Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W

MJX kembali menggemparkan para penggemar drone di seluruh dunia lagi, mereka baru saja merilis produk barunya dengan nama MJX Bugs 2, memang sebelumnya juga sudah banyak yang memiliki MJX Bugs 3 yang memiliki desain seperti racing drone namun diminati karena dia sudah menggunakan motor brushlessnya. Nah sekarang Bugs 2 atau yang biasa disingkat B2 ini juga tidak kalah menggemparkannya, pasalnya dia datang dengan banyak sekali fitur yang hebat, namun dikemas dengan cara yang sederhana sehingga bisa dibilang pilot yang masih pemula pun bisa menerbangkan MJX Bugs 2 ini dengan mudah. Itulah salah satu hal yang membuat MJX Bugs 2 sangat diminati dan di idam idamkan oleh banyak pilot tak terkecuali di Indonesia.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones

Masalahnya, MJX Bugs 2 yang harganya juga tidak terlalu mahal ini membuat siapapun bisa membelinya, drone dengan kemampuan yang sudah lebih tinggi lalu dengan sistem control yang dibuat lebih sederhana ditambah harga yang terbilang terjangkau untuk drone sekelasnya. Sehingga ada saja orang yang membeli lalu sekedar terbang untuk membuktikan kehebatannya tanpa menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah perihal drone dan pesawat tanpa awak. Bahkan mungkin si penerbang itu tidak tau kalau menerbangkan drone itu ada peraturannya, terutama untuk drone yang ukurannya termasuk besar dan bisa terbang tinggi karena sekarang drone yang belum termasuk kelas professional saja juga sudah memiliki power yang bisa menyamai drone professional.



Makanya, sebelum beli admin himbau untuk memahami peraturan pemerintah mengenai drone dan pesawat tanpa awak ya, baru nanti anda bisa terbang dengan baik dan benar.



Spesifikasi Ringkas dari MJX Bugs 2W ini bisa anda simak dibawah:
WIFI Wi-Fi Band: 5GHz frequency
Aircraft Length (including propellers): 410mmX410mmX80mm
Maximum Flight Altitude (meters above sea level): 500m
Maximum flight time: 17mins (At 0m above sea level)
Operating Temperature: 0-40 ?
Positioning Systems: GPS
Maximum Flight Altitude at GPS Mode: According to local area regulations
Controlling Distance: up to 1k m (Tested in an open area with no obstructions)
RTH Accuracy: Vertical/Horizontal: +/- 3 metres
General                Brand: MJXRC TECHNIC
Model: Bugs 2 WiFi
Quantity: 1 Piece
Available Color: Black & Red
Camera Image Sensor: 1/3.06 Inch; CMOS; 8MP
Video Resolution: RAW: 1080p@30fps;
Photo Format:JPEG
Video Format: MP4 ( H.264)
Maximum Extended Memory Capacity: 64G (TF card not included)
Battery Capacity: 1800mAh
Energy Rating: 13.32Wh
Nominal Voltage: 7.4V
Battery Type: LiPo 2S
Operating Temperature Range (charge): 0-45 ?
Operating Temperature Range (discharge): 0-45 ?
Charging time: 3-4hours



Mengapa pada judul postingan admin menggunakan MJX Bugs 2 seri W atau B2W? karena seri B2W adalah seri Bugs 2 yang cukup laris di Indonesia menurut pengamatan admin. Untuk variannya sebenarnya ada 2 yakni MJX Bugs 2C dan MJX Bugs 2W. versi W tentu bisa anda gunakan untuk FPV an dan yang MJX Bugs 2C hanya bisa mengambil gambar tanpa FPV. Untuk fitur yang ditawarkannya akan admin ringkas menjadi seperti dibawah ini:

- Brushless Motor
MJX Bugs 2W sudah menggunakan motor brushless, sehingga kekuatan yang dihasilkan lebih optimal dan manuvernya bisa lebih mantep.
- Kamera built in
Kamera built in nya juga tidak kalah keren, dia dilengkapi dengan kamera berlensa 8MP yang bisa anda gunakan untuk mengambil video dalam resolusi 1080p, sehingga hasil gambarnya juga maksimal, tidak seperti kebanyakan yang masih bermain di kamera nanggung.
- GPS System
Nah ini yang membuat banyak orang jadi mengidamkan MJX Bugs 2, karena dia dilengkapi dengan GPS/GLONASS. Disaat kebanyakan masih menggunakan GPS saja, MJX Bugs 2 sudah dilengkapi dengan GLONASS. Alhasil proses pencarian dan penguncian GPS jadi lebih cepat.
Dengan bantuan GPS ini akan sangat berfungsi seperti untuk fitur Return to Home, atau ketika baterai mulai menipis, juga ketika kehilangan koneksi dengan transmitter, maka drone akan secara otomatis return to home.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones


