Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - Indoor Camera Vertical Drone

Bila kemarin kita sudah membahas tentang drone yang mirip Termos karena bentuknya yang beda dari kebanyakan drone, yakn drone dari GoolRC yang memiliki nama GoolRC T51, nah ternyata ada juga drone yang memiliki desain serupa. Namun tentu tak sama. Kali ini kita masih membahas drone yang memiliki desain memanjang namun dari produsen drone lain. Mungkin juga ini juga produsen yang kurang terkenal, namun OmahDrones pernah beberapa kali membahas drone buatannya, LishiToys, dulu admin pernah membahas tentang LishiToys ,. Namun untuk kesempatan kali ini kita akan membahas seri lain yakni Lishitoys L6059, bagaimana kemampuannya apabila dilihat dari spesifikasi yang dia miliki akan coba kita ulas pada kesempatan kali ini.



Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones


Serupa tapi tak sama, Lishitoys justru memberikan lebih banyak fitur daripada GoolRC T51, memang kalau dilihat sekilas, Lishitoys L6059 sama seperti GoolRC T51 mulai dari desain badannya yang memanjang vertical, lalu sayapnya yang bisa dilipat sehingga memudahkannya untuk bisa dibawa kemana – mana. Dia juga masih keluarga Quad-Copter dengan empat buah motor sebagai mesin sehingga dia dapat terbang. Bahkan untuk meminimalisir jello kamera, antara kepala dan badan drone juga terdapat rubber antijello nya juga, sehingga kalau memang “ngefek” nanti hasil kameranya akan lebih halus daripada drone tanpa antijello. Lalu soal LED yang biasanya menjadi patokan untuk orientasi, sayangnya Lishitoys L6059 juga hanya memiliki 1 LED interface yang menyala sekaligus sebagai indicator baterai alias Battery Bar.


Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones

Untungnya indicator baterai terletak di belakang drone, sehingga memudahkan anda ketika terbang malam juga, selain bisa tau orientasi drone menghadap kemana, anda juga bisa melihat kondisi baterai sehingga apabila baterai sudah terlihat tinggal 1 bar saja anda bisa langsung menurunkan drone supaya aman.


Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones

Spesifikasi dari drone Lishitoys L6059 ini bisa anda simak dibawah:
Product: Lishitoys L6059
Material: ABS and electronic components
Frequency: 2.4GHz
Gyro system: 6-axis
Channel: 4CH
Gimbal installation: nonsupport
Control distance: 45m
Transmitter battery: 3 x 1.5V AA battery ( not included )
Quadcopter battery: 3.7V 900mAh li-po battery
Charging time: 150 minutes
Flying time: 10 minutes
Control Channels: 4 Channels
Controller Mode: MODE2
Material: ABS,Electronic Components
Product weight: 0.1610 kg
Package weight: 1.0340 kg

Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones


Untuk sebuah drone kelas toys, Lishitoys L6059 mendapatkan baterai bawaan yang kapasitasnya terbilang besar, yakni 900mAh dengan tegangan 3.7Volt. baterai ini setidaknya bisa anda gunakan untuk menerbangkan Lishitoys L6059 rata – rata 8 menit. Disini untungnya lagi, Lishitoys L6059 menggunakan baterai universal, sehingga anda bisa dengan mudah mencari baterai cadangannya, yang anda perlu perhatikan hanyalah ukurannya, pastikan ukuran baterai yang akan anda beli bisa masuk ke dalam slot baterai pada Lishitoys L6059. Untuk chargingnya, tentu dalam pembelian anda sudah mendapatkan USB Cable untuk charging baterainya. Kalau ingin efisien, gunakan USB Adaptor seperti untuk charge smartphone namun dengan arus maksimal 1 Ampere saja.


Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones

Di bagian transmitter atau controller, Lishitoys L6059 memiliki controller yang lebih mirip ke Xbox controller. Desain controller seperti ini memang sudah familiar oleh kebanyakan orang, juga penempatan tombolnya sudah disertai dengan label, sehingga anda bisa dengan mudah menghafalkan tiap – tiap tombolnya. Dengan remote semacam ini umumnya jarak jangkauan terbangnya bisa 80 – 100 meter, namun Lishitoys tidak ingin mengambil resiko maka mereka menulis jangkauan drone ini hanya sampai 45 meter saja. Dengan remote ini, anda tidak hanya bisa menerbangkan drone saja, namun anda bisa mengaktifkan berbagai fitur bawaan drone seperti headless mode, one key return, menggerakkan kamera pun bisa. Keren kan?


Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones

Menyinggung soal kamera, Lishitoys L6059 sudah dibekali kamera yang kemampuannya juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi 720p. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Wifi sehingga anda bisa melakukan Wifi-FPV dengan menjadikan smartphone anda menjadi monitor FPV menggunakan aplikasi yang dapat anda download secara gratis di playstore atau Itunes .Dan yang keren lagi, disaat kebanyakan drone Wifi-FPV merekam langsung ke smartphone, sehingga hasil videonya banyak lag. Lishitoys L6059 memiliki slot untu microSD di atas kamera, sehingga video akan langsung tersimpan ke microSD. Hasil video yang anda dapatkan akan sempurna tidak ada lag seperti ketika FPV.
Bukan Cuma itu saja, kamera Lishitoys L6059 ini juga bisa diatur anglenya dari remote. Kamera ini dapat anda atur anglenya sesuai selera mau mengarah ke bawah, sedikit keatas, atau lurus kedepan pun bisa.



Lishitoys L6059 juga menawarkan fitur Obstacle Avoidance, yakni kemampuan untuk menghindari halangan. Fitur ini menggunakan 4 buah infrared sensor yang berada di tiap sisi badan drone. Ketika didekat drone ada dinding misalnya, drone akan menjauh dari dinding secara otomatis. Namun fitur ini hanya dapat berfungsi ketika anda terbang indoor dan tidak terdapat banyak cahaya, karena kalau infrarednya terkena banyak cahaya maka sinar infrared akan terganggu juga. oleh sebab itu, apabila anda terbang outdoor, sudah dipastikan fitur ini tidak akan berfungsi karena sinar infrared kalah dengan sinar matahari.


Spesifikasi Drone Lishitoys L6059 - OmahDrones

Umumnya ketika membeli Lishitoys L6059, anda akan mendapatkan item:
1 x Quadcopter,
1 x Transmitter,
1 x USB Cable,
4 x Spare Propeller,
1 x Mobile Phone Holder,
1 x Mobile Phone Clip,
1 x Cross Screwdriver,
1 x Screw,
1 x English User Manual



Kalau anda berfikir apakah drone ini cocok untuk pemula, admin rasa ini bisa saja diterbangkan oleh pemula, karena dari segi fitur, drone ini juga sudah sangat lengkap untuk kelas toys, apalagi fitur Obstcle Avoidance nya yang tidak semua drone memiliki fitur ini. sudah altitude hold sehingga bisa mempertahankan ketinggian terbangnya serta memiliki kamera 720p yang langsung tersimpan dalam microSD. Untuk anda yang suka koleksi drone pun Lishitoys L6059 sangat cocok sebagai koleksi anda juga.




Terakhir untuk urusan harga, Lishitoys L6059 dijual oleh beberapa onlineshop internasional, sebut saja ia diberi harga 60 USD. Setara juga dengan RP 850 ribuan ,- kalau drone ini memang worth untuk dimiliki, mungkin kedepannya ada importir yang mau import Lishitoys L6059 dan dijual di Indonesia. Untuk harga di Indonesia juga beda pastinya, kan tergantung yang jual.