Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - GPS Wifi FPV

Dengan harga yang semakin ekonomis, berbagai brand muncul dan menawarkan drone keluaran terbaru mereka dan membuatnya semenarik mungkin untuk bisa laku. Masalah utama yang sering terjadi pada drone kelas mainan, adalah ketika kita menerbangkan drone di luar ruangan, dan entah karena apa drone bisa fly away. Bisa karena terseret angin, bisa karena kita buta akan orientasi, atau beberapa error yang masih bisa terjadi pada drone kelas mainan. Maka dari itu, sekarang ini banyak sekali produsen drone yang mulai menyisipkan GPS menjadi salah satu komponen yang harus ada pada drone. Lagipula dengan menambahkan GPS, bukan hanya drone bisa mempertahankan posisinya, tapi juga bisa ada tambahan fitur yang biasanya bisa diakses lewat apliaksi.


Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah SJRC S20 Pro. Kalau anda sudah pernah membaca ulasan omahdrones tentang SJRC S20W, nah ini adalah versi terbarunya, bisa dibilang ini versi upgrade an yang memiliki fitur lebih baik. Kalau dilihat dari bentuknya memang masih mirip seperti S20W, mulai dari motor yang digunakan juga masih berupa motor brushed. Dan frame yang masih fixed arm seperti quad-copter tradisional berbentuk huruf X. dan selalu ingat, karena dia masih menggunakan motor brushed, sebisa mungkin jangan terbang terlalu lama dalam satu waktu, karena motor brushed rawan overheat kalau digunakan terlalu lama. Kalau sudah overheat, paling parah motor bisa mati sehingga otomatis baling – baling tidak bisa berputar.



Untuk fiturnya, drone ini juga sudah dilengkapi dengan GPS, selain sudah punya kemampuan dasar Altitude Hold, berkat adanya GPS ini, dia jadi lebih anteng ketika hovering karena dia sudah bisa mengenali dimana dia seharusnya berada. Selain itu tentu anda juga bisa dapat fitur yang berbasis dari GPS, seperti return to home yang akan terpicu secara otomatis ketika baterai drone mulai menipis, atau ketika drone kehilangan koneksi dengan remote, selain itu tentu anda bisa aktifkan return to home melalui tombol pada remote atau pada layar aplikasi. Nah, untuk fitur selengkapnya, anda bisa menyimaknya pada daftar dibawah ini:
- Has the funtion of GPS vehicle will real-time control, signal protection, intelligent operation to a new peak
- 75°Remote 120°Wide angle lens, feel more real experience of VR
- GPS Altitude Hold Mode
Compared to the general high, it can make the unmanned aerial vehicle(uav) to stay in the sky higher and more stable.
- Connect the phone APP
Slide on the screen with your fingers, you can set S30W flight path, When disoriented, you can adopt the headless mode, Summon drones back just one key, hold all hands.
- Value-added services more personalized settings 
Only one key, without control, can let unmanned aerial vehicle(uav) closely follow according to your mobile, when power is less than 5%,will automatically turn back.
- 3 Speed Up Mode
Capture of High-speed Moving Object.


Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro


Brand name: S-SERIES
Item name: S20W
Channel:4CH
Gyro:6 Axis
Frequency:2.4G
Motor Type:1020
Adjustable angle camera: Adjustable camera by transmitter, 75°
Capacity of smart lithium battery: 3.7V 1000mAh
Pressure sensor: Height Setting
Control distance : 500m (Free interference and no occlusion)
Wifi image transmission distance:400m (Free interference and no occlusion)
Flight time: About 8 min
Charging time: About 60 min
USB Charging (5V) 
Product Size: 27x27x12cm
Product's Weight:185g
Lithium battery of transmitter:3.7V 300mAh
Camera lens:120°
Follow me:30m
Video resolution: 1280x720/1920x1080
Photo resolution: 1280x720/1920x1080
Frame rate:25 fps





