Spesifikasi Drone HJRC HJ14W

Beberapa hari sebelum admin menulis artikel ini, ada sebuah drone yang dijual cukup murah di toko lokal. Drone ini masih merupakan drone basic sebenarnya. Yang masih punya kendali manual juga. Drone ini bisa dibilang cocok untuk yang masih pemula yang ingin langsung belajar dasar – dasar menerbangkan drone sekaligus mencoba Wifi-FPV karena drone yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan kamera FPV. Drone apa itu, dan bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya, mari kita coba ulas pada kesempatan kali ini.

Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones

Drone ini adalah hasil dari produksinya HJRC. Namanya adalah HJRC HJ14W. Drone ini memiliki bentuk dasar seperti quad-copter tradisional, dengan menggunakan badan model huruf X serta dibuat lebih curving sehingga terlihat lebih mewah. Drone ini masih menggunakan motor brushed tentu saja, seperti drone mainan pada umumnya, jadi jangan terbang terlalu lama dalam satu waktu. Meski punya banyak baterai, admin sarankan tetap beri jeda dulu tiap terbang, supaya motornya tidak overheat. Karena kalau sudah overheat, nanti bisa rusak dan separah – parahnya motornya bisa mati total.

Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones


Untuk fiturnya, drone ini masih sangat standar. Bahkan kalau dari anda mengira drone ini sudah altitude hold. Drone ini sebenarnya masih manual. Jadi belum memiliki fitur altitude hold atau kemampuan mempertahankan ketinggian ketika ia terbang. Justru dengan ini, anda yang masih pemula dan ingin belajar menerbangkan drone, bisa tuh menggunakan HJ14W karena throttle nya masih manual. Anda bisa belajar throttling manual, sehingga apabila nanti anda sudah mahir, akan lebih mudah ketika handling drone dengan berbagai macam handling seperti untuk racing, acro, bahkan altitude hold yang mudah.


Selain itu, fitur bawaan dasar seperti speed switch, dan juga flip masih tersedia di drone ini, jadi meski tidak altitude hold, drone ini masih punya fitur bawaan yang setidaknya bisa berguna dan bisa digunakan untuk akrobatik seperti fitur flip pada drone ini, nah kalau dari iklannya, beginilah fitur yang dimiliki oleh drone HJ14W:
• 4 channel, go up and down, forward and backward, turn right and left, sideward flight, 360 degree eversion. 
• Built-in 6 Axis, stronger wind resistance and more stable, for both indoor and outdoor flight. 
• Euqipped with protective frame to reduce damages due to crash. 
• Two control mode, adapt to different operation habit. 
• Wiht colorful LED light, can flight in the dark at night. 



Spesifikasi Drone HJ14W


Item Name: 4CH RC Quadcopter 
Color: White /Black
Frequency: 2.4G 
Channel: 4CH Gyro 
Battery: Li-Po 3.7V 780mAh
Camera: 2.0MP HD Wifi Camera 
Controlling Distance: About 50-100 meters 
Dimension: 26×26×10cm 
Charging time: about 100 minutes 
The flying time: about 10 minutes 


drone ini memiliki baterai bawaan bertegangan 3.7Volt alias 1S, dan kapasitasnya sebesar 780mAh, dengan baterai ini, kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan HJ14W hingga selama 10 menit. Namun waktu tersebut juga bukan menjadi patokan akurat. Karena sejatinya lama terbang juga tergantung dengan beberapa kondisi seperti dimana anda terbang, banyak angin berhembus tidak disana, karena drone ini sangat tidak disarankan untuk terbang ketika cuaca berangin karena mudah terbawa angin. Selain itu, cara terbang anda juga bisa menjadi faktor seberapa lama terbang drone ini. Baterai drone HJ14W sebenarnya universal, anda bisa mencari baterai cadangannya selama spesifikasi serta jack penghubungnya sama. Sedangkan untuk mengisi ulang baterai ini, anda akan diberikan kabel charger seperti biasa, menggunakan input power dari USB, dan saran admin, paling tidak anda gunakan kepala charger atau Wall charger dengan arus 1 ampere untuk pengisian baterai yang lebih optimal.


Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones

Untuk remote controlnya, HJ14W memiliki remote standar untuk drone mainan seperti ini. Bentuknya sih lebih sederhana, dan kebanyakan tombol juga sudah ada di bagian atas, sehingga harusnya lebih mudah dijangkau oleh ibu jari. Beberapa seri HJ14W memiliki label di dekat tombol – tombol fungsinya, namun sebagian seri tidak memiliki label sehingga anda harus menghafal tiap fungsi tombolnya. Mungkin karena untuk memangkas biaya produksi kali ya. Untuk jarak jangkauannya juga terbatas. Meski di tabel spesifikasi tercatat bisa hingga 100 meter, namun sebenarnya jarak jangkauan juga bisa dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang. Kalau tempat terbang anda banyak interferensi sinyal ya tentu jarak jangkauan terbangnya bakal lebih pendek. Kalau rata – rata ya mungkin jarak terbang efektifnya 30 meter, mengingat drone ini masih belum memiliki sistem navigasi jadi juga sangat rawan terbawa angin.


Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones

Meski masih basic, HJ14W juga sudah dilengkapi dengan kamera. Kameranya ya masih apa adanya tentu saja. Setidaknya dengan kamera ini anda bisa mencoba mengambil gambar atau video ketika terbang. Hasil videonya juga masih sangat apa adanya. Terdapat jello, dan mungkin juga akan ada lag akibat frame dropping. Karena video yang anda rekam akan tersimpan langsung ke smartphone yang anda gunakan untuk Wifi-FPV. Yah, memang kamera ini sudah bisa digunakan untuk Wifi-FPV, transmisinya pun masih menggunakan Wifi frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi-Fpv menggunakan aplikasi FPV untuk kamera ini. Karena frekuensi FPV nya sama dengan frekuensi remote, otomatis nanti bakal ada interferensi lagi, jadi lebih baik terbang di jarak yang dekat supaya koneksi RC dan Wifi tetap kuat.

Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones


Dalam pembelian Drone HJ14W, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Drone HJ14W
1 x Remote Controller 
1 x 2.0MP HD Wifi Camera
1 x 3.7V 780MAH Li-poly Battery 
1 x USB Cable 
4 x Blades 
1 x Screwdriver 
1 x Phone Clip
1 x English User Manual




kalau menurut admin, drone basic seperti ini memang bisa diandalkan untuk menjadi drone latihan. Selain bentuknya sekarang juga semakin bervariasi, harganya juga sangat bervariatif, sehingga harusnya Drone HJ14W ini bisa menjadi salah satu refrensi yang bagus untuk pemula yang ingin belajar menerbangkan drone. Terlebih drone ini juga sudah dilengkapi dengan kamera.


Untuk mendapatkan Drone HJRC HJ14W ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone HJRC HJ14W

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone HJRC HJ14W - OmahDrones

Untuk harganya, terakhir admin lihat drone ini dijual di online marketplace lokal dengan harga yang bisa dibilang terjangkau. Rata – rata drone ini dibandrol hanya sebesar 300 ribu saja, admin melihat harga tersebut ketika menulis artikel ini, jadi ketika anda membaca artikel ini, jadikan saja harga tersebut sebuah patokan.