drone Parrot Swing - OmahDrones



Untuk harganya, Parrot SWING dibandrol dengan harga yang menurut admin cukup fantastis, yakni sebesar 230 USD atau setara dengan 3.1 juta rupiah. Memang mahal untuk sebuah mini drone yang hanya memiliki beberapa fitur, namun kalau anda sudah melihat kelebihan apa saja yang akan anda dapatkan dari Parrot SWING, anda mungkin bisa berkata kalau harga segitu adalah wajar untuk sebuah Parrot SWING.