meski SJRC S20 Pro adalah drone ber GPS, namun dari spesifikasinya dia hanya diberi baterai 1S saja, dengan tegangan 3.7Volt dan dengan kapasitas sebesar 1000mAh. Kalau berdasar tabel spesifikasi, dengan satu baterai ini anda bisa terbang sekitar 8 menit. Namun tetap saja lama terbang akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cara terbang anda, dan bagaimana kondisi cuaca ketika anda terbang, terutama faktor angin. Ketika baterai sudah habis, enaknya disini kita bisa charge langsung menggunakan kabel micro USB sama seperti untuk mengisi ulang baterai smartphone. Karena di baterainya sudah terdapat charger controller, jadi kita tidak harus pakai kabel USB Bawaan dari pabrik, dan untuk sumber tenaga chargingnya, sebenarnya pakai powerbank bisa, tapi untuk pastinya admin merekomendasikan pakai USB Wall Charger dengan arus 1 Ampere.


Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Untuk remote controlnya, sekarang di SJRC S20 Pro dia punya bentuk remote yang berbeda dengan SJRC S20W. Remote milik SJRC S20 Pro terlihat lebih garang karena remotenya ini memiliki desain foldable, jadi ketika mau disimpan, bentuknya balok persegi panjang. Namun ketika digunakan anda bisa buka lipatan – lipatannya sehingga menjadi remote control yang keren. Dengan remote ini, kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan SJRC S20 Pro hingga radius 500 meter. Namun tentu jadak jangkauan terbang juga dipengaruhi oleh banyaknya interferensi sinyal di tempat anda terbang. Untuk tombol fungsinya, semua terlihat rapi, dan tentunya mudah dijangkau oleh jari – jari kita, tak lupa di tiap tombol fungsi sudah terdapat icon fungsinya, sehingga kita jadi relatif lebih mudah untuk mengetahui tombol tersebut untuk fungsi apa.


Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Kamera pada SJRC S20 Pro juga terbilang cukup baik untuk kelasnya. Dan untuk sekarang kita coba kesampingkan gimmick yang berkata kalau SJRC S20 Pro sudah bisa mengambil gambar ber resolusi 4K. Pikirkan lagi, 4K berarti ukuran gambar besar, ukuran filenya juga besar, kalau video, bakal tambah besar lagi, sedangkan kualitas gambarnya tetap saja seperti video 720p nya drone mainan. Jadi admin sih sarankan untuk mengambil gambar 720p atau 1080p saja. Dan enaknya di SJRC S20 Pro, disini sudah ada microSD slot di belakang kamera, sehingga kita bisa masukkan microSD di slotnya, dan semua gambar serta video yang anda ambil akan tersimpan secara langsung. Hasilnya, anda mendapat video original tanpa lag akibat koneksi Wifi.


Di seri SJRC S20 Pro ini juga sudah menggunakan Wifi 5G alias Wifi 802.11ac, jadi kalau mau membeli SJRC S20 Pro, pastikan dulu smartphone anda sudah support di wifi 802.11ac. Karena kalau tidak, tentusaja anda tidak akan bisa mendapatkan sinyal FPV dari kamera drone.


Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Dalam tiap pembelian SJRC S20 Pro, anda akan mendapatkan kelengkapan item berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 1000mAh Lipo Battery 
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Blades
2 x Screw nut
1 x Screwdriver
1 x User Manual
1 x Remote control mobile accessories
2 x Landing Tripod






menurut admin, untuk kelas mainan, SJRC S20 Pro bisa menjadi rekomendasi yang bagus, sebab dia memiliki kemampuan yang sudah cukup bagus, serta hasil kamera yang juga bisa dibilang bagus untuk kelas mainan. Hanya saja perhatikan lama terbang, karena dia masih menggunakan motor brushed yang musuh utamanya overheat alias kepanasan.

Spesifikasi Drone SJRC S20 Pro - OmahDrones

Lalu untuk urusan harga kisaran, admin sudah cek di beberapa online marketplace kelas internasional, tentu bisa jadi harga patokan juga kan. Disana rata – rata SJRC S20 Pro ini dijual dengan harga 114USD. Itu kalau diubah ke kurs rupiah akan setara dengan kira – kira 1.6 jutaan. Kalau saja drone ini menggunakan motor brushless, sudah pasti harganya jadi diatas 2 jutaan juga.