Spesifikasi Global Drone GW90

Pertengahan 2020 saat artikel ini ditulis, drone yang admin sebut Semi-Professional masih sangat diburu. Begitu pula dengan para produsen drone. Karena mereka seperti sengaja menyuguhkan drone bermotor brushless sekaligus sudah dilengkapi dengan GPS. Namun, dibalik banyaknya pilihan drone semi professional tersebut, kita sebagai konsumen harus jeli. Jangan hanya tergiur di beberapa aspek seperti wah itu sudah brushless, wah itu sudah ada GPS nya. Setelah dibeli, ternyata dronenya masih banyak bug dan tidak bisa bekerja seperti semestinya. Nah, salah satu cara untuk mengetahui peforma drone yang mau dibeli ya dengan membaca dulu artikel dari omah drones. Kalau drone yang kamu incar ada ulasannya, tinggal baca saja. Nanti anda bisa menyimpulkan apakah drone tersebut layak untuk dibeli atau tidak.


Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones

Nah, seperti drone yang akan admin bahas kali ini, di akhir nanti, anda bisa menyimpulkan sendiri, mau setuju dengan kesimpulan admin, atau anda punya kesimpulan sendiri. Yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini adalah drone dari Global Drone. Kalau dari brand nya sih, admin sudah beberapa kali membahas drone buatan mereka, dan kali ini yang akan kita bahas adalah Global Drone GW90. Drone ini adalah sebuah foldable drone, dengan motor brushless dan juga sudah memiliki GPS/GLONASS. Bentuknya juga nampaknya beda dari yang lain, drone ini memiliki warna putih baik di unit drone nya juga di remotenya.


Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones

Global Drone GW90 juga menawarkan banyak fitur. Seperti karena drone ini sudah dilengkapi dengan GPS, dia jadi punya banyak fitur seperti return to home, follow me, circle me, dan way point mode. Bahkan tidak hanya memiliki GPS, tapi drone ini juga dilengkapi dengan Optical Flow sensor plus infrared sensor. Sehingga harusnya meski tanpa GPS, drone ini masih bisa mempertahankan posisinya dengan sensor ini. Biasanya anda bisa manfaatkan optical flow sensor ketika terbang indoor, ketika sinyal GPS susah didapatkan. Selain itu drone ini juga memiliki fitur bawaan seperti auto take off, dan juga bahkan headless mode. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa menyimaknya dibawah ini:
- With foldable arm, small size, easy to carry.
- Dual GPS Positioning. Under GPS mode, when the aircraft receives the signal from satellites, it will position where it is.
- Optical Flow Positioning. It captures image data with the drone's bottom camera, then uses the optical flow to improve the smoothness of the control.
- 5G WIFI FPV. 1080P videos and 4K photos, with real-time transmission.
- 4K HD Camera. It is equipped with 4K camera, tuned amazingly to capture pictures and videos from the sky.
- Brushless Motor: It is so quiet but very powerful when running. Breakdown rarely occurs and motor replacement is seldom required, which makes your flight more enjoyable.
- Altitude Hold Mode. In altitude hold mode, the drone maintains a consistent altitude while allowing roll, pitch, and yaw to be controlled normally.
- Camera angle can be controlled by transmitter/APP  to pitch from -90° to 0°.
- One Key Takeoff /Landing. One press automatically taking off or landing, the drone will take off or go back to the position where it took off and it is very suitable for novice operation.
- One Key Return. One-key return function makes it easily to find the way home.
- One Key Following Mode. In the mode, the drone will fly following the player to capture the beautiful moment
- Point of Interesting Flight. Choose one point, then t the drone fly in a circle around a set waypoint and make sure you will get panorama pictures and video.
- With 7.6V 3000mAh battery, the fly time up to 25 mins. 
- With low power protection overcurrent protection.
- Lens 50x zoom: Focus is faster and more accurate, and the moment is fixed.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.
 


Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones


Spesifikasi Global Drone GW90


Brand Name: Global Drone
Item NO.: GW90
Color: Grey
Motor: Brushless Motor
Pressure Sensor: GPS/Optical Flow
Battery: 7.6V 3000mAh Lipo Battery
Charging Time: About 5h
Flying Time: About 25 mins
RC Distance: 1000m
Max Speed: 72km/h
Camera: 4K 5G WIFI Camera
Camera Lens: 118°
Camera Adjustable Angle: 0~90°(by Remote Control)
FPV Range: 1000m
Video Resolution: 4K(1920*1080P)
Photo Resolution: 4K(2160*3840P)
Frame Rate: 30 fps
Photo Format: JPG
Video Format: MP4 or AVI
APP System: iOS 9.0 or later/ Android 4.4 or later
Quadcopter Size: 355x400x68mm (unfolded)
Quadcopter Weight: 1180g




baterai yang dimiliki oleh Global Drone GW90 ini juga termasuk besar, dengan tegangan baterai 2S atau 7.6 jenis Li-HV, yang kapasitasnya sebesar 3000mAh, bisa membuat drone ini terbang dalam waktu rata – rata selama 17 menit. Memang di dalam tabel spesifikasi tercatat anda bisa terbang hingga 25menit, namun ingat, lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi lapangan serta cara terbang anda. Nah, untuk metode chargingnya, anda bisa gunakan kabel micro USB sama seperti ketika anda ingin melakukan recharge smartphone anda. Namun untuk bisa mengisi baterai dengan optimal dan dalam waktu yang cepat, admin sarankan setidaknya anda gunakan USB Wall Charger dengan arus sebesar 2 Ampere. Baterai ini termasuk bagus karena sudah memiliki indikator kapasitas, sehingga anda bisa lebih mudah mengetahui apakah baterai sudah terisi penuh atau belum.



Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones

Di bagian remote, Global Drone GW90 juga memiliki remote dengan baterai internal. Remote ini dibekali baterai yang spesifikasinya sayangnya tidak dicantumkan pada tabel spesifikasi. Namun yang jelas, baterai yang digunakan seperti baterai internal remote drone pada umumnya, dengan baterai Li-Po, kalau tidak ya Li-Ion 1S dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, karena fungsinya hanya sebagai power untuk remote saja. Nah, yang keren dari remote ini adalah salah satu antennanya adalah antenna asli. Sedangkan satunya masih berupa aksesori semata, jadi otomatis jangkauan dari remote ini juga bisa lebih jauh daripada menggunakan antenna tanpa antena eksternal. Dalam tabel spesifikasi dia tercatat bisa dikendalikan dalam radius 1KM. Ya, balik lagi kalau di radius atau jarak terbang ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti apakah banyak interferensi sinyal di lapangan.



Untuk unit kameranya, memang di iklannya, bahkan di tabel spesifikasi juga tercatat bahwa Global Drone GW90 memiliki kamera yang bisa mengambil gambar hingga resolusi 4K. Tapi karena ini masih drone semi professional, dengan kamera yang justru malah jelek kualitasnya menurut admin, karena masih terdapat jello yang tidak karuan. Kalau admin kata sih, mending kalau terbang pakai drone ini lebih baik rekam dalam resolusi 720p saja deh, selain gambarnya nanti sama saja, kalau resolusinya lebih kecil malah jadi lebih hemat memory space. Dan yap, drone ini juga memiliki slot MicroSD pada kameranya, anda bisa memasukkan MicroSD dan mendapatkan file asli rekaman tanpa putus – putus akibat koneksi FPV. Tapi yang disayangkan ya itu tadi, video hasil rekamannya masih banyak jelonya.


Untuk Wifi FPV nya, dia menggunakan Wifi 5GHz atau Wifi 802.11ac, jadi untuk bisa menikmati FPV dari drone ini, pastikan dulu smartphone anda sudah support Wifi 802.11ac, karena kalau tidak support dan anda tetap membeli Global Drone GW90, yang ada nanti anda tidak bisa melakukan FPV dengan drone ini.

Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones



Dalam pembelian Global Drone GW90, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x GW90 Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 7.6V 3000mAh Battery
2 x Spare Propeller
1 x USB Charging Cable
1 x Wrench
1 x Storage Case
1 x User Manual



meski fiturnya sudah mantap, seperti sudah ada GPS/GLONASS, lalu ditambah optical flow serta infrared sensor. Sudah brushless pula motornya, namun kalau kameranya justru masih kaleng – kaleng ya seperti tidak disarankan untuk dibeli kalau kata admin. Kecuali anda lebih mementingkan peforma terbangnya, maka Global Drone GW90 masih layak untuk menjadi salah satu pilihan anda.

Spesifikasi Global Drone GW90 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, terakhir admin lihat Global Drone GW90 di salah satu online marketplace kelas internasional. Dia ini dibandrol sebear 209 USD untuk paket dengan 3  baterai. Memang kalau drone seperti ini lebih baik beli bundle dengan baterai lebih sekalian, buat jaga – jaga karena kedepannya belum tentu bakal ada yang jual baterai Global Drone GW90 secara terpisah.