Spesifikasi Drone KF608 - Mini Wifi FPV

Drone murah yang sudah bisa Wifi FPV. Sebenarnya kalau mau mencari yang murah itu pinter – pinter kita nyarinya saja. Terutama untuk drone baru, dan sekarang kalau mau nyari drone baru itu sangat mudah karena ada banyak sekali metode yang bisa digunakan, seperti lewat toko online, lapak online, marketplace online dan lain – lain. Tapi berkat adanya banyak sekali metode itu, dan terlalu mudahnya “membuat iklan”, kita jadi harus lebih pintar – pintar mencari serta memilih penjual yang benar – benar menjual drone. Kalaupun terpaksanya harus beli dari luar negeri, bisa lewat marketplace kelas internasional seperti banggood atau gearbest misalnya, enaknya disana, nanti apabila barang yang kita dapat tidak sesuai dengan deskripsi, mereka bisa mengirim barang yang sama dan itu gratis.

Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones


Kali ini admin juga tertarik membahas drone Wifi-FPV yang ukurannya kecil. Dia termasuk mini drone yang enaknya dimainkan di dalam ruangan. Adalah KF608 atau di beberapa marketplace dia memiliki brand LAUMOX. Drone ini ukurannya kecil, bisa dibilang sebelas duabelas dengan Eachine E010 juga, tapi memang drone ini badannya lebih gemuk karena desain body dan frame yang dibuat menyatu dengan propeller protector. Drone ini juga menggunakan propeller yang sama seperti E010 dan sebangsanya. Jadi termasuk mudah harusnya untuk mencari propeller cadangan atau bahkan dinamo apabila memang harus diganti.


Drone ini meski kecil ukurannya, tapi dalam iklannya dia juga menawarkan beberapa advanced feature seperti gesture photo dan gesture video. Kalau untuk fitur standarnya, drone ini adalah drone altitude hold, yang sudah dilengkapi dengan fitur bawaan seperti one key take off atau landing, headless mode serta one key return dan pelengkapnya Roll 360 derajat. Seperti yang admin katakan sebelumnya drone ini lebih disarankan untuk terbang indoor alias didalam ruangan. Jadi kalau anda tetap menerbangkan diluar ruangan, ya memang bisa – bisa saja sih, tapi nanti jangan kaget apalagi panik kalau ketika ada angin yang berhembus sedikit saja drone nya akan keseret meski anda sudah arahkan drone untuk melawan angin.
Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones


Spesifikasi Drone Laumox KF608



Brand Name: LAUMOX
Camera Features: 720p HD Video Recording
Camera Integration: Camera Included
Sensor Size: None
Remote Distance:20~30 meters
Gyro: Build-in 6 Axis Gyro
Aerial Photography: Yes
Optical Zoom: Fixed Focus
Control Channels: 4 Channels
Frequency: 2.4Ghz
Model Number: KF608 RC Drone
Connectivity: APP Controller
Connectivity: Remote Control
Connectivity: Wi-Fi Connection
Pixels: 2 million
Type: Helicopter
Features: Remote Control
Motor: Brushed Motor
Charging Time: About 60 Minutes
Controller Battery:3*AAA Battery(not included)
Charging Voltage:3.7V 300mah Battery


Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones



baterai untuk drone ini memang agak beda seperti drone mainan pada umumnya, karena port konektornya tidak menggunakan jst putih kecil, jadi kalau mau mencari baterai cadangan untuk drone ini, tidak hanya pastikan spesifikasinya sama, tapi juga pastikan konektornya sama supaya bisa nancep tentunya. Nah baterai ini tentu masih baterai 1S alias biasa, jadi tegangan normalnya hanya 3.7Volt dan kapasitasnya hanya sebesar 300mAh saja. Dengan baterai ini anda bisa menerbangkan KF608 dalam waktu rata – rata 5 menit, tergantung cara anda menerbangkan drone ini juga. Untuk pengisian ulang baterai, seperti biasa anda akan mendapatkan kabel Charger dengan input dari USB, karena baterai ini hanya berkapasitas kecil, anda bisa menggunakan kepala charger mulai dari 500mAh. Admin tidak menyarankan charge dari port USB pada laptop, karena nanti sayang kalau laptopnya mengalami drop low voltage pada bagian port USB karena terlalu keseringan digunakan buat charging.


Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones


Lanjut ke bagian remote controlnya, bentuk remote controlnya tidak seperti kebanyakan remote drone kecil, kalau admin nilai, ini remotenya unik, karena terlihat agak besar tapi simple juga. Hanya saja di tiap tombol fungsinya belum terdapat icon atau label, sehingga bagi pemula itu agak susah karena harus menghafal dari manual book tentang fungsi tiap tombolnya. Nah, kalau untuk jarak jangkauannya seperti yang kita ketahui kalau main mini drone sebaiknya jangan terbang terlalu jauh, karena kalau fly away ataupun sekedar jatuh aja, karena ukurannya yang kecil, bukan tidak mungkin dia bisa jatuh di tempat yang susah dijangkau. Sehingga biasanya dengan remote seperti ini jarak jangkauan maksimalnya sekitar 50 meter. Di bagian atas dari remote ini juga bisa dipasang phone holder untuk menaruh smartphone anda ketika menggunakan aplikasi FPV.

Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones


Kamera dari KF608 ini masih tergolong kamera kualitas rendah. Tentu saja karena dengan harga yang bersahabat kita sudah dapat drone berkamera Wifi. Jadi jangan berharap kalau akan mendapatkan kamera yang kualitasnya bagus. Ketika mengambil gambar atau video, media akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV juga. Jadi seperti yang sudah kita sepakati kalau drone ini adalah drone indoor yang sangat disarankan untuk diterbangkan di dalam ruangan, semakin dekat drone dengan anda, semakin kuat koneksi Wifi-FPV nya, otomatis semakin normal hasil video yang akan anda simpan.


Spesifikasi Drone KF608 - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian drone KF608 ini, anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
aircraft X1
remote control X1
USB charging cable X1
manual X1




menurut admin, KF608 bisa menjadi salah satu hadiah yang keren untuk anak kecil minimal 14 tahun, dimana mereka sudah paham dengan mainan terbang yang meski terlihat simple, tapi sebenarnya juga agak kompleks karena banyak komponen dan banyak faktor yang harus diperhatikan. Drone ini juga bisa jadi alternatif kalau anda ingin merasakan mini drone yang sudah punya kamera dan bisa Wifi-FPV juga. Sedang untuk sparepartnya admin rasa juga tidak terlalu susah karena beberapa drone lain juga menggunakan motor dan baterai yang sama utamanya.



Untuk urusan harga kisaran. Terakhir admin lihat iklan KF608 di situs marketplace online skala internasional, KF608 ini hanya dibandrol sebesar 33USD saja. Cukup murah kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 500 Ribuan. Dengan drone kecil ini, sebenarnya sudah asik – asik saja sih kalau digunakan untuk sekedar bermain terbang.