Spesifikasi Drone Syma TG1001 - Mainan Mobil Terbang

Mainan Remote Control memang sangat asik dimainkan, baik bagi anak – anak hingga orang dewasa. Semua bisa dibilang suka dengan mainan Remote Control. Hanya saja, karena harganya yang agak menguras kantong, maka dari itu banyak orang yang mengesampingkan mainan ini. Ya karena hanya mainan saja. Sama seperti admin ketika kantongnya kering, lebih baik menunggu kalau ada rejeki lebih baru bisa memanjakan diri dengan beli Drone baru. Malah curhat. Nah, tentu drone atau mainan RC ini juga memiliki kelasnya masing – masing, seperti yang kita bahas di omahdrones, ada kelas mainan, kelas hobi, dan kelas industri. Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah drone kelas mainan yang bisa dimainkan bahkan didalam rumah juga.


Spesifikasi Drone Syma TG1001 - OmahDrones

Yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini adalah drone buatan Syma. Seperti yang kita tau kalau syma ini adalah brand besar di dunia RC. Produk RC nya tidak hanya berupa drone terbang saja, tapi ada drone darat seperti mobil RC dan juga kapal. Bahkan beberapa kali Syma mengeluarkan Drone multi medan, yang artinya dia bisa dimainkan dalam dua medan. Misalnya ya seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Adalah Syma TG1001. Kalau dilihat dari bentuknya sudah bisa anda simpulkan kalau ini adalah Mobil RC. Tapi kalau anda lihat lebih jeli, dia pada dasarnya justru Drone Quad-Copter.


Syma TG1001 ini memang drone multi medan, bukan amphibi karena dia tidak bisa tahan air. Dia bisa menjadi drone quad-copter yang terbang, serta bisa juga menjadi mobil RC dalam satu waktu. Artinya kita tidak perlu mengubah mode nya dari mode mobil ke quad-copter atau sebaliknya. Ketika menjadi quad-copter, dia juga sudah memiliki kemampuan altitude hold yang artinya dia bisa mempertahankan ketinggian ketika ia terbang. Selain itu ketika menjadi sebuah mobil, tenaga pendorongnya bukan dari rodanya yang berputar, tapi dari dua motor propeller di bagian belakang yang menghasilkan daya dorong sehingga mobil ini bisa melaju. Prinsipnya sama seperti pesawat dengan propeller di bagian belakangnya.


Spesifikasi Drone Syma TG1001 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Syma TG1001


Brand: SYMA
Item No: TG1001
Material: ABS, Plastic and Electronic Components
Color: Red 
Frequency: 2.4G
R/C Distance: About 80-100m
Battery: 3.7V 500mAh (included)
Flight Time: about 5 minutes
Driving time: about 15 minutes
Flight altitude: about 5m
Charging Time: About 1 hour
Transmitter Battery:  2*AAA battery(not included)
Quadcopter Size: 21*14*5cm
Weight: 250g

Features:
- Two driving modes of land and air
- High speed - 4M / s, Stable flight - 1M / s
- Unique rotatable tail vane design
- High efficiency coreless motor
- Easy to play with one hand
- Horizontal correction function
- Cool Drift Stunt



untuk baterainya, Syma TG1001 ini menggunakan baterai internal, meski begitu kalau anda bisa membukanya, baterai ini sebenarnya baterai universal, jadi misal kalau baterainya mulai rusak, seperti drop atau kembung, anda bisa membuka body drone ini, lalu mengganti baterainya dengan spesifikasi baterai yang sama. Untuk tegangan baterainya dia masih menggunakan baterai 1S bertegangan 3.7Volt, yang kapasitasnya sebesar 500mAh. Dengan baterai ini, kalau merujuk pada tabel spesifikasi, anda bisa memainkan drone ini hingga selama 5 menit. Meski tetap saja lama baterai habis juga bisa dipengaruhi dengan bagaimana cara anda memainkan drone ini. Dan tentunya, kalau dibandingkan antara bermain dalam mode mobil dan mode quad-copter juga ada sedikit perbedaan mungkin, karena ketika dalam mode mobil, yang berputar hanya motor bagian belakang saja.


Spesifikasi Drone Syma TG1001 - OmahDrones

Untuk remotenya, Syma TG1001 ini memiliki remote yang bentuknya sangat simple. Drone ini hanya dikendalikan dengan satu tangan saja. Semua kendali hanya seukuran remote AC atau lebih kecil. Dengan remote kecil ini, anda sudah bisa mengendalikan drone baik mode mobil atau mode quad-copter. Bentuknya memang di desain enak digenggam, serta hanya ada beberapa tombol penting saja disitu, tidak ada label atau icon pada tombol, jadi setidaknya anda harus menghafal tiap fungsi tombol yang ada di remote ini sebelum memainkannya. Untuk jarak jangkauannya, dengan remote seperti ini tentu tidak akan mendapatkan jarak jangkauan yang jauh. Terlebih drone ini drone mainan yang tidak dilengkapi dengan sistem navigasi. Paling aman anda bermain drone ini dalam radius 10 – 20 meter saja. Lebih disarankan malah bermain diluar ruangan, karena baik ketika di mode mobil atau quad-copter. Drone ini sudah dilengkapi dengan propeller protector berbentuk body mobil. Jadi lebih aman ketika anda secara tidak sengaja menabrakkan drone ini ke dinding atau benda lainnya.



Drone ini tidak memiliki aksesori seperti kamera atau semacamnya. Jadi fungsinya benar – benar untuk bersenang – senang semata. Dan daya tarik lainnya adalah ketika anda tidak perlu mengganti mode atau melakukan suatu langkah untuk mengubah drone ini dari mode mobil ke mode quad-copter atau sebaliknya. Ketika anda menghidupkan drone serta remote, lalu binding. Sesudah bound, drone otomatis dalam mode mobil, anda bisa langsung gunakan joystick untuk bermain drone ini sebagai mobil. 


Sedangkan untuk mode quad-copter, anda hanya tinggal perlu tekan tombol throttle, maka otomatis propeller di bagian depan juga akan berputar dan mengangkat drone, bersamaan dengan itu, akan ada semacam pemberat yang terhubung pada motor belakang yang akan otomatis membuat propeller jadi menghadap keatas, dan wala,, sekarang dia terbang seperti quad-copter pada umumnya.


Spesifikasi Drone Syma TG1001 - OmahDrones

Dalam pembelian Syma TG1001, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x TG1001 Drone
1 x User Manual
1 x Charging Cable 
1 x Remote Controller 





menurut admin, drone ini termasuk unik. Bagi yang ingin memberi kado unik, atau hadiah anti mainstream. Mungkin Syma TG1001 bisa menjadi jawabannya. Karena drone ini memang unik, dan selama di omah drones, admin baru melihat Syma TG1001 saja yang seperti ini desainnya.

Spesifikasi Drone Syma TG1001 - OmahDrones


Untuk harganya, terakhir admin lihat di syma store, alias toko online resminya Syma, drone ini dibandrol sebesar 30USD. Itu setara dengan 424 Ribuan kalau menurut kurs pada saat admin menulis artikel ini. Terlebih apabila anda memang suka dengan drone ini, tentu anda juga langsung sikat saja kalau ada yang jual di indonesia.