Spesifikasi Drone Teeggi T10 - Si Kecil Wifi-FPV

Pilihan hadiah untuk anak usia 14tahun memang agak susah, terutama anak cowok yang belum tentu dia suka dengan hadiah biasa seperti baju atau jam tangan. Kalau mau yang lebih keren, kita bisa berikan hadiah berupa mainan RC, dan kalau mainan RC berbentuk mobil sudah terlalu biasa, kita bisa memberikan hadiah RC terbang seperti drone quad-copter biasanya. Karena sekarang, ada banyak sekali pilihan drone yang bisa kita pilih spesifikasinya sesuai dengan yang kita inginkan, belum lagi kalau dilihat dari sisi harga, sekarang banyak sekali drone yang harganya murah, mulai dari 300 ribuan saja kita sudah bisa membawa pulang drone dengan kemampuan dasar altitude hold, bahkan ada yang sudah berkamera juga.

Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones


Salah satunya yang sudah pernah admin bahas jaman drone kecil masih populer, seperti Cheerson CX-10C dan CX-10W dimana itu adalah drone berkamera terkecil pada masanya. Kalau sekarang, ada banyak brand yang menawarkan drone kecil dan juga tentu sudah berkamera serta bahkan sudah bisa melakukan Wifi-FPV juga. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah drone dari Teeggi, dengan nama pasarnya adalah Teeggi T10. Drone ini sangat kecil ukurannya, dan di desain supaya memiliki foldable arm juga, sehingga diharapkan ketika dibawa, drone ini akan lebih portable dan lebih aman karena dengan lengan yang terlipat, akan meminimalisir terjadinya “gencetan” antara motor dan lengannya.


Untuk fiturnya, tentu pada dasarnya ini adalah mini drone yang sudah memiliki kemampuan altitude hold. Sehingga dia bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang diudara, namun admin sarankan kalau drone kecil seperti ini lebih baik diterbangkan di dalam ruangan saja alias indoor. Sebab kalau anda terbangkan di luar ruangan, akan muncul banyak resiko seperti tertiup angin, fly away, dan jatuh di tempat yang susah dijangkau. Dan juga karena ukurannya yang kecil, akan sangat susah ketika mencari drone ini apabila dia terjatuh. Balik ke fitur, Teeggi T10 juga memiliki fitur basic seperti flipping, one key take-off dan landing, serta headless mode. Nah untuk lebih lengkapnya bisa baca daftar fitur dibawah ini:
2.4G Wifi 480P camera enables you to have a nearly 30m distance of real-time images transmission image for fantastic video/picture taking.
Altitude hold: With built-in barometer, the aircraft will fly to a certain height when taking off.
One key takeoff/landing: make the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.
3D flip: cool 360°rolling trick fly makes the operation more interesting.
Headless mode: No need to know which way is the head direction of the drone, completely solving pilot loss-of-orientation problems.
One key return: just by pressing one button on the controller, the plane can find the way home easily.
Gesture auto-photo: when you do hand gesture in the front of the aircraft within 2 meters, it will automatically take pictures and record videos, very interesting.
Path flying function enables the drone to fly according to a prepared route.



Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Teeggi T10


Item name:T10 Drone
Remote controller: 2.4G 4CH
Camera: 480P
FPV: Wifi
Control distance: about 50m
FPV transmission distance: about 30m
Drone battery: 3.7V 300mAh lipo battery
Battery size: 35 * 18 * 7mm
Battery weight: 9g
Flying time: about 6mins
Charging time: about 30mins
Remote controller battery: 3 * AAA battery(not included)
Quadcopter size: 80 * 50 * 30mm(folded) / 100 * 80 * 30mm(unfolded)
Quadcopter weight: 32g(with battery)




