Spesifikasi Drone Syma TF1001

Memilih drone untuk pemula memang kadang agak membingungkan, bagaimana tidak, sekarang saja banyak sekali drone yang dibuat, didesain dan ditujukan untuk pemula. Apalagi soal persaingan harga, drone untuk pemula sekarang juga sudah mulai terjangkau, sehingga siapapun bisa membelinya. Nah di sekian banyak drone kelas mainan, ternyata dari brand yang sudah terkenal, yaitu Syma, mereka punya drone mainan untuk pemula yang unik. Desainnya mirip dengan pesawat dalam film – film action. Drone ini selain ukurannya yang kecil, jadi simple dibawa serta disimpan, juga sudah memiliki full cover sehingga dia aman dimainkan didalam ruangan. Penggunaannya juga dibuat simple, dengan baterai internal sehingga tidak usah repot copot – copot baterai lagi.


Spesifikasi Drone Syma TF1001 - OmahDrones

Nama drone nya adalah Syma TF1001. Drone ini pada dasarnya adalah quad-copter, namun desain yang beda dari quad-copter biasa ini lah yang membuatnya menjadi lebih menarik. Bagian menarik pertama itu di bagian depannya, karena di bagian depan, propellernya menghadap kebawah, dan di bagian atas ada semacam pelindung dan penguat supaya motornya bisa tertanam dengan baik, lalu di kanan dan kiri sebagai sayap serta di bagian belakang sebagai penyeimbang. Seperti helikopter pada film – film walau pada dasarnya ini hanyalah Quad-Copter biasa. Dengan desain seperti ini, salah satu kelebihannya adalah ketika kita sedang terbang, kita jadi lebih mudah mengendalikan drone ini karena kita tau orientasinya. Kita lebih mudah mengetahui mana depan, belakang, kiri dan kanan drone.



Untuk fiturnya, Syma TF1001 ini karena masih drone mainan kelas basik atau memang untuk pemula. Tentu tidak ada fitur yang muluk – muluk seperti kamera misalnya, tapi setidaknya Syma TF1001 ini sudah memiliki kemampuan altitude hold, dimana dia bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang. Selain itu, fitur – fitur dasar seperti 3d flip, auto take-off/landing, serta speed switch juga ada. Jadi kalau mau main diluar ruangan, anda bisa pakai speed ke 2 supaya pergerakannya lebih gesit. Tapi hati – hati kalau terbang diluar ruangan, karena drone ini tidak punya navigasi, sehingga dia mudah sekali terbawa angin, dan parah lagi bisa fly away dengan mudah. 


Spesifikasi Drone Syma TF1001 - OmahDrones

Spesifikasi Syma TF1001



Description:
Brand Name: SYMA
Model: TF1001
Material: ABS Body Shell Material
Battery: 3.7V 500mAh Li-battery (Included)
Remote Control Beattery: 4 x AA Batteries (NOT Included)
Charging Time: About 60 minutes
Flight Distance: About 20M
Flight Time: About 7 Minutes
Product Size: 22.5*17.3*6.5cm
Remote Frequency: 2.4 GHz

Function:
3D Flips and Rolls
One Key Take off/landing
Altitude Hold Mode
Anti-impact Design
LED Light



Syma TF1001 memiliki baterai bawaan yang sebenarnya sudah cukup untuk drone seukurannya. Dari Syma dia diberi baterai 1S tegangan normal, yaitu 3.7Volt, yang kapasitasnya sebesar 500mAh. Dengan baterai ini, anda bisa memainkan Syma TF1001 hingga kira – kira 7 menit, karena lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh cara terbang si pilotnya. Sisi bagusnya, baterainya built in, jadi sudah terpasang didalam, ketika baterai sudah habis kita bisa langsung recharge dari drone nya. Tapi jangan langsung juga, tunggu dulu hingga suhu drone beserta baterainya lebih dingin dulu biar pengisian ulang baterainya jadi optimal. Nah, sisi buruknya adalah ketika baterainya drop, agak susah untuk menggantinya karena harus membuka body drone.

Untuk pengisian ulang baterai, kita akan mendapatkan sebuah USB Charging Cable, untuk bisa mengisi ulang baterai, karena ukuran baterainya tergolong kecil, kita bisa menggunakan USB Wall Charger dengan arus minimal 500mA.


Spesifikasi Drone Syma TF1001 - OmahDrones


Remote yang dimiliki drone Syma TF1001 ini juga simple, dengan model remote control generasi 2 dari syma. Yang bentuknya sudah lebih simple dan stylish. Karena drone ini masih kelas basic dan tergolong jenis mainan. Jadi tidak ada banyak tombol disini, hanya ada beberapa tombol fungsi juga karena fungsi bawaannya masih terbatas. Dengan remote ini, setidaknya anda bisa mendapatkan jangkauan efektif hingga 60 meter, tapi tetap saja, jangan terbangkan drone ini terlalu jauh apalagi ketika diluar ruangan. Untuk bisa bekerja, remote ini membutuhkan 4 buah baterai ukuran AA. Cara binding atau menghubungkan drone ke remtoe masih manual ya, jadi setelah drone dalam posisi menyala, lalu nyalakan juga remotenya, setelah itu tekan tuas throttle ke bawah, atas lalu bawah lagi.




Drone ini masih belum memiliki aksesori kamera, sehingga daya tariknya memang desain yang mirip dengan pesawat di film – film, juga drone ini bisa dijadikan drone untuk latihan terbang bagi pemula. Daya tarik lain dari Syma TF1001 adalah dalam tiap pembelian, anda juga sudah mendapatkan satu landing pad yang keren. Jadi ketika anda ingin memainkan Syma TF1001 akan terasa seperti menerbangkan pesawat. Terutama bagi pemula ya.



Spesifikasi Drone Syma TF1001 - OmahDrones

Tiap pembelian drone Syma TF1001, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x TF1001 Drone
1 x Remote Control
1 x 3.7V 500mAh Li-battery
1 x USB Cable
1 x Screwdriver
1 x Landing Pad
1 x User Manual


Spesifikasi Drone Syma TF1001 - OmahDrones

untuk harganya, terakhir admin lihat di symastore, alias toko online resminya Syma, drone ini dibandrol sebesar 51USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini setara dengan 700 ribuan. Wah kalau di indonesia drone basic saja dijual sebesar itu, apa bakal laku? Kalau bukan karena orang suka koleksi karena bentuknya yang unik sih, admin rasa harganya terlalu mahal, karena kalau untuk merk lain, harga segitu sudah dapat drone dengan kamera.