Spesifikasi Drone KY601S

Kali ini admin mau langsung saja, ada drone yang lumayan menarik perhatian admin, karena drone ini memiliki desain yang bisa dibilang beda dari drone lainnya. Dan ketika admin mencari tau ini brand apa. Admin tidak menemukan brand yang jelas dari drone ini. Yah, yang seperti ini juga cocok untuk menjadi topik bahasan kita di Omah Drones. Sebab, omahdrones selalu berkata apa adanya, tidak ada yang ditutup – tutupi terlebih ketika admin membuat konten secara suka rela tanpa endorse atau imbalan dari salah satu atau beberapa pihak yang secara sengaja menyuruh admin untuk membuat sebuah artikel khusus untuk mereka. Nah jadi jelas kan, di omahdrones, anda bisa mengetahui apakah sebuah drone ini layak untuk dibeli, atau tidak nantinya. 


Spesifikasi Drone KY601S - OmahDrones

Kali ini, admin menemukan drone yang nama pasarannya adalah KY601S. Admin rasa drone ini hanya dijual di Indonesia saja, buktinya tanpa merk yang jelas, drone ini bisa admin temukan di marketplace lokal, seperti si ijo dan si merah. Meski drone ini nampak mirip dengan beberapa drone yang pernah admin bahas, tapi tetap saja dia terlihat beda dari yang lain. Terutama drone – drone yang desainnya dibuat mirip DJI Mavic biasanya. Nah, KY601S ini memiliki desain sendiri. Yang unik pertama kali disini adalah desain kaki dronenya, biasanya kaki drone diletakkan di samping kanan kiri drone. Nah, di KY601S ini kakinya justru didesain pada bagian depan dan belakang drone.



Drone ini masih kelas mainan, tanpa navigasi apapun serta masih menggunakan motor brushed. Jadi kalau bisa jangan terlalu menerbangkan drone ini, terlebih anda mempunyai banyak baterai. Hati – hati karena motor brushed itu musuhnya overheat. Kalau sudah overheat minimal motor tidak akan bekerja normal, seperti jadi lambat putarannya misalnya. Paling parah ya mati total sehingga anda harus menggantinya dengan motor baru. Sedangkan untuk fiturnya, KY601S ini sudah memiliki fitur dasar seperti altitude hold, one key take-off dan landing, speed switch dan juga flipping 360 derajat. Untuk fitur lebih lengkapnya, anda bisa menyimaknya dibawah ini:

Wherever you are flying, hit the one-key return button and it will return straight to you.
- Built-in 1800mAh Rechargeable high performance battery, Working time up to 20 minutes.
- Adopts 2.4GHz auto connection technology, its remote control distance is about 100 meters. 
- The quadcopter can fly both indoor and outdoor.Including 4CH digital proportional RC system.
- 3D Flips and rolls, provides a stunt aerial show with amazing agility.
- Made of the high-grade material, which is durable, wear-resisting, anti-corrosion and eco-friendly. 
- Headless Mode allows the drone to fly according to the movement of joysticks in spite of its orientation.
- Powerful air pressure altitude hold function allows the drone to hover at it's current height after releasing the throttle stick. 
- The latest 6-axis Gyro flight control system, strong stability, can easily implement various flight movements, easier to control. 
- Wifi real-time transmission FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.



Spesifikasi Drone KY601S - OmahDrones


Spesifikasi Drone KY601S Wifi FPV



Model: KY601S
Color: Black, White
Built-in Battery: 3.7V 1800mAh Li-on battery
Transmitter Power: 4 * 1.5V AA battery (not included) 
Charging Time: About 90-120mins 
Flying Time: About 20-23 mins
Control Distance: Within 100m
FPV Distance: About 100m
Flying Height: About 100m
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Motor Type: Brushed Motor 
Type: RTF RC Simulators 
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Channel: 4-Channels
Camera Pixels: 500W 1080P 
Night Flight: Yes 
Age: Above 14+ 
Functions: 3D Roll-over, Air Press Altitude Hold, Forward/backward, Turn left/right, Up/down, Gravity Sense Control, Headless Mode, One Key Automatic Return, Sideward flight, Slow down, Speed up, WiFi Connection, Battery protection, etc.
Folded Size: 15 * 11cm
Unfolded Size: 33 * 33cm