baterai yang digunakan oleh drone ini tentu juga berukuran kecil, baterainya masih berbentuk universal, memiliki tegangan 3.7Volt dan kapasitasnya sebesar 300mAh saja, dengan baterai ini anda bisa setidaknya menerbangkan Teeggi T10 selama 5 menitan satu baterai. Untuk mendapatkan baterai cadangan, bisa saja dengan mencari baterai yang spesifikasi serta colokannya sama. Namun mengingat drone ini masih pakai motor brushed, lebih baik terbang satu baterai, tunggu dingin, lalu c harge baterainya, lalu terbang lagi selagi motor dronenya juga sudah dingin. Daripada punya banyak baterai lalu terbang terus – terusan tanpa memikirkan suhu baterai dan motornya, akan sangat beresiko membuat baterai cepat drop dan motornya bisa mati karena overheat. Untuk proses rechargingnya mudah, karena dalam pembelian anda akan mendapatkan kabel USB yang dibuat untuk menjadi charger baterai bawaannya. Karena kapasitas baterainya kecil, anda bisa melakukan proses recharge dengan menghubungkan kepala kabel USB ke port USB pada laptop atau bisa juga powerbank.

Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones

Di bagian remote controlnya, Teeggi T10 memiliki remote control yang bentuknya berbeda seperti kebanyakan mini drone yang menggunakan desain sama seperti Cheerson CX10 Series. Teeggi T10 memiliki remote yang bentuknya memang mirip gamepad dan menempatkan semua tombol di bagian yang mudah dijangkau oleh jari. Ukuran remotenya pun juga kecil, dan dengan remote ini tentu jarak jangkauannya juga sangat terbatas, lagian ukuran drone kecil memang lebih baik diterbangkan dalam jangkauan yang pendek saja, yang penting masih bisa dilihat jelas oleh mata kita. Jarak efektif mungkin kalau admin sarankan sekitar 30 meter saja. Supaya kalau ada apa – apa lalu drone terjatuh, kita bisa agak mudah mencarinya. Semua fungsi bisa anda picu dengan menekan tombol fungsi di remote ini, hanya saja di tombolnya belum ada label atau tulisan fungsi apa untuk tiap tombol, jadi anda harus menghafalkannya dari buku panduan, atau tentu anda bisa kasih label sendiri supaya lebih mudah.

Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones


Teeggi T10 juga memiliki kamera, memang tidak disebutkan spesifikasi rinci dari kamera yang disematkan pada drone kecil mungil ini. Namun disitu tertulis kalau kamera ini bisa mengambil gambar dengan resolusi 480p. Lumayan sudah widescreen, dan hasilnya juga lebih hemat memori karena tidak ada gimmick HD atau FHD dimana aslinya ukuran 480 yang di bentangkan jadi HD. Dengan Teeggi T10 ini anda akan lebih hemat space untuk menyimpan foto dan video. Namun sayangnya, belum ada DVR built in di kamera ini, sehingga hasil foto dan video akan langsung ditransfer melalui koneksi Wifi selagi anda sekalian melakukan Wifi-FPV. Ya tentu anda jadi bisa berpotensi mendapatkan hasil video yang patah – patah karena frame dropping atau malah frame freezing.


Maka dari itu, lebih baik terbang di jarak yang dekat supaya koneksi Wifi nya tetap kuat dan hasil videonya bisa tetap lancar.

Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones

Dalam pembelian Teeggi T10, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 * T10 RC Drone
1 * Remote Controller
1 * 3.7V 300mAh Lipo Battery
1 * USB Charger
1 * Spare Propeller set
4 * Propeller Protector
1 * User Manual
1 * Phone Holder
1 * Tool set




seperti yang sudah admin katakan di pembukaan tadi, kalau untuk sebuah hadiah, Teeggi T10 bisa menjadi salah satu hadiah yang keren untuk anak 14 tahunan. Tetap perhatikan himbauan tiap mainan, karena tiap mainan pada dasarnya selalu punya target minimal umur yang boleh memainkan mainan tersebut. Dan umumnya RC punya Cap “14” di tiap kardusnya, menandakan kalau mainan RC minimal untuk anak berusia 14 tahun.

Spesifikasi Drone Teeggi T10 - OmahDrones

Terakhir, untuk harganya, dia cukup ramah di kantong, terakhir admin lihat di beberapa situs marketplace kelas internasional, memang tidak semua menjual produk drone Teeggi T10 ini, tapi di salah satu marketplace itu ada yang menjualnya dengan harga 16USD saja, kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 200 ribuan saja. Ya mainan seperti ini sebenarnya didesain untuk sekali pakai. Kalau rusak ya udah.