Spesifikasi Drone Nartor NX8 - GPS Brushed Wifi-FPV

Dari dulu kita pasti membahas drone branded yang sudah bisa dibilang universal, karena drone tersebut dijual secara global di seluruh dunia. Namun, ada beberapa produk yang sengaja dirilis oleh beberapa pengusaha dengan brand mereka sendiri. Dan yap benar sekali, Indonesia bisa menjadi satu – satunya negara yang menjadi target pasar oleh pengusaha tersebut karena melihat prospek dari penjualan drone brand – brand ternama. Terlebih kalau drone dari pengusaha tersebut bisa bersaing juga di segi harga, tentu keberadaannya bisa menjadi salah satu dari beberapa drone yang sejenis dari spesifikasi serta bentuk dan kemampuannya. Sebenarnya ada beberapa drone yang memang hanya dijual di indonesia saja. Entah itu drone hanya di rebrand saja atau memang dibuat secara khusus untuk pasar indonesia.

Spesifikasi Drone Nartor NX8 - OmahDrones


Salah satu brand tersebut adalah Nartor. Kalau anda coba cari di forum atau di mesin pencari dengan kata kunci Nartor, pasti nanti ujung – ujungnya adanya tetap dari indonesia. Ya karena drone ini ternyata hanya dijual di indonesia. Kalau di negara lain, bisa jadi dia direbrand lagi dengan brand lainnya, tapi admin rasa sih dia hanya dijual di indonesia saja karena kalau dibanding dengan negara lain, untuk bisa memasukkan mainan dari china ke indonesia itu sangat mudah, kena pajaknya pun bisa dibilang murah, itu kalau secara legal, kalau secara ilegal seperti lewat jalan tikus, beda lagi ceritanya.


Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Nartor NX8. Drone ini memiliki ukuran yang sama seperti Syma X8HW, dan yap ukuran propellernya juga sama, kemungkinan anda juga bisa menggunakan propeller X8HW untuk Nartor NX8 ini. Dia juga masih menggunakan motor brushed yang artinya kalau bisa jangan diterbangkan terlalu lama dalam satu waktu untuk mencegah terjadinya overheat pada motor. Karena kalau motornya overheat dan parah lagi kalau bisa mati total, harga motornya juga lumayan kalau beli 1 set. Untuk fiturnya, Nartor NX8 memiliki fitur standar altitude hold, dan juga yang penting, Nartor NX8 dilengkapi dengan GPS/GLONASS sehingga dia memiliki keunggulan seperti drone GPS pada umumnya seperti:
- bisa tahan hembusan angin
- return to home
- follow me
- circle me
- dan lain – lain,

Spesifikasi Drone Nartor NX8 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Nartor NX8



Brand: NARTOR
Model: NX8
Frequency: 2.4G
Channel:4CH
Gyro: 6 axis
Warna: Putih
Battery:7.4V 2500MAH(Included )
Flight Time: About 12-15 Minutes
Charging Time: About 6 hours
Control distance (Free interference and no occlusion) : 500m
Lithium battery of transmitter: 3.7V 300mAh
Product size: 42x42x17CM

Camera
Adjustable angle camera: Adjustable camera by transmitter, 90
Camera lens: 120
Wifi image transmission distance (Free interference and no occlusion) : 200m
Follow me: 30m
GPS/GLONASS double mode: yes
Video resolution: 1280x720
Photo resolution: 1280x720
Frame rate: 25 fps


Nartor NX8 ini menggunakan baterai 2S yang tegangan totalnya adalah 7.4Volt, dan kapasitasnya 2500mAh, dengan baterai ini kalau melihat tabel spesifikasi anda bisa menerbangkan Nartor NX8 selama 15 menit dengan satu baterai. Namun lama terbang tetap dipengaruhi dengan beberapa faktor seperti kondisi di tempat anda terbang dan juga cara terbang anda. Baterai ini memiliki desain proprietary alias baterai yang dirancang khusus untuk drone ini. Dan untungnya distributor dan penjual drone nartor biasanya juga menyediakan baterai cadangannya, sehingga anda bisa beli baterai cadangan apabila diperlukan. Untuk chargingnya seperti biasa, anda hanya dibekali USB Charging Cable bawaan dari pabri, jadi anda paling tidak butuh USB Wall Charger dengan arus 2 Ampere untuk bisa mengisi baterai ini dengan optimal.

Spesifikasi Drone Nartor NX8 - OmahDrones

Di unit remtoe control, Nartor NX8 memiliki remote control yang cukup bagus, baik dari desain dan peletakan tombolnya. Semua sudah satu paket karena dalam remtoe ini, didalamnya sudah ada baterai internalnya, memang tidak besar hanya 1S 3.7Volt dan kapasitasnya sebesar 300mAh. Tapi dengan adanya baterai internal ini, anda tidak perlu baterai habis pakai buang lagi, jadi lebih eco-friendly. Nah, dengan remote ini kalau menurut tabel spesifikasi anda bisa menerbangkan Nartor NX8 hingga radius 500 meter, namun tentu jarak terbang juga dipengaruhi oleh lokasi dimana anda terbang, apakah banyak interferensi sinyal atau tidak. Lalu yang terakhir, adalah bagian phone holder yang juga sudah built-in, jadi tinggal tarik aja bagian atasnya maka phone holdernya akan ter pop-up.



Kamera pada Nartor NX8 ini memang tidak disebutkan berapa besar sensornya, namun untuk mengambil foto dan video, kamera ini bisa menyimpan video dengan resolusi HD 720p. Untuk foto sama saja karena pada dasarnya, ketika mengambil foto, kamera hanya melakukan “Screenshot” pada siaran kamera yang sedang berlangsung. Untuk FPVnya, dia masih menggunakan Wifi-FPV, anda bisa menggunakan smartphone anda untuk melakukan Wifi-FPV asal sebelumnya sudah mendownload aplikasi FPVnya tentu saja. Anda bisa memasukkan microSD ke bagian belakang kamera sehingga hasil gambar dan video yang anda ambil adalah rekaman original yang mulus tanpa interferensi.

Dan yang terakhir, kamera ini juga bisa anda kendalikan sudut tilting nya menggunakan remote, sehingga anda bisa lebih leluasa dalam menentukan view yang akan direcord oleh kamera Nartor NX8.

Spesifikasi Drone Nartor NX8 - OmahDrones


Dalam pembelian drone Nartor NX8, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x NARTOR NX8
1 x Camera
1 x Transmitter
4 x Propeller
2 x Landing Gear
1 x Screwdriver
1 x Charging
1 x Manual




menurut admin, Nartor NX8 bisa jadi upgrade dari Syma X8HW. Karena secara fisik sebenarnya bentuknya mirip, hanya saja Nartor NX8 memiliki baterai paten, dan dilengkapi lagi dengan GPS/GLONASS sehingga bisa lebih canggih karena memiliki alat navigasi. Nartor NX8 juga bisa menjadi X8HW killer karena kalau mau beli X8HW tapi punya dana lebih sedikit, lebih baik beli Nartor NX8 malah sudah ada GPS dan kameranya bisa naik turun.


Untuk harganya, Nartor NX8 memang diatas satu juta. Malah rata – rata penjual yang sudah admin lihat membandrolnya dengan harga 2jutaan. Untuk kata sepadan dengan yang di dapat, itu balik ke kita masing – masing. Karena kalau di rentang 2 jutaan, sudah ada juga drone GPS yang sudah menggunakan motor brushless, seperti Bayangtoys X18 misalnya.