Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014


Drone ukuran kecil memiliki beberapa keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan drone ukuran besar. Seperti yang jelas – jelas terlihat, mulai dari ukurannya, ukuran yang kecil membuatnya mudah di simpan, tidak seperti drone ukuran besar yang membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, ketika bepergian, drone berukuran kecil atau enaknya disebut mini drone juga lebih mudah dibawa, karena ukurannya yang hemat tempat juga tentunya, bahkan ada beberapa mini drone yang disebut pocket drone, karena sifatnya yang mudah dibawa bahkan tinggal masukkan saja ke dalam saku. Sudah ada banyak drone yang memiliki desain portable, biasanya pocket drone memiliki desain dengan frame memutar sekaligus melindungi propeller supaya ketika dibawa, bisa menghindari kejadian yang tidak diharapkan seperti propeller yang kegencet atau hal buruk lainnya.

Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones

Seperti drone kecil yang akan kita bahas kali ini, yakni Eachine Windmill E014, drone ini sekilas memang mengingatkan admin dengan drone serupa bentuknya namun dengan ukuran yang lebih besar. Tapi sekarang kita coba untuk bahas Eachine Windmill E014 ini saja, bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya. Untuk mesin yang digunakan dia masih menggunakan motor brushed, dengan desain frame yang sudah include protector untuk ke 4 propellernya, membuat Eachine Windmill E014 bisa juga disebut pocket drone, anda bisa dengan mudah membawanya ketika pergi tanpa butuh tempat yang besar.



Drone ini pun kecil – kecil memiliki fitur yang bisa dibilang belum banyak drone sekelasnya yang memilikinya. Contohnya, drone dengan ukuran 7 x 8 cm ini selain sudah altitude hold, dia juga sudah dilengkapi dengan sensor optical flow. Jadi ketika terbang, dia bisa mempertahankan posisi dengan melihat citra permukaan dibawahnya untuk dijadikan patokan. Sehingga meski ada angin yang harusnya bisa membuat drone ini bergeser, setidaknya drone bisa melawan angin dengan tetap terus berusaha mempertahankan posisinya. Berbeda dengan drone altitude hold biasa yang akan langsung terseret ketika menerima hembusan angin. Selain itu fitur unik dari drone ini adalah fitur toss to fly. Tinggal tekan tombol on, lalu tekan lagi sekali, maka propeller akan berputar dan disitu anda bisa “lempar” drone kecil ini di udara, maka dia akan langsung terbang. Unik kan.?

Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones


Tak Cuma itu, optical flow sensor yang tertanam di Eachine Windmill E014 juga bisa anda pilih, mau on atau off ketika terbang, jadi misalkan anda terbang di area yang tidak ada hembusan angin, misal terbang indoor, anda bisa mematikan optical flow sensornya melalui remote.



Spesifikasi Eachine Windmill E014

Description:
Brand Name: Eachine 
Item Name Windmill E014 RC Quadcopter
Weight (Include Battery): 34g
Dimensions: 88*75*29.2mm
Flight time: 5 minutes
Frequency:  2.4Ghz
Positioning system: Optical flow technology, barometer
Remote Control distance: 50m
Image transmission distance: 30m
Hover Accuracy:
Vertical: +/-0.2 meters (Optical flow technology)
Horizontal:+/-0.2 meters (Optical flow technology)
Battery:
Battery :1S/300mAh/3.7V
Charging port:USB port
Charging time:30 minutes
Camera:
Pixel :1 magapixel 
Photo Pixel:1280*720 pixels
Video Resolution:720p@25fps
Camera Pitch Limit:no moving 
Photo Shooting Mode:Delay Timer: 3, 6 seconds
                                        Burst Shot: 3/6/9 Images
Media Storage Format: Photo: JPEG
                                          Video: MP4 AVC/H.264
Package size: 107x95x52mm
Feature:
- Pinpoint position with optical flow technology 
- Flight path presetting                                                  
- Gravity sensor 
- 3D flips & rolls
- Easy to share to social media channels 
- Normal mode and expert mode with 3-level flight speed 
- Hand tracking  
- One key take off / land  
- Delay shot and burst shot 
- Throw it up then hover automatically 


Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones


Dalam pembelian, anda juga akan mendapatkan remote fisik seperti gambar diatas, bentuknya sih sudah bagus, tapi justru kalau dengan membawa remote ini ketika bepergian, anda tentu perlu space lagi karena ukurannya lumayan besar. Meski begitu, anda bisa saja terbang tanpa menggunakan remote ini, seperti kebanyakan drone selfie, Eachine Windmill E014 juga bisa diterbangkan langsung menggunakan aplikasi. Nah, remote ini juga memiliki tombol – tombol fungsi yang bisa anda akses ketika menerbangkan Eachine Windmill E014. Bagusnya lagi, tiap tombolnya sudah diberi label berupa icon yang bisa mempermudah anda ketika menghafal tiap fungsi tombolnya. Sedangkan untuk jangkauan remotenya, seperti mini drone pada umumnya, anda tidak disarankan untuk terbang jauh – jauh, lagipula dari pabrik biasanya juga sudah di siasati dengan menyertakan controller low range. Seperti controller untuk Eachine Windmill E014 ini dia bisa menjangkau dalam radius 50 meter saja. Jadi jangan pernah menerbangkan mini drone jauh – jauh.



Baterai yang digunakan oleh Eachine Windmill E014 ini juga berukuran kecil, dia hanya berkapasitas 300mAh dan bertegangan 3.7Volt alias Li-Po biasa. Baterai ini pun sudah tertanam menyatu dengan FCB drone nya. Jadi tidak bisa di lepas pasang secara leluasa. Itu artinya, apabila baterai ini sudah drop dan minta diganti, anda harus membuka body drone nya lalu replace dengan baterai yang baru, biasanya butuh keahlian soldering karena baterai terhubung langsung dengan board drone. Untuk lama terbangnya, mengingat Eachine Windmill E014 hanya memiliki baterai berkapasitas kecil, dan dia harus menghidupi banyak komponen termasuk optical flow sensor. Lama terbangnya jadi sangat terbatas. Dalam tabel spesifikasi, Eachine Windmill E014 tercatat bisa terbang hingga 5 menit, namun dalam praktiknya, rata – rata kita hanya bisa terbang sekitar 4 menit saja karena tentu sebenarnya lama terbang itu dipengaruhi juga dengan cara terbang anda.

Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones


Eachine Windmill E014 juga dilengkapi dengan kamera, memang tidak sebagus pocket drone yang mahal, tapi dengan lensa 1MP, anda sudah bisa mendapat foto dan video dengan resolusi 720p. Frame rate videonya pun juga sudah 25fps. Jadi hasil videonya sudah cukup lembut dan tidak patah – patah. Kalau hasilnya patah – patah, mungkin itu karena koneksi FPV nya yang buruk. Karena drone ini tidak memiliki microSD, sehingga video dan foto yang anda ambil akan langsung tersimpan di memory smartphone anda, sehingga akan ada potensi mengalami lag pada video akibat frame dropping dan freezing biasanya.

Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones


Tiap pembelian drone Eachine Windmill E014, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
Package Included:
1 x RC Quadcopter
1 x 3.7V 300mAh 1S Battery
1 x USB Wire (Android version)
4 x Propellers
2 x Control Sucker
1 x User Manual



Ada lagi yang unik dari drone ini yakni anda bisa mendapatkan analog untuk ditempel pada layar smartphone anda, jadi meski tanpa controller fisik, anda bisa menempelkan analog untuk bisa menerbangkan drone ini secara halus, menggunakan analog add on yang anda tempelkan pada smartphone anda.

Spesifikasi Drone Eachine Windmill E014 - OmahDrones


Menurut admin, kalau untuk sebuah pocket drone, mungkin lebih baik eachine menggunakan desain body remote yang lebih simpel dan sama – sama bisa dikantongin. Kalau seperti ini, kita seakan lebih disuruh terbang dengan smartphone ketika bepergian kalau membawa remotenya terlalu ribet. Sebenarnya untuk unit dronenya sudah cukup bagus karena hingga admin menulis artikel ini, hanya ada sedikit drone sekecil ini yang sudah dilengkapi dengan optical flow sensor.



Sedang untuk harga kisarannya, tentu Eachine Windmill E014 masih tergolong dalam drone dibawah satu juta. Di beberapa marketplace internasional dia dibandrol sebesar 46 USD atau setara dengan 600 Ribuan. Admin rasa drone ini juga cocok untuk terbang indoor, di ruangan yang tidak akan terganggu oleh angin luar, anda bisa menon aktifkan optical flow sensornya, sehingga harusnya bisa menambah lama terbang dari drone ini.