Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - Brushless GPS Drone

Kadang, membaca review sebelum membeli itu sangat penting, bahkan bagi admin, membaca review sebelum membeli barang yang masih samar kepastiannya itu sangat wajib dilakukan, tidak lain seperti ketika mau membeli drone. Karena saking banyaknya varian dari berbagai merk yang sudah ada di indonesia, pasti kita harus jeli sebagai pembeli agar bisa membeli drone yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jadi apa yang kita jadikan ekspektasi bisa menjadi realita yang sesungguhnya. Yap, membaca review di omahdrones adalah salah satu langkah yang baik sebelum kita membeli drone yang sudah kita targetkan untuk dibeli. Bukannya apa, karena sering kali ada calon pilot yang mau membeli drone A dengan embel – embel kamera 4K, tapi sesudah dibeli, hasil gambarnya burik tidak sesuai harapan.



Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones

Kalau di omahdrones, admin tentu akan memberi informasi yang sebenarnya, tidak ditutup – tutupi dalam segi apapun. Menyangkut juga kepada drone yang akan admin bahas kali ini, yaitu CSJ-X8 atau di brand lain, dia memiliki nama X46G-4K. Dari nama yang diberikan oleh brand kedua, bisa ditebak bahwa drone ini bisa mengambil gambar berukuran 4K. Tapi apakah sesuai ekspektasi kalau dilihat sekilas? Tentu tidak, maka dari itu baca ulasan admin pada kesempatan kali ini hingga habis kalau perlu.


Memang CSJ-X8 dan X46G-4K ini sudah menggunakan motor brushless, selain itu juga sudah dilengkapi pula dengan GPS, sehingga dengan adanya navigasi, drone ini jadi punya banyak fitur yang lebih mumpuni, seperti adanya return to home, dimana drone bisa pulang sendiri ke titik dimana dia take-off baik secara otomatis ketika baterai habis atau ketika kehilangan koneksi, juga bisa dipicu dengan menekan tombol return to home pada remote. Selain itu, advance feature lainnya juga ada seperti follow me, way point, dan juga circle me. Bentuknya yang foldable juga menjadi daya tarik tersendiri untuk CSJ-X8 karena dengan punya desain yang foldable, drone ini jadi lebih mudah untuk disimpan dan dibawa bepergian. Nah untuk fitur lainnya bisa anda simak dibawah ini:
- Function: Up/down, turn left/right, forward/backward, sideward flight, Led light, GPS follow mode, way-point flight, surround flying mode, one-key return, one key to land/take off, trajectory flying mode, human tracking mode, palm control mode, speed switching, gesture recognition, MV interface.
- Trajectory Flying Mode: It allows you to draw your trajectory route on the APP control interface, and the aircraft will automatically fly along the drawn trajectory with the current position.
- Palm Control Mode: In the optical flow mode, click on the " Hand Control "icon, then face the aircraft lens, lift one hand, and move gently when the palm is selected by the red box on the APP. In the palm of your hand, the aircraft will follow the palm up, down, left, and right.
- MV Interface: Click the "MV Interface "icon in the APP control interface. After entering the MV interface, you can choose to match the favorite filter effect or background music and start recording, and then gain your unique MV.

Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones


Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K



Model: CSJ X8
Max Flight Time: 25mins
Max Flying distance: about 1000m
Max flight speed: 13km/h
Drone Battery: 7.4V 3500mAh Battery (included)
Motor: 1806 Brushless Motor
Battery of Remote Controller: 3 * 1.5V AA Battery (not included)
Remote Frequency: 2.4GHz
App Control: Yes (Android and iOS system available)
Max FPV distance: 500m
4K Front Camera: Adjustable angle: 90°; Photo resolution: 4096 * 3072P; Video resolution: 1920 * 1080P
Bottom Camera: 720P optical camera
Drone size: 17 * 9.5 * 8cm (fold); 25.8 * 21 * 8cm (unfold)
Drone Weight: 493g



Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones

untuk baterainya, CSJ-X8 ini punya baterai yang cukup besar kapasitasnya yakni 3500mAh, dengan rangkaian 2S bertegangan 7.4Volt, dengan baterai ini kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa terbang hingga 25 menit. Namun sebenarnya lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cara terbang anda, serta bagaimana keadaan di tempat anda terbang, apakah banyak angin atau tidak. Baterai ini memiliki desain proprietary alias desain khusus untuk drone ini saja, jadi kalau ketika pembelian bisa milih dengan 1 sampai 3 baterai, lebih baik beli dengan 3 baterai sekalian, karena ini drone brushless, jadi anda bisa terbang sepuasnya selama baterainya masih cukup. Lalu untuk melakukan recharging baterai, disini kita diberikan port micro USB untuk interface chargingnya. Jadi, kita bisa pakai kepala charger yang setidaknya punya arus 2ampere supaya pengisian ulang baterainya bisa lebih cepat.

Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones

Di bagian remote, CSJ-X8 punya remote yang bentuknya seperti remote ala – ala mavic series. Bedanya, antenna pada remote ini palsu, alias untuk hiasan atau aksesori semata. Lalu LCD yang ada di tengah memiliki display yang lebih kompleks, disana akan ditampilkan status drone secara realtime lewat telemetri yang tertera di layar. Bagusnya lagi, tiap tombol fungsi pada remote ini juga sudah diberi icon untuk label, sehingga kita bisa lebih mudah untuk mengetahui tombol tertentu untuk fungsi apa. Jarak jangkauan dari remote ini harusnya tidak jauh – jauh amat, karena remote ini sebenarnya masih kelas mainan, sehingga jarak jangkauannya antara 100 – 300 meter tergantung tempat dimana anda terbang, apakah banyak interferensi sinyal atau tidak.


Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones

Lanjut di bagian kameranya, tentu anda mungkin sudah bertanya – tanya karena CSJ-X8 memiliki embel – embel kamera 4K atau 2K juga, apakah benar bisa mengambil gambar dengan resolusi sebesar itu? Jawabannya adalah iya. CSJ-X8 ini bisa mengambil gambar dalam bentuk foto dengan resolusi 4K, sedangkan untuk mengambil video, dia bisa rekam di resolusi 1080p. Untuk kualitas videonya sih admin bisa katakan cukup bagus untuk ukuran drone semi-professional. Hanya saja dia punya satu kekurangan yang cukup serius menurut admin, selain hasil videonya yang tentu masih terdapat jello ketika diudara.

Yaitu tidak adanya slot microSD untuk menyimpan hasil foto dan video secara langsung. Jadi semua foto dan video yang anda ambil akan ditransfer melalui koneksi FPV yang dalam waktu bersamaan digunakan untuk Wifi-FPV. Kalau Wifinya jelek, otomatis video yang akan tersimpan juga bisa ada gangguan seperti frame dropping atau malah frame freezing. Belum lagi ketika mengambil foto, lalu koneksi wifinya putus – putus, bisa jadi nanti fotonya korup.

Spesifikasi Drone CSJ-X8 dan X46G-4K - OmahDrones

Kalau masih tertarik pada drone ini, berikut apa yang akan anda dapatkan ketika membeli CSJ-X8 dengan varian 3 baterai:
1 * RC Drone
1 * Remote Controller
3 * Drone Battery
1 * Spare Propellers Set
1 * USB Cable
1 * User Manual
1 * Screwdriver
1 * Handbag




kesimpulan admin untuk drone ini. Mengingat dia punya satu masalah serius di bagian media penyimpanan. Drone ini juga punya satu kekurangan lainnya yaitu produknya yang langka. Bisa jadi CSJ-X8 ini hanya dikeluarkan dalam satu waktu dan tidak akan diproduksi masal lagi. Jadi wajar saja kalau nyari sparepartnya juga susah. Ternyata CSJ-X8 juga di desain untuk “sekali pakai” seperti drone mainan seharga ratusan ribu, padahal kalau admin kategorikan CSJ-X8 bisa masuk ke dalam drone semi-professional.


Untuk harga kisarannya juga lumayan tinggi, terakhir admin lihat di marketplace internasional, dia dibandrol dengan harga 188USD atau setara dengan 2.8 jutaan kalau sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini. Dengan rentang harga sebesar itu, sebenarnya kita bisa mendapatkan drone yang lebih terkenal serta mudah sparepartnya kalau mau beli, seperti drone buatan MJX, Eachine, atau JJRC.