Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS


Dalam perjalanan di dunia drone, merk – merk terkenal seperti DJI, Syma, Eachine, mungkin sudah sangat tidak asing ditelinga kita. Sebenarnya ada lagi yang tidak bisa diremehkan yakni Hubsan. Kalau kata admin, Hubsan mulai kelihatan ketika sedang laris – larisnya penjualan Mini Drone nya yakni Hubsan X4, yang dulu waktu masih popular sampai ada yang memodifikasi seperti membuat frame sendiri, mengganti lensa kamera built in nya, dan lain – lain. Kalau sekarang mah, drone seperti itu sayangnya sudah ditinggalkan, karena saking banyaknya drone – drone baru yang makin murah serta teknologi yang ditawarkan juga lebih hebat. Tapi sepertinya hubsan juga sudah mengetahui bakal terjadi seperti ini, maka dari itu bisa kita ketahui Hubsan mengeluarkan seri X4 yang lain, dari mini drone hingga semi professional.



Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones

Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, sebenarnya juga masih keluarga hubsan X4. Tapi dengan spec lebih mantep dan ukuran yang lumayan besar. Namanya adalah Hubsan H501S, sebenarnya ini adalah versi pertama karena sesudah Hubsan H501S diluncurkan, beberapa waktu kemudian Hubsan memilih memberikan drone ini controller yang lebih tinggi, sehingga jarak jangkauan terbangnya bisa lebih jauh. Versi standarnya bernama Hubsan H501S, dan kalau versi professionalnya bernama Hubsan H501SS (double S). perbedaanya hanya terletak di controllernya saja, kalau versi professional, controllernya besar dan terlihat kompleks daripada versi standar. Drone ini sudah dilengkapi dengan GPS juga, jadi drone ini bisa mempertahankan posisi ketika ia terbang diudara, selain itu untuk mesinnya, Hubsan H501S menggunakan motor brushless KV1650 dan ESC 12A di tiap lengannya, dengan motor ini tenaga yang dihasilkan bisa optimal dan tentunya bisa mengangkat drone ini dengan memuaskan.


Tak Cuma itu, Hubsan H501S juga dilengkapi dengan fitur yang lebih advanced seperti tentunya karena adanya GPS, dia tentu memiliki fitur Return to home and landing. Sangat berguna ketika drone ini kehilangan koneksi dengan controller, saat baterai mulai menipis, atau tentu ketika anda suruh pulang secara langsung. Untuk fitur lain sesuai yang di terakan oleh Hubsan bisa dilihat dibawah ini:
- 5.8G FPV with 1080P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
- Built-in GPS(Universal version) positioning system, the accurate positioning location, perfect advanced follower.
- With Brushless motor.
- WIth Follow me function,headless mode,one key return.
- The intelligent battery with large capacity extends the flying time last to 20 minutes.
- Flying both indoor and outdoor.


Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones


Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS



Brand Name: Hubsan
Item NO.: H501S
Item Name: Hubsan X4 brushless FPV 1080P camera GPS RC quad-copter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Motor (x4): Brushless KV1650 PM1806 x4
ESC: brushless 12A x4
Charging time: About 150mins
Flying time: About 18 - 20mins
Control distance: About 300m
Quad-copter battery: 7.4V 2700mAh Li-Po 105g
Transmitter battery: 4 x 1.5V AA battery (not included)
Weight (including the battery):410g
Size: 220*220*70mm
Package Weight: 1.7 kg
Package Size: 34 x 15 x 32 cm
Maximum Flight radius: 300m (Standard Version) 300-500m(Professional Version)
5.8G wireless video transmission distance: 300m (Standard Version) 300-500m (Professional Version)
Memory card: 4G TF card. Class 10
Max support: 8-32GB
Color: Golden White, Golden Black



Untuk baterai yang digunakan oleh Hubsan H501S juga tergolong besar. Dengan tegangan 7.4Volt, dan kapasitasnya sebesar 2700 mAh. Dengan satu baterai saja anda bisa menerbangkan Hubsan H501S hingga selama 20 menit. Untuk menambah lama terbang, anda bisa beli baterai yang spesifikasinya sama, karena baterai untuk drone ini bukanlah tipe proprietary alias paten. Baterainya universal, yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi baterai dan konektornya, kalau sama semua, tentu bisa menjadi baterai cadangan untuk Hubsan H501S. dengan adanya baterai cadangan, tentu anda bisa terbang lebih lama. Untuk chargernya, untungnya tidak seperti beberapa drone berbaterai 2S yang menyertakan charger dengan interface USB. Hubsan H501S ini dibekali balance charger dengan adaptor yang bisa langsung anda colok ke colokan listrik dirumah. Dengan charger model seperti ini, kalau kata admin lebih pas dan lebih puas. Karena pengisian baterai mulai dari tegangan dan arusnya lebih terjamin daripada menggunakan interface USB yang hanya memiliki tegangan 5Volt.

Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones


Untuk controllernya, inilah yang menjadi pembeda antara Hubsan H501S Standar dengan professional. Apabila anda beli Hubsan H501S Standar. Anda akan mendapatkan controller persegi yang ukurannya lebih minimalis namun tetap terlihat elegan. Dengan controller ini, jarak maksimal yang bisa anda capai ketika menerbangkan Hubsan H501S adalah 300 meter. Namun apabila anda beli versi professional, anda akan mendapatkan controller yang besar, dan terlihat seperti remote drone penembak (hahaha) bentuknya sangat kompleks dan super keren, ditambah antenna yang akan menambah jarak jangkauan mencapai 500 meter. Nah, kedua controller ini sudah memiliki monitor built in, jadi anda tidak perlu menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV. Selain itu didalam interface monitornya juga akan terlihat semua informasi dan telemetri dari drone dan controller itu sendiri. Jadi anda bisa melihat status dan kondisi drone dalam satu layar.



Kedua remote ini juga sudah memiliki GPS. Jadi ketika mengaktifkan follow me, otomatis drone akan memutar badannya untuk menghadap ke remote, lalu mengikuti remote kemanapun ia pergi. Alias dia mengikuti GPS di remote yang bergerak bersama diri anda, sebenarnya ini sama saja dengan follow me ketika anda menggunakan Wifi FPV dengan smartphone. Drone akan mengikuti GPS pada smartphone anda. Kalau GPS nya mati, ya anda tidak bisa menggunakan fitur follow me. Tapi dengan Hubsan H501S, anda tidak perlu smartphone lagi untuk terbang FPV.

Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones


Kamera yang ditanamkan pada Hubsan H501S memang kamera built in, tilt angle nya tidak bisa diatur baik manual atau dari remote. Jadi hanya punya 1 sisi angle saja dia. Maka dari itu kalau ingin mengambil foto atau video, anda harus pintar – pintar memposisikan drone nya. Untuk FPV nya, Hubsan H501S ini menggunakan sinyal analog FPV 5.8GHz, jadi apabila anda memiliki FPV Goggle favorit sendiri, bisa anda pakai tentunya. Atau kalau anda punya FPV Goggle merk hubsan dengan konektor bisa juga di hubungkan melalui FPV connector di samping remote, jadi tampilan pada layar remote bisa langsung muncul ke Goggles anda plus dengan semua informasi yang tertera di layar.



Hubsan H501S dan H501SS ini bukan sembarang drone yang sesudah dibeli ya begitulah hanya bisa dinikmati saja. Drone ini juga punya layanan aftermarket, seperti firmware yang bisa anda update seiring adanya firmware baru dari hubsan.

Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones


Ketika pembelian drone Hubsan H501S atau H501SS, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1x Hubsan X4 Brushless H501S RC Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
1x Charger
4x Blade



Kalau menurut admin, apabila punya dana lebih pun drone Hubsan H501S ini lebih baik beli versi standarnya saja. Mengapa? Kalau membeli versi professional pun video yang akan anda dapatkan juga akan banyak jello, mengingat drone ini belum punya gimbal mekanik, ataupun EIS alias Electronic Image Stabilizer yang bisa membuat hasil video rekaman menjadi lebih halus. Versi standar juga sudah cukup bagus meski anda tidak memiliki FPV Goggles, anda sudah mendapatkan layar FPV di remotenya.

Spesifikasi Drone Hubsan H501S dan H501SS - OmahDrones


Untuk harga yang ditawarkan di beberapa situs marketplace online skala internasional. Hubsan H501S yang versi Standar dihargai sebesar 200 USD atau sekitar 2.8 jutaan. Apabila anda beli versi professional, di marketplace tersebut harganya menjadi 227USD atau setara dengan 3.2 jutaan. Terlalu mahal untuk drone Brushless GPS dan FPV 5.8GHz? admin rasa tidak terlalu, mengingat baterainya juga lumayan besar jadi dengan 1 baterai pun sebenarnya bisa puas terbang sambil FPV an.