Spesifikasi Drone Syma X56W

Kepopuleran DJI Mavic pada saat minggu – minggu pertama ia dirilis secara global memang membuat banyak sekali penggemar drone mulai dari di Indonesia hingga di selluruh dunia. Dampak yang ditimbulkan salahsatunya adalah para produsen drone kelas toys berburu – buru untuk menjadi yang pertama mengadopsi bentuk drone yang sebelumnya belum popular yakni Foldable Arm alias lengan yang bisa dilipat. Kalau berbicara tentang foldable drone utamanya ketika artikel ini ditulis, sudah sangat banyak foldable drone dipasaran, saking banyak pilihannya mungkin anda bisa bingung mau memilih yang mana, meski tiap drone memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri juga, sehingga tiap seri dari berbagai merk drone bisa sama – sama meramaikan pasar drone di seluruh dunia.

Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

Sama seperti sebuah drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. kita akan membahas salah satu drone dari Syma. Untuk merk sudah tidak usah ditanya lagi popularitasnya. Drone yang akan kita bahas kali ini memiliki nama panjang Syma X56W. drone foldable yang portable ini masih termasuk dalam jenis Quad-copter, dengan empat buah lengan dan motor untuk bisa terbang. Dan meski dia hanya memiliki nama Syma X56W, bukan X56HW, drone ini sudah memiliki fitur altitude hold yang merupakan fitur dambaan yang juga paling digemari serta dicari oleh banyak orang untuk sebuah drone kelas toys. Sebagai drone kelas toys, Syma X56W juga masih menggunakan motor brushed yang dilengkapi dengan gearbox, sehingga anda harus memperhatikan serta membersihkan gearbox sebelum dan sesudah terbang supaya ketika terbang, motor bisa bekerja dengan optimal.


Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

Untuk fitur yang ditawarkan, selain sudah altitude hold, Syma X56W juga memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan merk dan seri yang sejenis seperti:
-  One key take-off/Landing
Anda bisa dengan mudah melakukan take-off atau landing hanya dengan satu tombol saja
-  Headless mode
Kemampuan dimana arah depan anda selalu menjadi arah depan drone
-  One key return
Drone mampu terbang ke arah sebaliknya sehingga apabila anda tadi maju, lalu one key return, maka drone akan langsung mundur, secara tidak langsung dia akan kembali ke arah anda.
-  Speed Switch
Ada dua pilihan kecepatan di Syma X56W yakni low dan high
-  Flip
Fungsi flip juga masih di sertakan pada drone ini, sehingga anda masih bisa beratraksi ketika anda terbang diudara.

Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

Spesifikasi ringkas dari drone Syma X56W, bisa anda simak dibawah ini:
Brand: SYMA
Item Name: Folding Wizard
Item N0.: X56W
Material: ABS
Quacopter Size: 34 X 34 X 5CM(Before folding)
                17 X 15 X 5CM(After folding)
Weight: 163g
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Camera: WIFI 0.3MP
Quacopter Battery: 3.7V 850mAh
Flying Time: About 7mins
Charging Time: About 110Mins
Battery For Controller: 4 X 1.5V AA (Not Include)
Controlling Distance: About 80m
WIFI FPV Distance: About 25m
Support Phone Type: IOS or Android



Sebagai drone foldable yang memiki desain cukup tipis, Syma X56W ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya terhitung besar untuk ukurannya. Apabila Syma X5HW saja hanya dibekali dengan baterai 600mah, di Syma X56W ini anda akan mendapatkan baterai berkapasitas 850mAh yang bertegangan 3.7Volt. konektor yang digunakan juga sudah menggunakan konektor JST merah seperti X5HW.  Dengan baterai ini, syma mengeklaim bahwa Syma X56W dapat terbang hingga 7 menit. Dan apabila baterai sudah habis, seperti biasa anda juga mendapatkan kabel USB Charger untuk mengisi ulang baterai drone, dan ingat, ketika sesudah terbang dan baterai sudah habis, jangan langsung di charge, tunggu sekitar 15 menit hingga suhu baterainya normal, baru anda bisa charge seperti biasa, cara ini mampu membuat baterai anda menjadi lebih awet dan lebih terawat.


Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

Di bagian controllernya, ada dua versi disini karena Syma X56W diproduksi pada saat yang mepet sebelum peluncuran syma generasi ke-2, sehingga kini dipasaran terdapat dua buah controller untuk Syma X56W dalam paketnya. Ada yang versi lama, berwarna hitam, seperti generasi X5C, namun apabila anda mendapatkan versi baru, Syma sudah menyertakan remote model terbaru yang desainnya lebih elegan menurut admin. Untuk spesifikasi remotenya sih kurang lebih sama saja, dengan remote ini anda bisa menerbangkan Syma X56W hingga 80 meter dalam kondisi tidak ada interfensi sinyal. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada LCD monochrome nya, karena kalau anda mendapatkan remote versi baru justru di sana tidak ada LCD nya, walau di segi desain, remotenya lebih curve dan elegan serta simple.


Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

Syma X56W juga sudah dilengkapi dengan kamera, kamera ini sebenarnya juga bisa anda lepas pasang. Kamera yang akan anda dapatkan sesuai nama drone ini, adalah kamera Wifi yang bisa anda gunakan untuk Wifi-FPV dengan Aplikasi syma yang dapat anda download di playstore atau appstore. Dengan kamera ini fitur basic seperti mengambil foto dan video tentu bisa anda lakukan dan hasilnya akan langsung tersimpan ke smartphone anda. Smartphone anda disini selain dapat menjadi monitor FPV, juga bisa menjadi remote control via app. Sehingga ketika anda lupa membawa remote, anda bisa langsung terbang dengan smartphone anda. Untuk sensasi serta sensitifitasnya juga tentu berbeda antara mengendalikan dengan remote fisik dibanding remote virtual.



Untuk tiap pembelian drone Syma X56W, umumnya anda akan mendapatkan item:
Spesifikasi Drone Syma X56W - OmahDrones

1 X SYMA X56W RC Quadcopter (With 0.3MP Camera)
1 X Transmitter
1 X 3.7V 850mAh Li-po Battery
1 X USB Cable
1 X Propeller Set(2 X CW 2 X CCW)
4 X Protective cover
1 X Phone Holder
1 X Screwdriver
1 X English Manual



Syma X56W memang drone yang secara fisik memang menarik, hanya mungkin kemampuan FPV nya yang masih standard dan karena masih menggunakan lensa kamera 0.3MP maka gambar yang dihasilkan juga tidak terlalu memuaskan. Namanya juga Toy Class, setidaknya dengan Syma X56W anda bisa terbang serta mengambil video dengan Wifi-FPV. Terlebih bagi anda yang suka simple, drone ini cocok untuk anda karena dia memiliki foldable arm sehingga memudahkan anda ketika membawanya kemanapun anda pergi.



Yang terakhir tentu informasi tentang harga, Syma X56W ini dibandrol dengan harga yang tidak jauh beda juga dengan pesaingnya, yakni 50 USD. Atau setara dengan 680Ribu rupiah. Kalau ketemu drone ini di Indonesia dan harganya kok mahal banget jangan kaget ya, karena kalau sudah ditangan seller Indonesia, harganya juga terserah sellernya. Apakah Syma X56W ini pantas menjadi drone koleksi anda berikutnya? Atau anda mau cari drone lain saja nih.