untuk sebuah drone mainan, KY601S dibekali dengan baterai yang cukup besar. Meski masih 1S yakni 3.7 Volt, namun kapasitasnya mencapai 1800mAh. Dan dengan baterai ini, kalau kita mengacu pada tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan drone ini selama 20 menit. Meski tetap lama terbang juga dipengaruhi oleh keadaan di tempat anda terbang, serta cara anda menerbangkan drone juga, selain itu, admin tetap tidak sarankan untuk terbang dalam waktu lebih dari 10 menit, karena biasanya motor brushed kecil seperti yang dipakai KY601S ini, ketia ia digunakan lebih dari 10 menit akan mulai overheat. Untuk pengisian ulang baterai seperti biasa, anda akan mendapatkan USB Carging cable, dan karena kapasitas baterainya besar, paling tidak gunakanlah Wall Charger atau kepala Charger dengan arus minimal 1 Ampere untuk bisa mengisi baterai ini lebih cepat dan optimal.


Spesifikasi Drone KY601S - OmahDrones

Untuk remotenya, disini seperti yang bisa dilihat pada gambar, bahwa KY601S memiliki remote dengan desain mirip remote DJI Mavic. Ya tentu sudah sangat banyak remote dengan desain tiruan seperti ini. Dan ingat karena KY601S masih merupakan drone mainan, disini memang ada antennanya tapi itu hanya sebuah aksesori saja. Jarak maksimal dari drone ini kalau menurut tabel spesifikasi mencapai 100 meter, namun mengingat drone ini masih belum memiliki sistem navigasi, jangan terbang terlalu jauh ketika terbang di luar ruangan. Karena angin adalah musuh anda. Ketika terhembus angin dan anda buta orientasi, maka drone akan langsung terbang terbawa angin. Di bagian atas juga depan remote terdapat banyak tombol fungsi. Untuk mempermudah pengguna, terdapat icon yang menandakan fungsi dari tiap tombolnya, tapi tetap saja anda harus menghafal apa arti tiap icon tersebut untuk memastikannya.




Drone ini termasuk bagus untuk pemula. Karena dikala pembelian, anda bisa memilih versi kamera atau versi tanpa kamera. Kalau admin sarankan sih tentu sekalian saja dengan kamera. Sehingga setidaknya anda bisa mengambil gambar dan video ketika anda terbang dengan drone ini. Meski ya jangan terlalu berharap kalau kameranya bakal bagus seperti kamera drone professional. KY601S ini hanya drone mainan dibawah satu juta jadi ya jangan berharap terlalu tinggi. Meski begitu, anda sudah bisa melakukan Wifi-FPV juga. Dan dia masih menggunakan frekuensi Wifi 2.4GHz sehingga harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi FPV dengan drone ini.


Tapi jangan kaget kalau jangkauan drone bakal menurun ketika anda terbang sekaligus FPV. Karena remote dan Wifi-FPV menggunakan frekuensi yang sama yaitu 2.4GHz, maka ketika anda gunakan keduanya secara bersamaan akan terjadi interferensi, yang mengakibatkan kekuatan sinyalnya tidak maksimal. Jadi untuk meminimalisir terjadinya lag ketika Wifi-FPV ya, tetap terbang di jarak yang dekat saja, sehingga sinyalnya bisa tetap kuat.


Spesifikasi Drone KY601S - OmahDrones

Ketika membeli drone KY601S, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 * RC Quadcopter
1 * 3.7V 1800mAh Li-on battery
1 * 2.4GHz Remote Controller 
1 * USB Battery Charging Cable
4 * Propeller Protector
1 * Screwdriver
1 * English User Manual




menurut admin, KY601S ini masih drone standar altitude hold untuk pemula saja sih. Desainnya yang foldable juga bisa memberikan kesan portable ketika penyimpanan. Jadi bisa disimpulkan kalau drone ini bisa menjadi salah satu pilihan anda, kalau anda memang mencari sekedar drone Wifi-FPV dibawah satu juta. Drone ini masih belum memiliki Slot MicroSD, jadi semua foto dan video yang anda ambil akan langsung disimpan di smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV.

Spesifikasi Drone KY601S - OmahDrones

Untuk informasi harganya, terakhir admin lihat drone ini di marketplace lokal online, seperti si ijo dan si merah. Rata – rata KY601S ini dibandrol sebesar 500 ribuan. Tentu harga ini bisa menjadi patokan, kalau KY601S ini masih tergolong drone dibawah satu jutaan.