Spesifikasi Drone JJRC H68

Kepopuleran Syma X5HW pada jamannya tentu tidak bisa dilupakan begitu saja, terutama bagi anda yang juga sudah mengenal dunia drone dari sejak munculnya Syma X5C. Syma X5HW bisa meraih hati para pilot dikala itu karena fiturnya yang cukup menjanjikan. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bentuk yang masih stylish, dan kemampuan altitude hold, serta kemampuan Wifi-FPV yang pada saat itu belum ada banyak brand yang terkenal. Membuat Syma X5HW menjadi primadona dan banyak dicari oleh peminatnya. Namun, lambat laun seiring perkembangan teknologi yang diterapkan pada drone, pamor Syma X5HW mulai pudar selang bermunculannya banyak brand baru yang menawarkan sesuatu yang lebih pada drone mereka.

Spesifikasi Drone JJRC H68 - OmahDrones


Salah satunya adalah JJRC. Kalau dilihat dari bentuknya sih malah tidak mirip dengan Syma X5HW terutama di bagian kameranya. Dia lebih mirip dengan SH5HD. Memiliki bentuk drone seperti Syma X5 series, yang dibawahnya dilengkapi dengan kamera mirip ala – ala phantom series dari DJI. Selain untuk gimmick supaya terlihat keren dengan kamera yang “besar” padahal sama saja isinya cuma kamera kelas bawah standar drone mainan. Tak cuma body atau bentuknya yang mirip, bahkan ukuran propeller dan gearboxnya pun sama seperti Syma X5HW, sehingga kalau anda mau mencari sparepart propeller, anda bisa cari propeller untuk Syma X5HW, dan harusnya sih cocok.


Drone ini memiliki nama JJRC H68. Dan untuk fitur yang ditawarkan, JJRC H68 memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti drone kelas mainan lainnya. Seperti misalnya kemampuan altitude hold yang mempermudah pilot bahkan untuk pemula, karena throttle nya auto center. Lalu dia juga memiliki fitur seperti headless mode dan one key return juga. Dan untuk mempermudah terbang, JJRC H68 juga memiliki fitur auto take-off dan landing. Tak cuma sampai disitu, JJRC H68 juga bisa flipping sehingga ketika terbang, anda bisa melakukan sedikit aksi agar tidak bosan. Untuk fitur lebih jelasnya anda bisa membaca pada daftar fitur dibawah ini:
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- With 45-degree adjustable 2.0MP 720P HD camera, The camera is adjustable between 0 to 45 for an extensive wider view and sharper images.
- With automatic return function, the copter will automatic returning and landing when lost connection or signal received interference.
- With attractive headless mode, completely solving "loss of orientation" problems.
- With 1800mAh larger capacity battery for longer playing time, flight time up to 20mins.
- 3D Flips and Rolls. It is rotation in 360°adds on a touch of excitement for flying.
- 2.4GHz radio control,easy adjust frequency
- 6-Axis gyroscope strong stability, easily implement various flight movements, stronger wind resistance, easier to control
- Fly both indoor and outdoor

Spesifikasi Drone JJRC H68 - OmahDrones


Spesifikasi Drone JJRC H68



Brand  Name: JJRC
Item NO.: H68
Item Name: Bellwether
Color: Black, White (Optional)
Material: ABS plastic and electronic components
Transmitter Mode: Mode 2 (left hand throttle)
Quadcopter Battery: 3.7V 1800mAh Lithium Battery (Included)
Transmitter Battery: 4 x AA Battery (NOT Included)
Flying Time: about 20 minutes (Under optical condition)
Charging Time: about 160 minutes
Control Distance: about 100m
FPV: WiFi
Camera: 2MP 720P
Quadcopter Size: 32.5*32.5*11CM
Quadcopter Weight: 152.7g
Package Size: 31.5*13*31CM
Package Weight: 811g



untuk sebuah drone dengan motor brushed, JJRC H68 memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya lumayan besar. Dengan baterai yang masih 1S bertegangan 3.7Volt, kapasitasnya justru diberi 1800mAh. Dengan baterai tersebut, bila menurut tabel spesifikasi kita bisa menerbangkan JJRC H68 hingga 20 menit. Namun untuk baiknya, karena JJRC H68 masih menggunakan motor brushless yang rawan sekali rusak karena overheat. Dengan satu baterai tersebut lebih baik digunakan untuk beberapa kali terbang, jadi tidak terbang 1 waktu langsung. Dan untuk chargernya, dari pabrik kita mendapatkan USB Charger, sehingga kita butuh USB Wall Charger setidaknya dengan arus 1 Ampere untuk bisa mengisi baterai dengan waktu yang tidak lama.

Spesifikasi Drone JJRC H68 - OmahDrones

Di bagian transmitter atau remote controlnya, JJRC H68 memiliki remote control yang bagus desainnya, transmitter model ini juga sering digunakan pada drone – drone mainan, ukurannya yang besar membuat orang yang melihat kita sedang bermain drone mainan ini layaknya merupakan mainan mahal. Apabila di tabel spesifikasi dengan remote ini kita bisa menerbangkan JJRC H68 dalam radius 100 meter, namun tetap saja jarak terbang juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang, apakah banyak interferensi sinyal atau tidak, lagipula kalau saran admin sih tetep lebih baik terbang dalam “jangkauan mata” saja, karena drone ini tidak ada GPS, jadi dia juga gampang sekali terseret angin.

Spesifikasi Drone JJRC H68 - OmahDrones


Untuk unit kameranya, JJRC H68 memiliki kamera bawaan yang kalau menurut tabel spesifikasi dia memiliki sensor 2MP yang kalau digunakan untuk mengambil foto dan video akan menghasilkan gambar berukuran 720p. Ya, karena kebanyakan drone mainan memang ketika mengambil foto itu hanya “screenshot” dari tampilan Wifi-FPV saja sebenarnya. Dan untuk melakukan Wifi-FPV, JJRC H68 masih menggunakan Wifi-FPV 2.4GHz, sehingga harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi-FPV dengan JJRC H68.


Yang perlu diperhatikan adalah JJRC H68 belum menyediakan port microSD di bagian kamera, jadi kalau ingin mendapatkan video yang lancar, jangan terbang terlalu jauh supaya koneksi Wifi-FPV nya tetap stabil, karena ketika anda terbang dengan remote + melakukan FPV, mereka menggunakan frekuensi 2.4GHz, meski channelnya beda, namun kedua koneksi tersebut teteap akan saling terganggu, apalagi kalau jaraknya makin jauh. Sehingga yang pasti akan kelihatan efeknya ya video Wifi-FPV nya akan patah – patah.

Spesifikasi Drone JJRC H68 - OmahDrones

Dalam pembelian Drone JJRC H68, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x H68 Aircraft
1 x Transmitter
1 x Camera
1 x 3.7V 1800mAh Battery
2 x Propeller
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x User Manual



untuk sebuah drone mainan, JJRC H68 bisa menjadi salah satu refrensi yang bisa dipertimbangkan, terutama misalkan anda mau nyari Syma X5HW namun kehabisan stock, mungkin bisa jadikan JJRC H68 sebagai salah satu alternatif.


Sedangkan untuk harga kisarannya, terakhir admin cek di situs marketplace online skala internasional, dari sana dia dibandrol sebesar 47USD atau setara dengan 700 Ribuan. Drone yang sebenarnya masih basic seperti ini memang masih tergolong drone dibawah satu juta, dengan harga dibawah satu juta rupiah anda sudah bisa mendapatkan drone altitude hold dan berkamera Wifi.