Spesifikasi Drone JJRC H36F Terzetto

Kemarin kita sudah membahas sebuah mini drone yang memiliki inovasi dimana ia bisa menjadi dua buah bentuk yang berbeda, dan dengan 3 medan yang dapat dilewati. Yaitu Eachine E016F, nah taukah anda ternyata beberapa brand lain juga sudah merilis drone yang serupa tapi tak sama. Kali ini JJRC yang juga mengeluarkan produk mirip seperti Eachine, oleh JJRC, drone ini diberi nama JJRC H36F Terzetto. Namun untuk mempersingkat, nanti ketika pembahasan akan admin akan memanggilnya dengan nama JJRC H36F saja supaya tidak terlalu panjang. Nah, lalu apa aja bedanya kalau dibandingkan dengan Eachine E016F? Dari sisi desain dan spesifikasinya bagaimana? Nah, itu semua akan coba kita ulas pada kesempatan kali ini.

Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones

Seperti yang sudah admin katakan tadi, drone ini memiliki nama pasar JJRC H36F. Drone ini memiliki ukuran yang sama seperti drone mini lainnya terutama yang desainnya mirip Eachine E010, yang dulu pada masanya laris karena mudah dan kuat dipasangi kamera FPV all in one 5.8GHz. Nah, motor yang digunakan masih sama brushed, dan propellernya pun masih menggunakan propeller 4 blade seperti desain originalnya. Hanya saja, di bagian kedua mesin belakang dari drone ini bisa dilipat sehingga menjadi motor pendorong ketika dia menjadi hovercraft. Nah, sama seperti Eachine E016F,  JJRC H36F ini juga bisa menjadi hovercraft yang dapat anda mainkan di lantai dengan permukaan halus, atau diatas permukaan air seperti danau atau kolam. Tidak disarankan untuk bermain hovercraft ini di sungai terutama dengan arus yang kencang, karena rawan sekali terbawa arus, dan drone ini tidak bisa melawannya.

Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones


Ketika jadi mode quadcopter pun, sebenarnya JJRC H36F lebih disarankan untuk terbang indoor saja, karena drone ini kecil dan ringan, serta tidak punya sistem untuk mempertahankan posisi ketika terbang. Drone ini jadi mudah sekali terbawa hembusan angin ketika terbang di luar ruangan. Maka dari itu, lebih baik terbangin JJRC H36F di dalam ruangan saja. Toh dia juga sudah dilengkapi dengan propeller protector di tiap motornya sehingga lebih aman ketika anda memainkannya didalam ruangan. JJRC H36F ini memiliki dua buah led yang masing – masing terletak di depan dan belakang. Berbeda dengan Eachine E016F yang hanya memiliki 1 buah LED tapi fungsional karena bisa membedakan kita sedang di mode apa. Nah, kalau di JJRC H36F ini LED berfungsi sebagai indikator biasa serta indikator ketika baterai mulai habis.


Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC H36F


Basic information Brand:JJRC
Item No:H36F
Scale: 1/20
Color:Blue
Age:14+
Power System Driving Mode:Four wheel drive
Transmitter Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Remote Distance:
30m in the air
15m in the water
15m in the ground
Battery:2X AA(not included)
Battery Vehicle Battery:3.7V  150mAh lipo battery(included)
Charging Time:About 60 minutes
Using Time:
Flying Mode:About 5-6 minutes
Land Mode:About 4 minutes
Water Mode:About 4.5 minutes
Other Product Material:ABS/PP
Product Weight:About 51g
Dimension Boat Size:14.4*9.9*3.9cm
Aircraft Size:8.5*8.2*3cm
Box Size:21.5*12.5*8cm


JJRC H36F menggunakan baterai universal yang mudah ditemui di toko – toko RC bahkan di indonesia. Baterai ini hanya memiliki kapasitas sebesar 150mAh saja, dan tegangannya tentu hanya 1S 3.7Volt. Dengan satu baterai ini, anda bisa bermain JJRC H36F kira – kira selama 4-5 menit, tergantung anda main di mode apa, dan bagaimana gaya anda ketika memainkan drone ini. Untuk mencari baterai cadangannya, seperti yang barusan admin bilang, sebenarnya mudah, hanya saja pastikan spesifikasi baterainya sama. Sukur – sukur kalau ketika membeli drone ini ada paket dengan ekstra baterai, sehingga anda bisa sekalian beli baterai cadangannya. Tapi ingat, ini drone masih pakai motor brushed, kalau dipakai kelamaan dia bisa overheat, dan kalau apes, bisa langsung mati motornya karena overheat. Jadi atur waktunya sebisa mungkin jangan sampai motornya overheat.

Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones


Transmitter yang digunakan pun masih sama seperti drone kecil lainnya, masih menggunakan style basic transmitter. Dengan ukuran yang kecil mungkin juga dimaksudkan supaya enak digenggam oleh anak – anak. Kalau sesuai tabel spesifikasi, dengan transmitter ini kita bisa bermain JJRC H36F dalam radius 30 meter ketika mode quadcopter, dan 15 meter ketika mode hovercraft. Transmitter kecil ini menggunakan dua buah baterai ukuran AA untuk bisa berfungsi. Penempatan tombolnya juga seperti kebanyakan remote yang bentuknya serupa, hanya saja disini tidak ada tombol dengan fungsi pengubah mode. Jadi baik drone ini di mode quadcopter atau hovercraft sama saja, tinggal on kan binding dan mainkan.


Seperti yang bisa kita tebak,  JJRC H36F tidak memiliki kamera. Karena tujuan awal dari drone ini memang bukan drone kamera. Namun drone untuk bermain dan mendapatkan kesenangan semata. Anda tidak perlu takut terjadi korsleting karena drone ini bisa dimainkan layaknya perahu RC. Karena PCB atau FCB drone ini sudah sepenuhnya diselimuti dengan bahan khusus sehingga kedap dan tahan air. Jadi anda bisa dengan santai bermain drone ini, atau menjadikan JJRC H36F sebagai hadiah untuk anak – anak.

Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones


Tiap pembelian drone JJRC H36F umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1X RC Terzetto(included the battery)
1X Transmitter
1X USB Charging Cable
1X Manual
2X Propeller



menurut admin,  JJRC H36F dan Eachine E016F memiliki beberapa perbedaan, seperti gabus yang menjadi penopang ketika menjadi hovercraft memiliki bahan yang berbeda, lalu disisi modenya juga berbeda, ketika dari eachine memiliki mode sendiri – sendiri dari hovercraft ke quadcopter. JJRC lebih memilih all in one, sehingga baik jadi hovercraft atau quadcopter, sama aja menggunakan mode yang sama sehingga lebih simple terutama untuk pemula.


Spesifikasi Drone  JJRC H36F Terzetto - OmahDrones


Untuk harganya juga cukup murah, di salah satu sumber yang menjual JJRC H36F ini hanya dibandrol sebesar 18USD saja atau kalau diubah ke kurs  rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 250 ribuan. Drone yang ukurannya kecil ini sebenarnya masih bisa juga di modif menjadi seperti TinyWhoop, karena pada dasarnya komponennya masih sama, namun pikirkan kalau mau nambah kamera FPV, anda harus bikin sambungan yang tahan air, supaya tidak korsleting nantinya.