Spesifikasi Drone Eachine E016F 3 in 1

Quadcopter yang terkenal dengan sebutan “Drone”, sekarang ini banyak sekali macamnya, dan kata “Drone” lebih diartikan sebagai RC terbang entah itu pesawat atau copter, padahal sejatinya Drone itu sama aja dengan robot, atau suatu alat yang bisa bergerak sendiri tanpa dikendalikan secara langsung dalam hal ini karena RC dikendalikan dari jarak jauh, maka sejatinya semua jenis RC bisa disebut Drone. Ada lagi yang masih salah kaprah, antara air vehicle dengan drone. Karena populernya kata drone, sehingga ketika ada perusahaan yang membuat kendaraan udara menggunakan konsep multi-rotor, sehingga bentuknya mirip quadcopter, masih saja disebut Drone. Padahal salah, drone itu sama dengan UAV atau pesawat tanpa awak. Kalau air vehicle itu dia ada awaknya, sehingga jangan disebut “drone ini bisa menjadi salah satu terobosan transportasi manusia”. Karena kalau ada awaknya, bukan drone namanya.

Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones

Oke, daripada melebar lagi, seperti biasa di awal kata admin kasih informasi umum dulu, baru sekarang admin akan kasih tau, kalau admin ingin membahas salah satu drone buatan eachine yang unik. Uniknya karena drone ini 3 in 1. bukan kopi, ini drone dengan 3 mode. Yakni darat, air dan udara. Drone ini bernama Eachine E016F. Sebenarnya drone ini masih satu kategori dengan drone untuk pemula. Ukurannya kecil, bisa dibilang setara dengan E010 juga, tapi yang membuat drone ini lebih unik serta menyenangkan ketika dimainkan adalah kemampuannya yang bisa digunakan dalam 3 mode itu tadi.


Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones

Jadi  Eachine E016F punya 3 mode, yakni mode darat dan air menggunakan bantalan gabus yang membuatnya menjadi sebuah hovercraft. Sedangkan untuk mode udara, dia jadi mini quad-copter seperti pada umumnya. Ukurannya yang kecil membuat Eachine E016F seakan ditujukan untuk mainan anak – anak. Karena fitur – fitur yang ditawarkan juga masih basik, sehingga cocok untuk pemula sekalipun. Untuk fitur selengkapnya, bisa anda simak dibawah ini sesuai informasi dari eachine:

- 3-in-1 Flight Mode, simple operation, free combination of aircraft and foam hull, to achieve a variety of play in sea, land and air, mode switching easy to use, not limited to the environment.
- Air Flying Mode(Aircraft alone), Land Driving Mode, Surfing above Water Mode.
- Detachable aircraft. The aircraft and the base can be split and freely combined.
- The aircraft with the Base can slide on the ground and experience the perfect drift feeling of the remote control high-speed car.
- The aircraft with the Base also can loating on the surface of the water, experience the remote control boat galloping water.
- Headless Mode, the Aircraft no need to adjust the position of aircraft before flying .
- One key to return function. The aircraft can automatically return to home point.
- Automatic alarm and automatic landing function. When the voltage is low, it will alarm 30-60 seconds in advance, which further improves the safety of flight.
- The aircraft have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- Large capacity battery 3.7V 350mah, easy to plug-in battery structure, longer battery life up to 6mins, easy installation.
- USB high-speed charging, battery with protection board, when fully charge automatic power off;
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics, lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones

Spesifikasi Drone Eachine E016F



Brand Name: Eachine
Item NO.: E016F
Color: Black&Orange
Material: ABS, Hardware and Electronics
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Quadcopter Battery: 3.7V 350mAh LiPo Battery (Included)
Flight Time: about 6 minutes
Charging Time: 40 minutes
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Transmitter Power: 2 x 1.5V AA Battery (NOT Included)
R/C Distance: About 50 meters
Quadcopter Size: 13 x 15 x 5cm
Package Size: 25.5 x 19.3 x 7.3cm




