Spesifikasi Drone FQ777 F8 - Brushless 2 Axis Gimbal

FQ777 mungkin masih agak asing terutama bagi anda yang baru aja mulai menyukai drone terbang. Untuk informasi aja, FQ777 sebenarnya sudah bisa dibilang brand yang sudah memiliki banyak sekali produk RC, dan memang yang terkenal adalah drone terbang. Mulai dari ukuran kecil, hingga saat artikel ini ditulis mereka bahkan sudah merilis drone semi professional. Dan drone semi professional itulah yang akan coba admin bahas pada kesempatan kali ini, karena drone ini memiliki embel – embel kamera 4K. Sedangkan FQ777 bukanlah brand yang terkenal mengeluarkan drone untuk kebutuhan professional yang serius. Sehingga admin rasa 4K disini hanya gimmick yang diberikan untuk menarik konsumen, ya tidak berbeda dengan drone semi professional dari brand lainnya.


Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Tapi apakah langsung bisa kita simpulkan seperti itu, kalau iya itu terlalu dini, lagipula itu cuma bagian kameranya saja, sedangkan ada banyak sisi yang bisa dibahas pada drone tersebut. Untuk mengawali seperti di judulnya kita kali ini akan mencoba ulas drone FQ777 F8. Pertama kali kalau dilihat dari bentuknya, yap, drone ini mereplika bentuk dari DJI Mavic Air. Bisa dilihat dari bentuk badannya, meski di beberapa sisi tentu jelas berbeda dengan Mavic Air yang sebenarnya apalagi kalau anda lihat lebih teliti. Drone ini menjadi salah satu drone GPS Brushless yang membuat admin memasukkannya dalam kategori drone semi professional, karena dalam penggunaannya kita harus melakukan beberapa persiapan penting seperti kalibrasi kompas dan menunggu penguncian satelit GPS. Jadi beda dengan drone biasa yang tinggal hidupkan, binding, terbang.



FQ777 F8 sudah menggunakan motor brushless, itu membuatnya bisa mendapatkan tenaga optimal ketika terbang. Selain itu, motor brushless juga baik digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan digunakan terus menerus. Ditambah dengan adanya GPS, anda jadi mendapatkan fitur advanced seperti return to home, way point, follow me, dan beberapa fitur keren lainnya yang bisa diakses melalui aplikasi sekaligus ketika sedang Wifi-FPV. Untuk fitur selengkapnya, sesuai informasi dari FQ777 bisa dilihat di bawah ini:
- 2-axis self-stabilizing frame: The drone automatically adjusts its camera angle to display the best shooting angle. Yuntai has a rudder, which can adjust the image transmission angle at any time.
- 120°wide-angle lens: 2592*1520 high resolution image
- Modular battery: modular battery design, convenient and quick replacement, creating an opportunity for long-distance flight
- Intelligent “follow” mode: Wherever you go, the drone will follow where it is and then make a movie. Outdoor GPS positioning. Indoor light positioning.
- Intelligent points of interest: As long as the altitude and radius of the flight, the drone will fly around the target.
- Smooth brushless motor: low interference, energy saving, low noise, long life
- Waypoint Flight: Click on the desired waypoint on the flight map and the drone will fly from one waypoint to another.
- One-button/low-voltage/control loss returns to the home: In the event of an emergency, the automatic RTF function will automatically trigger, track the drone and return safely.
- Highly anti-shake shooting: Ensures high quality drone cameras by reducing blurring caused by in-flight vibrations.
- Headless mode free flight: Headless mode allows you to easily control the direction of the drone.
- Switch between different speed modes: With high wind resistance, just feel flying in the breezy days and switch speeds as you need.



Spesifikasi Drone FQ777 F8

Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones



Brand Name: FQ777
Item NO.: F8
Color: Black Silver
Material: ABSPCPP
Frequency: 2.4G 
Channel: 4CH
G-yro: 6 axis
Motor: Brushless Motor
Quadcopter Battery: 11.1V 2500mAh 25C Lipo (Included)
Transmitter Battery: Bulit-in Lipo Battery
Flying Time: 25-27mins
Charging Time: 240mins (Drone) / 60mins (Controller)
R/C Distance: 1000-1200m 
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Flying Weight: 400g (with Battery)
Gimbal: 2-Axis Self-Stabilizing Gimbal (Servo adjustable 90°)
Camera: 4K 120° Wide Angle
FPV: 5G WiFi FPV
Photo: 3840*2160                   
Video: 2592*1520
FPV Range: 500-700m
Quad's Size: 17.5*9*5.5cm (the arms folded)
                     28*23*5.5cm (the arms not folded)
Quadcopter Weight: 230g (Without Battery)
Package Size: 36.5*27.5*11.3cm
Package Weight: 1100g


Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Drone ini menggunakan baterai proprietary, atau bisa juga disebut baterai modular, baterai yang didesain khusus untuk drone ini, sehingga dalam penggunaannya lebih mudah, tinggal pasang lalu terkunci. Baterainya juga bisa dibilang standar untuk drone semi professional. Dengan baterai 3S bertegangan 11.1Volt, dan kapasitasnya sebesar 2500mAh, spesifikasi baterainya juga sama dengan beberapa drone semi professional lainnya. Dan dengan satu baterai, anda di klaim bisa terbang dalam waktu 25 – 27 menit, meski lama terbang tentu dipengaruhi oleh cara terbang anda juga kan. Untuk melakukan pengisian ulang baterai, anda hanya diberikan charger dengan kepala USB. Artinya anda perlu USB Wall Charger dengan arus setidaknya 2 ampere supaya pengisian baterainya bisa optimal.


Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Di bagian remote controlnya, FQ777 F8 memiliki bentuk yang sebenarnya desainnya sudah dipakai juga oleh beberapa tipe drone dari berbagai brand. Controller ini dibuat portable juga sehingga untuk dibawa bepergian akan lebih ringkas. Di bagian tengah terdapat LCD kecil yang akan menampilkan informasi telemetri dan data penting seperti kapasitas baterai, jarak, dan lain – lain. Penempatan tombol menggunakan layout yang sederhana, dan tiap tombol juga sudah memiliki icon sehingga kita bisa dengan mudah mengenali dan mengingat fungsi tiap tombolnya. Lanjut, bagian antenna dari drone ini juga masih hanya sebuah aksesori, namun FQ777 mengeklaim anda bisa menerbangkan FQ777 F8 hingga radius lebih dari 1KM. Meski begitu, jarak jangkauan terbang tetap bisa dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang. Apakah ada interferensi sinyal atau tidak. Terakhir untuk sumber tenaganya, remote ini menggunakan baterai internal, sehingga ketika habis, anda hanya perlu recharge saja dengan kabel charging yang didapat ketika pembelian.



Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Kamera dari FQ777 F8 ini dalam iklannya bisa mencapai 4K, meski begitu ketika pembelian anda bisa memilih kameranya, tapi khusus di marketplace resmi yang biasanya kelas internasional. Ada 3 jenis kamera yang bisa anda pilih yakni 1080p, 2K dan 4K. Kalau saran admin sih, lebih baik pilih kamera 1080p. Karena baik versi 2K atau 4K, lensa yang dipakai memiliki sensor yang sama. Bedanya hanya versi 2K, gambar yang di ambil akan di stretch dari 1080p ke 2K, begitupula di versi 4K. Jadi sebenarnya hasil gambarnya sama aja, malah anda bisa rugi di memory, karena semakin besar resolusi video, tentu semakin besar ukuran per frame nya. Jadi admin sarankan beli versi 1080p saja.


Meski embel – embel 4K juga, anda tidak akan dapat video 4K. Karena 4K yang dimaksud adalah resolusi ketika mengambil foto, FQ777 F8 dapat mengambil gambar dengan resolusi 3840 x 2160. ketika mengambil gambar atau video tentu anda bisa sekalian Wifi-FPV, dan jenis Wifi-FPV yang digunakan adalah menggunakan Wifi 5G. Sehingga untuk bisa menikmati Wifi-FPV, smartphone anda harus sudah support Wifi 5G alias Wifi 802.11ac. Untuk mengetahui support atau tidak, cek saja spesifikasi smartphone anda.

Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Untuk menunjang hasil akhir gambar, FQ777 F8 juga dilengkapi dengan 2 axis gimbal mekanikal, sehingga setidaknya anda tidak akan mendapatkan jelo seperti kalau anda mengambil gambar dari drone tanpa gimbal mekanikal. Belum lagi, tidak semua drone semi professional memiliki gimbal mekanikal seperti ini. Jadi otomatis, FQ777 F8 punya nilai lebih dong daripada drone semi professional lainnya.


Spesifikasi Drone FQ777 F8 - OmahDrones

Ketika pembelian FQ777 F8 umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x F8 Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 11.1V 2500mAh Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Spare Propeller
4 x Propeller Guard
1 x Screwdriver
1 x Storage Bag
1 x User Manual



menurut admin, FQ777 F8 bisa menjadi salah satu saingan dan sekaligus refrensi lain untuk anda yang ingin meminang sebuah drone brushless GPS, atau kalau admin bilang semi professional. Dengan bentuk foldable dia mudah dibawa ketika bepergian, belum lagi tiap pembelian juga dapat carrying case sehingga semua yang dibutuhkan FQ777 F8 bisa diletakkan dalam satu wadah. Drone ini juga sebenarnya cocok untuk drone keluarga, yang artinya digunakan ketika keluarga sedang liburan, kita mengabadikan momen menggunakan drone ketika menghabiskan waktu bersama keluarga.


Untuk harganya, FQ777 F8 ini dibandrol sebesar 212USD untuk paket 3 baterai dan kamera 4K, untuk varian lain tentu jadinya lebih mudah dong ya. Kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 2.9 jutaan. Memiliki kamera setidaknya 1080p ditambah gimbal 2 axis. Membuat FQ777 F8 bisa bersaing dipasaran dan siap menarik banyak peminat kalau peformanya juga memuaskan.