MJX Bugs 2 memiliki baterai bawaan yang sudah di desain khusus untuk MJX Bugs 2. Baterai ini memiliki kapasitas sebesar 1800mAh dengan tegangan 7.4Volt. meski MJX mengeklaim bahwa MJX Bugs 2W ini bisa terbang hingga 17menit, namun dalam beberapa pengalaman pilot rata – rata dia mampu terbang dalam waktu 13 – 15 menit saja. Ingat, ketika sudah terbang dan baterainya mau di recharge, pastikan tunggu dulu hingga baterainya dingin, baru anda bisa recharge dengan aman. Lama recharge menggunakan charger bawaan rata – rata membutuhkan waktu selama 3 - 4 jam.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones

Seperti kata admin tadi, MJX Bugs 2 ini dikemas dengan control yang lebih sederhana. Memang benar, penempatan tombol pada transmitter MJX Bugs 2 ini dibuat sangat sederhana, sehingga mudah dipahami. Bentuk remotenya juga terlihat elegan dan tentunya sederhana. Semua fungsi sudah tersusun rapi dalam satu remote, ditambah disini anda akan mendapatkan LCD untuk menampilkan informasi seputar drone seperti banyaknya satelit yang terkunci, status sinyal dan baterai serta jarak drone dan tingginya. Transmitter ini MJX bilang bisa hingga 1KM namun dengan antenna seperti ini nampaknya tidak sampai 1KM, belum lagi MJX Bugs 2W menggunakan Wifi untuk FPV mungkin hanya bisa hingga maksimal 300m dalam kondisi tanpa interferensi sinyal.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones

Sedangkan untuk kameranya, baik yang MJX Bugs 2C atau MJX Bugs 2W, keduanya sudah dilengkapi dengan kamera bawaan yang sudah tertanam menjadi satu dengan body ini, anda bisa mengabadikan momen ketika terbang baik dalam bentuk foto maupun video. Kualitas gambar yang dihasilkan juga sudah cukup bagus. Anda akan mendapatkan video berresolusi 1080 dan kualitasnya juga bagus, itu karena MJX Bugs 2 menggunakan kamera yang sensor lensanya 8MP. Baik versi C ataupun W keduanya bisa langsung record dan disimpan dalam Micro SD yang sudah dimasukkan ke slot di bagian bawah tubuh drone.

Untuk versi MJX Bugs 2W, anda bisa menikmati Wifi FPV juga, anda bisa melihat apa yang dilihat drone secara langsung melalui smartphone anda. Namun, Wifi yang digunakan MJX Bugs 2W ini adalah Wifi 5.8G, jadi pastikan smartphone anda support untuk bisa FPV menggunakan MJX Bugs 2W.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones

Tiap pembelian dari MJX Bugs 2W, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Bugs 2 Wifi Drone
1 x remote controller
1 x 2S 1800mAh Battery
1 x Charger
1 x Mobile phone holder
4 x Extra propeller
1 x Screw drive
1 x Propeller changing tool
1 x English Manual



Kesimpulan dari admin untuk drone MJX Bugs 2W ini mungkin untuk anda yang mampu membelinya, jangan hanya beli dan langsung buktikan kehebatannya saja, tapi pahami dulu aturan mainnya karena biar hanya “mainan” tapi juga bisa bahaya kalau sampai kena pesawat terbang. Peraturan dibuat demi kenyamanan bersama kan, sebab admin masih ingat kasus ada yang menerbangkan MJX Bugs 2W ini sembarangan dan malah di upload dengan bangganya. Jangan sampai gara – gara kita tidak taat aturan, nanti drone dilarang di Indonesia.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2W B2W - OmahDrones



Untuk harganya, MJX Bugs 2W dibandrol dengan harga 163USD. Itu setara dengan Rp, 2.1 jutaan ,- kalau di Indonesia juga dijual dengan harga kisaran 2 juta saja. 2 jutaan sudah dapat drone powerfull, GPS/GLONASS dan sudah built in 1080p camera, siapa yang tidak mau?