Eachine E016F ini menggunakan baterai yang kapasitasnya hanya 350mAh, dengan baterai 1S atau bertegangan 3.7Volt, dengan satu baterai anda rata – rata bisa bermain selama 5-6 menit. Baterai ini sebenarnya baterai universal, jadi kalau mau beli baterai cadangannya sebenarnya banyak yang jual, tinggal samakan saja spesifikasi baterainya. Dan juga kalau punya banyak baterai untuk drone ini, admin sangat menyarankan untuk sekalian beli charging hub untuk baterai 1S, sehingga anda bisa charging banyak baterai dalam waktu bersamaan. Kalau mau cari senang aja sih, terserah mau main berapa lama, terutama ketika dalam mode air, mungkin cipratan air bisa ikut mendinginkan motor yang panas ketika dimainkan, tapi kalau digunakan terbang secara lama, ya siap – siap motornya overheat, dan kalau sampai motornya rusak atau mati, anda harus mengganti motornya agar bisa digunakan lagi.

Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones


Di bagian remote, Eachine E016F masih menggunakan remote yang desainnya juga sama seperti drone kecil kelas mainan untuk pemula lainnya. Dengan transmitter yang kecil ini bisa dilihat juga kalau Eachine mendesain supaya bisa nyaman di genggam oleh anak – anak juga. Remote ini juga sudah menggunakan frekuensi 2.4GHz, namun mengingat ini transmiternya kecil, jarak jangkauannya juga tidak terlalu jauh. Kalau menurut tabel spesifikasi ya sekitar 50 meter saja. Jadi kalau mau main drone kecil ini jangan jauh – jauh, karena bahaya angin yang siap menghembus dan menyeret drone mengingat drone ini sangat kecil dan ringan kan. Kalau sudah kebawa angin lalu lost connection dengan remote, ya fly away. Nah untuk sumber tenaganya, remote ini menggunakan 2 buah baterai ukuran AA.



Drone ini tidak memiliki kamera, karena drone ini tujuannya untuk bersenang – senang. Mainan yang menyenangkan untuk anak terutama. Jadi dia hanya diberi 1 LED di bagian depan, dan LED itu akan menyala dengan warna yang berbeda sesuai dengan mode yang sedang digunakan. Seperti warna merah untuk mode quadcopter, hijau untuk mode hovercraft darat, dan biru untuk mode hovercraft air. Kerennya adalah dua buah motor di belakang bisa diputar ketika akan ganti mode. Tapi putarnya manual, disinilah key featurenya. Jadi kalau mau diubah ke hovercraft. Tinggal putar mesin belakangnya, lalu masukkan ke gabusnya. Ganti mode via remote dan jadilah mode hovercraft.


Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones

Untuk tiap pembelian Eachine E016F, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine E016F Quadcopter
1 x Bottom Base
1 x Remote Control
1 x 3.7V 350mah Battery (Quantity can be selected)
1 x USB Charger
4 x Spare Propeller
1 x DIY Sticker
1 x Screwdriver
1 x User Manual



menurut admin, Eachine E016F ini adalah inovasi baru dalam dunia mainan drone. Mungkin sebentar lagi banyak menyusul brand – brand lain yang mengeluarkan produk serupa, entah siapa yang punya ide pertama, namun produk ini sudah dijual di seluruh dunia sehingga kita yang menginginkannya bisa langsung mencari penjualnya.

Spesifikasi Drone Eachine E016F - OmahDrones

Untuk harga yang dibadrol pada Eachine E016F, untuk paket 3 baterai dia memiliki harga 24USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, setara dengan 330 ribuan. Harganya masih tidak jauh beda dengan drone yang hanya bisa terbang saja, mungkin untuk alternatif Eachine E016F bisa jadi pilihan karena dengan satu drone, kita bisa bermain di 3 medan, yakni air, darat dan tentu saja udara.