Spesifikasi Drone Eachine E32HW


Coba lihat ada berapa banyak drone FPV untuk pemula terlebih di waktu – waktu sekarang (bisa lihat tanggal postingan dibuat hihihi). Hampir semua drone yang dikatakan murah, sekarang sudah punya fitur – fitur dasar seperti sudah memiliki kemampuan altitude hold. Ditambah dengan beberapa fungsi pendukung ketika bermain drone seperti one key take-off dan landing. Meski begitu, kalau anda mau mencari drone yang manual sebenarnya juga ada sih, Cuma saking banyaknya merk atau brand dan tipe drone, anda nanti mungkin juga mengalami penawaran – penawaran baik dari iklan atau biasanya suggest ketika anda nyari – nyari di online marketplace. Kalau mencari yang merknya bagus, cari saja brand yang dia memang memiliki rating bagus di dunia RC, misal Syma di RC Terbang, lalu WLToys yang terkenal di RC Kapal meski mereka juga membuat mobil, pesawat dan copter juga.



Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones

Dan tentu jangan lupa Eachine. Eachine bisa dibilang spesialis Copter, sebab kalau dilihat dari koleksi drone yang sudah dirilis, Eachine memiliki banyak sekali varian, mulai dari manual pemula, hingga kelas racing. Selain itu, Eachine juga memnjual sparepart official seperti baterai, frame, propeller, hingga motor juga. Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini bukanlah sebuah drone special dari Eachine kalau admin bilang. Karena kita akan membahas drone mainan lagi, kali ini yang akan kita bahas adalah Eachine E32HW. Kalau sudah familiar di nama seri drone istilah “HW” pasti sudah tidak asing kan, yakni memiliki kemampuan Altitude Hold serta Wifi-FPV.



Eachine E32HW yang masih tergolong mainan memang sangat cocok untuk menjadi sebuah hadiah, pasalnya drone ini tidak memerlukan perlakuan yang lebih seperti beberapa drone yang memiliki kamera di bagian bawahnya, kita harus memasangnya sendiri. Tapi di Eachine E32HW kita benar – benar diberi drone yang simple to use, alias mudah digunakan, asik dimainkan dan yang terpenting tetap keren. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
* With Altitude Hold Mode function provides stable flight
* Built in 720P camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
* A key 360° roll, continuous roll for perfect action and wonderful performance.
* With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying.
* With one key return function, makes it easily to find the way home.
* 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360° 
* With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.


Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones


Spesifikasi drone Eachine E32HW

Brand name: Eachine
Item name: Eachine E32HW RC Quadcopter
Frequency: 2.4G   
Channel: 6CH
Product battery: 3.7V 550mAh (Included)
Charging time: 80mins
Flying time: 8mins          
R/C Distance: 50-80m
Camera: 720P
Product size: 31.5×31.5×6cm
Package size: 42.5x24.5x10.5cm
Transmitter: Mode 2
Color: Black/White



Di bagian baterainya, Eachine E32HW ini dibekali dengan baterai bertegangan 3.7 Volt alias 1S, dengan kapasitas sebesar 550mAh. Dengan baterai ini, anda bisa terbang selama kira – kira 8 menit sekali terbang 1 baterai. Kalau anda memiliki baterai cadangan, tentu anda bisa terbang lebih lama, namun alangkah lebih baiknya kalau tiap ganti baterai, istirahatkan drone dulu selama kira – kira 15 menit. Mengingat Eachine E32HW menggunakan motor brushed, kalau terlalu panas akibat terlalu lama digunakan dalam satu waktu nanti motor bisa aus dan tidak bisa digunakan lagi. Daripada anda harus mengganti motornya, lebih baik merawat motornya supaya awet kan ya. Sedangkan untuk charging atau pengisian ulang baterainya, anda akan mendapatkan kabel USB khusus untuk charge baterai ini, dan saran admin, gunakan USB Wall Charger seperti untuk charge smartphone, supaya pengisian baterai lebih optimal.

Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones


Remote yang digunakan oleh Eachine E32HW juga menggunakan remote yang besar, serta interfacenya juga sederhana. Hanya saja di bagian tombol fungsi tidak memiliki icon atau label sehingga anda harus menghafal sendiri fungsi dari tiap tombol melalui manual booknya. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan Eachine E32HW dalam radius sejauh 80 meter, dan ingat, drone ini meski sudah altitude hold, dia masih bisa terbawa angin ketika ada angin berhembus, jadi saran admin, bermainlah ketika cuaca sedang bagus, dan tidak ada angin yang sering berhembus. Kalau tiba – tiba ada angin, sesegera mungkin lebih baik mendaratkan drone daripada nanti fly away karena anda panic. Bagian lain yang dapat dipasang pada remote ini adalah phone holder untuk memasang smartphone sebagai monitor FPV.

Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones


Kamera yang terpasang pada Eachine E32HW memiliki tipe built in, dia sudah include di dalam bodynya, jadi yang nongol hanya lensa kameranya. Bagi beberapa orang tipe seperti ini tidak bagus karena kita tidak bsia mgngatur anglenya, tapi mengingat lagi kalau drone ini drone mainan, justru dengan desain seperti ini akan menjadi lebih simple to use, tidak perlu repot – repot lagi ketika persiapan untuk terbang. Nah, dengan kamera ini anda bisa mendapatkan video dan foto dalam resolusi 720p. sudah cukup bagus untuk sebuah drone mainan. Wifi yang digunakan untuk FPV juga masih dengan frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menikmati FPV dengan drone ini.


Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Eachine E32HW anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine E32HW RC Quadcopter
1 x Battery
1 x USB Charger
4 x Propeller
1 x Transmitter
1 x Screwdriver
1 x Phone Holder
1 x Protective Cover Set
1 x User Manual



Menurut admin, Eachine E32HW ini memang cocoknya dijadikan sebagai hadiah untuk anak, atau kalau anda sendiri tertarik tentu bisa aja membelinya. Tapi sesudah admin bahas diatas, anda tau kan bagaimana kemampuan drone Eachine E32HW ini. Bentuk yang simple dan tidak perlu banyak setting, Eachine E32HW bisa menjadi drone mainan yang pas untuk anak – anak diatas 14 tahun yang sudah bisa diajari cara menerbangkan drone. Tetap utamakan keselamatan, kalau perlu baca juga tips aman menerbangkan drone yang pernah admin buat beberapa waktu silam.


Spesifikasi Drone Eachine E32HW - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, Eachine E32HW ini dibandrol sebesar 69USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini itu setara dengan 900 Ribuan. Sebagai drone mainan Wifi FPV Eachine E32HW juga termasuk ke dalam drone dibawah satu juta. Tapi harga yang barusan admin sebutkan terdapat di beberapa situs online marketplace internasional. Kalau di pasar lokal ada yang jual lebih mahal atau bahkan lebih murah, tentu sah – sah saja sebenarnya karena semua tergantung penjualnya kan.