Spesifikasi Drone Teng Mini KF609 - Mirip Mavic Mini

Masih ingat ketika admin membuat ulasan tentang DJI Mavic Mini? Yah memang beberapa pilot justru tidak merekomendasikan DJI Mavic mini untuk beberapa alasan tertentu. Tapi dimana ada drone professional rilis seri baru. Para produsen drone mainan serasa “siap” untuk menjiplaknya, dengan fitur yang sebisa – bisanya dan dengan harga yang semurah – murahnya. Sehingga akhirnya banyak drone replika dengan harga yang jauh berbeda dari harga drone aslinya, dan fiturnya cuma kebanyakan gimmick atau dilebih – lebihkan. Seperti drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, drone ini merupakan replika atau tiruan dari drone DJI Mavic Mini. Bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya, nanti akan coba kita ulas bersama.

Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones



Kalau dilihat dari bentuk fisiknya. Drone ini memiliki ukuran yang terbilang sama dengan DJI Mavic Mini yang sesungguhnya. Perbedaan utamanya tentu di bagian kamera, bisa dilihat kalau drone yang memiliki nama pasar KF609 ini memiliki kamera yang berbeda bentuknya dengan Mavic Mini. Lalu dibagian mesin, KF609 ini masih menggunakan motor brushed, ya seperti drone mainan pada umumnya saja. Untuk merknya, beberapa sumber mengemukakan kalau drone ini memiliki brand Teng. Dengan nama pasarnya Teng Mini KF609. Drone ini juga memiliki desain foldable arm, jadi ketika ingin disimpan, anda bisa lipat lengannya sehingga lebih mudah ketika mau disimpan atau mau dibawa bepergian.



Untuk sensor – sensornya, disini dia masih hanya berupa drone Wifi-FPV standar yang katanya ada juga seri dengan optical flow sensor. Jadi kalau mau beli yang ada optical flow sensornya, pastikan di deskripsinya ada. Atau biasanya ketika pembelian, kita bisa memilih paket drone misal dengan kamera 720p, dan optical flow, atau 720p tanpa optical flow. Tapi kalau untuk fitur standar seperti auto take-off dan landing, headless mode dan one key return tetap ada di drone ini. Bahkan advanced feature seperti music video juga bisa anda buat melalui aplikasi FPV dari drone ini. Nah, untuk fitur selengkapnya berdasar informasi dari iklannya bisa dilihat dibawah ini:

- LED light, 6 axis gyroscope, gyro calibration function, stuck protection, low power protection
- Up, down, forward, backward, turn left, turn right, hover, left side flying, right side flying
- One key takeoff, one key landing, one key emergency stop
- Fast and slow gear, take photos, video, headless mode
- With advanced density and air pressure sensor, it can set the height accurately
- With WIFI real-time transmission, mobile phone control
- Folding fuselage, easy to carry
- With light flow point, flight is more stable
- Modular large capacity battery, flight more lasting
- Manually adjust camera Angle
- The image follows and sustains the flight
- Gesture video/photo
- Camera switch
- The MV
- 3D rolling



Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Teng Mini KF609



Material: ABS/PS, Electronic Components
Type: Quadcopter
Motor Type: Brushed Motor
Functions: Forward/backward, Gesture Mode, Headless Mode, One Key Landing, One Key Taking Off, Sideward flight, Turn left/right, Up/down
Level: Beginner Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 3 x AAA battery(not included)
Model Power: 1 x Lithium battery(included)
Battery: 3.7V 1100mAh

Product weight: 0.1130 kg
Package weight: 0.5550 kg
Package size (L x W x H): 25.00 x 19.50 x 9.00 cm / 9.84 x 7.68 x 3.54 inches


Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones


baterai yang dimiliki oleh KF609 ini tergolong besar, meski masih menggunakan baterai 1S yang tegangannya 3.7 Volt, baterai ini memiliki kapasitas sebesar 1100mAh, yang kalau digunakan untuk sekali terbang bisa digunakan rata – rata 10 menit terbang untuk satu baterai. Tentu lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cara anda terbang, serta bagaimana kondisi dimana anda terbang. Untuk pengisian ulang baterainya, disini anda akan mendapat charger bawaan yang juga menggunakan input dari USB. Kalau saran admin, ketika mengisi ulang baterai ini, lebih baik menggunakan USB Wall Charger dengan arus setidaknya 1 ampere, supaya pengisian ulang baterainya bisa lebih optimal dan juga lebih cepat. 


Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones

Lanjut ke bagian remotenya. KF609 ini memiliki bentuk remote yang unik. Desainnya juga tipis dan simple, penempatan tombol fungsi juga terlihat rapi serta sudah ada keterangan di tiap tombolnya. Sehingga sebagai pilot, kita bisa lebih mudah tau apa fungsi dari tombol tersebut. Nah, untuk tipe remote seperti ini, anda tidak bisa terbang terlalu jauh, karena biasanya jarak jangkauannya rata – rata hanya 60 meter saja maksimal. Lagipula, drone kecil seperti ini juga lebih baik jangan diterbangkan terlalu jauh, apalagi kalau anda beli yang non optical flow sensor. Kalau tidak ada navigasinya ya drone akan mudah sekali terseret angin ketika ada ngin yang berhembus. Maka waktu paling baik menerbangkan drone ini adalah ketika cuaca cerah tanpa angin.


Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones

Untuk unit kameranya, kalau dilihat sekilas terlihat meyakinkan, ukurannya besar. Tapi jangan salah. Kamera pada drone ini masih kualitas kamera mainan pada umumnya. Dalam tabel spesifikasi tidak disebutkan berapa besar sensor dari kamera ini, tapi kalau admin lihat hasil gambarnya, KF609 ini seperti menggunakan sensor kamera berukuran 1 – 2MP. Jadi ya bisa dibayangkan hasil gambarnya, kalau ada yang menulis drone ini bisa merekam dalam resolusi 4K, ya bisa saja, orang hanya resolusi. Tapi ketajaman dan kejelasan videonya ya bakal hancur. Ditambah di drone ini juga belum terdapat slot untuk microSD, sehingga gambar dan video yang direkam akan langsung tersimpan ke memory smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV.



Wifi FPV nya juga masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, jadi kalau mau hasilnya bagus, pertahankanlah koneksi FPV biar selalu kuat, salah satu caranya adalah dengan cara jangan terbang terlalu jauh. 


Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones

Umumnya, ketika pembelian drone KF609 ini, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Drone, 
1 x Remote Controller, 
4 x Blade, 
4 x Blade Protector, 
1 x USB Charging Cable, 
1 x Battery, 
1 x Screwdriver, 
2 x Increased Shelf




menurut admin, KF609 ini bisa menjadi salah satu koleksi yang keren, karena dia merupakan replika, terutama bagi anda yang mungkin justru mengoleksi drone replika seperti ini ya. Selain itu, tentu kalau untuk sekedar mainan, drone ini sudah cukup bagus karena fitur – fitur dasarnya juga sudah lengkap, bahkan sudah bisa Wifi-FPV juga. Drone ini cocok untuk jadi hadiah bagi anak setidaknya yang sudah paham dengan mainan RC yang kalau dilihat pada himbauannya minimal berumur 14 tahun.


Spesifikasi Teng Mini KF609 - OmahDrones

Untuk harga kisarannya, terakhir admin lihat di situs marketplace kelas internasional, ada beberapa yang menjual drone ini dalam berbagai varian. Untuk seri 4K dan ada carrying box nya, harganya sebesar 43USD atau sekitar 600 ribuan saja. Ingat kamera 4K ini cuma gambar asli yang di bentangkan, jadi ukurannya aja yang besar tapi kualitas gambarnya sama saja.