Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W

Kalau kita bicara soal drone mainan, tentu kita tidak akan nemu endingnya dimana, karena tiap minggu sebenarnya pasti ada aja drone baru dari brand – brand yang sudah terkenal, ataupun juga brand – brand yang baru bermunculan. Disisi lain, satu pabrik juga tidak hanya dipasarkan oleh satu brand. Seperti sebelum – sebelumnya di omahdrones juga sudah sering membahas drone yang sebenarnya sama, karena satu pabrikan, tapi memiliki brand yang berbeda. Nah, di kesemaptan kali ini, admin menemukan drone mainan baru yang kalau ketika admin tulis artikel ini, admin menemukan sudah ada dua brand yang memasarkannya secara internasional yaitu Eachine dan FQ777, ini agak unik karena kita tau Eachine bisa dibilang brand besar, dan FQ777 bisa dibilang brand yang agak kurang populer, meski FQ777 juga punya banyak macam drone yang dipasarkan.


Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones


Drone ini bernama Eachine E55 dan FQ17W. Dua drone ini sebenarnya sama, hanya marketing brand nya saja yang berbeda. Itu artinya mau anda beli Eachine atau FQ777, anda akan mendapatkan drone yang sama. Nah karena dia drone mainan, dia masih menggunakan motor brushed yang memang sudah umum digunakan untuk drone mainan. Untuk kemampuan dasarnya, Eachine E55 sudah Altitude hold dan punya beberapa fitur yang akan admin jelaskan dibawah. Untuk ukuran drone ini memang cukup kecil, hanya seukuran telapak tangan orang dewasa saja, selain itu desainnya pun foldable arm, sehingga drone ini bisa lebih mudah dibawa karena portable.


Fitur dari Eachine E55 memanglah tidak banyak, namanya juga drone mainan. Namun untuk fitur dasar seperti one key take-off dan landing, headless mode, one key return dan juga flip tersedia dan bisa anda gunakan ketika terbang. Selain itu, Eachine E55 juga dilengkapi dengan kamera yang sudah support Wifi-FPV, sehingga anda bisa melihat apa yang dilihat pada kamera drone secara realtime nantinya. Selain itu, berikut adalah daftar fitur yang dijelaskan oleh iklan kedua drone ini:
* With foldable arm, small size, easy to carry
* With altitude hold mode function provides stable flight.
* Pointing Flight, you can draw the flight track you want on the phone and the quadcopter will fly the line you painting.
* With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
* Wifi real-time transmission FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.
* With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
* 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°
* Remote control with anti-interference protection, the aircraft has a low-current protection over-current protection, aircraft flight flexibility and smooth; fine tuning by remote control to fine-tune the performance of the aircraft to ensure normal function

Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones




Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W



Brand: Eachine
Item name: Eachine E55 RC Quadcopter
Frequency: 2.4G 
Channel: 4ch
Material: Alloy ABS, PEO
Product battery: 3.7V 300mAh 25c(Included)
Charging time: 40mins
Flying time: 6-8mins
R/C distance: about 50m           
Camera: 0.3MP (720*576 30FPS)
Product size: 6.5x6.5x2.5cm (the arms are folded)
Package size: 16.5x6.1x21.5cm
Product weight: 45g
Package weight:265g
Transmitter: Mode Switch
Transmitter battery:3*AAA(Not included)
Color: Black/ Red




baterai yang digunakan Eachine E55 memiliki ukuran dan kapasitas yang kecil. Dengan baterai Li-Po standar 1S, memiliki kapasitas hanya 300mAh. Yang kalau di tabel spesifikasi tercatat bisa terbang hingga 8 menit. Nah, lama terbang tersebut sebenarnya juga tergantung dengan cara terbang anda serta tempat dimana anda menerbangkan Eachine E55. Baterai ini memang merupakan baterai universal, untuk mendapatkan baterai lain sebenarya lumayan gampang, karena umumnya banyak yang menjual baterai universal seperti ini, tinggal sesuaikan saja tegangan serta kapasitas baterainya untuk nyari aman. Tapi ingat, karena Eachine E55 masih menggunakan motor brushed, makanya jangan sampai anda terlalu lama menerbangkan Eachine E55, apalagi sampai motornya kepanasan (Overheat) yang bisa menyebabkan motor jadi tidak bisa berputar secara optimal, atau bahkan bisa mati total.

Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones

Ada dua versi dari drone ini yaitu RTF dan BNF, bagi pembaca omahdrones pasti sudah tidak asing kan, RTF atau Ready to Fly merupakan versi lengkap dari drone yang dijual, biasanya sudah termasuk transmitter fisik. Sedangkan BNF, biasanya mengindikasikan kalau anda perlu komponen tambahan (Biasanya Transmitter) untuk bisa menerbangkan drone yang akan dibeli. Tapi di kasus Eachine E55 ini, versi BNF hanya tidak disertai transmitter fisik. Anda masih bisa menerbangkan Eachine E55 tanpa transmitter sebagai gantinya, anda bisa langsung menerbangkannya menggunakan aplikasi Wifi-FPV untuk Eachine E55. Disini jadi anda bisa memilih mau beli versi ada transmitter atau tidak. Karena tentu rasanya beda kalau menerbangkan pakai controller fisik dengan controller digital pakai aplikasi FPV.

Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones

Untuk kameranya, Eachine E55 masih menggunakan kamera super low, hanya menggunakan sensor 0.3MP, supaya data yang diproses juga lebih kecil terutama untuk FPV. Meski hanya 0.3MP, anda sudah bisa melakukan pengambilan foto dan video juga. Hanya saja ya jangan berharap kalau hasilnya bakal bagus. Namanya saja drone mainan, jadi anda harus paham sejak awal. Disini juga tidak ada slot untuk microSD, jadi semua gambar dan video yang anda ambil, akan langsung disimpan ke smartphone anda melalui koneksi FPV, sehingga anda otomatis akan terancam mendapatkan hasil video tidak lancar karena ganguan koneksi seperti frame dropping atau malah frame freezing.


Anda bisa melakukan FPV dengan semua smartphone, karena Wifi-FPV yang digunakan masih dalam frekuensi 2.4GHz, sedikit tips dari admin supaya hasil rekaman videonya lancar, pastikan anda tidak menerbangkan drone lebih dari 5 meter. Terlebih ketika anda terbang di tempat yang banyak frekuensi 2.4GHz seperti wifi orang lain dan lain – lain.

Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones


Ketika pembelian drone Eachine E55 dan FQ17W, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

RTF Version:
1 x Eachine E55 RC Quadcopter
1 x 3.7V 300MAH Battery
1 x USB Charger
4 x Propeller
1 x User Manual
1 x Transmitter
1 x Phone Holder
1 x Screwdriver
1 x Small Bag

BNF Version:
1 x Eachine E55 RC Quadcopter
1 x 3.7V 300mAh Battery
4 x Propeller
1 x Small Bag
1 x USB Charger
1 x Screwdriver
1 x User Manual



menurut admin, Eachine E55 ini salah satu drone mainan yang bisa dijadikan untuk hadiah anak mulai usia 14 tahun. Karena drone ini masih tidak ada pelindung propeller, sehingga otomatis tidak disarankan untuk bocah dibawah 10tahun. Dengan ukuran kecil dan fitur yang sebanyak itu, sebenarnya sudah lumayan untuk sebuah mainan terbang.

Spesifikasi Drone Eachine E55 dan FQ17W - OmahDrones

Untuk harga kisarannya, Eachine E55 ini sudah dijual di beberapa online marketplace kelas internasional, dengan harga kisaran 33USD atau setara dengan 400 Ribuan. Ya harganya juga bisa dibilang sepadan dengan apa yang akan didapatkan. Hanya saja semua tergantung seller yang jual terutama kalau anda belinya di seller lokal.