Spesifikasi Drone Eachine E013 Plus


Drone acro mungkin bagi yang masih pemula di dunia drone masih belum terlalu popular, namun ketika seorang sudah tau apa itu drone acro, bisa jadi yang belum tertarik malah jadi jauh lebih tertarik dengan drone acro. Mungkin karena tantangannya yang super manual, atau memang suka acro dari lahir hahaha. Namanya pemula, kalau langsung beli drone acro yang sebenarnya pasti pikir – pikir dulu kan ya, terlebih kalau kondisi keuangannya seperti admin hiks hiks. Takutnya nanti sudah beli drone acro yang sebenarnya, malah tidak jadi suka acro karena beberapa alasan, meski banyak drone acro juga bisa diterbangkan dalam angle mode atau seperti drone pada umumnya. Kebanyakan drone acro juga tentu bentuknya beda dari drone angle pada umumnya, Karena kadang drone acro juga digunakan untuk racing daripada freestyle, terutama drone acro yang desainnya memanjang jadi mirip – mirip drone racing.



Kali ini, admin mau kasih tau nih drone acro yang bisa anda jadikan untuk bahan “coba – coba” karena harganya juga tidak terlalu mahal, dan ukurannya tidak terlalu besar. Kali ini mau bahas drone buatan Eachine, jadi bukan brand baru di dunia drone dan kalau mau ngulik, Eachine bisa dibilang punya koleksi drone lengkap, mulai dari drone manual untuk belajar, drone acro, drone racing hingga drone semi professional pun dia sudah merilisnya. Kali ini yang akan kita bahas adalah drone Eachine E013 Plus. Drone ini adalah versi baru dari E013 yang sebelumnya banyak yang kecewa karena tidak sesuai ekspektasi. Maka dari itu keluarlah E013 Plus yang masih termasuk mini drone, atau kalau mau anda sebut micro drone juga boleh karena ukurannya memang kecil. Tapi si kecil ini dinobatkan sebagai drone acro dan disarankan untuk para pemula yang sedang ingin belajar drone acro.



Eachine E013 Plus ini memiliki beberapa fitur yang unik untuk sebuah drone acro, seperti punya 3 mode terbang yakni angle biasa, angle expert, dan full acro. Jadi tidak semena – mena drone acro Cuma punya 1 mode terbang aja nih. Tak Cuma itu yang menarik, ada lagi yakni anti-turtle mode, jadi ketika drone jatuh dan kebalik, anda bisa pakai mode ini maka propeller akan berputar terbalik sehingga drone akan muter dan tidak kebalik lagi, anda bisa take off lagi tanpa harus membalikkan drone dengan tangan anda. Selengkapnya mengenai fitur Eachine E013 Plus bisa dilihat dibawah ini.
Features:
- 5.8G real time FPV image transmission with 1000TVL camera and VR006 goggles provides you real excellent flight experience.
- Bands and channels of 5.8G real time FPV can be change by transmitter directly.
- New Anti-Turtle mode allows you to turn the drone to upright by one key and takeoff normally when the drone crushed down and inverted to reverse side.
- Acro/Rate Mode. Control only by manual operation, you could fly airline what you want.
- 3 Flight Mode. Hover mode, Normal mode, Manual mode.
- One key take-off and landing can be achieved with the remote control, and novices can easily control it.
- FPV 25mw/0.01mw switchable. The power rate could be switched to avoid the affection to other drones when flying.
- Emergency stop remind, protect the drone from any potential damages.
- With low power protection overcurrent protection.
- Strong power system with 8520 brush motors 4-blade props.



Spesifikasi Drone Eachine E013 Plus



Aircraft
Brand Name: Eachine
Item NO.: E013 Plus
Size: 104x115x43mm
Weight: 48g
Color: Red, White (Optional)
Material: PP
Gyro: 6-Axis
Remote Control: 2.4G
Image Transmission: 5.8G
Motor: 8520 Brushed
Battery for Quad-copter: 3.7V  500mAh  25C Li-Po (Included)
Battery for Remote Control: 3 * AAA battery (Not Included)
Charger: USB/700mah
Flight Time: 5mins
Control Distance: 120m


Camera
Lens: 1000TVL M7
Frequency: 5.8G
Frequency Point: 48CH
Transmission Rate: 0.01mW/25mW (The power rate could be switched to aviod the affection to other drones when flying.)
Sensor: 1/3 "CMOS
View Angle: 120°FOV    150°DFOV
Image Format: NTSC

Frequency Control:
Press Once: Channel Switch
Press 1.5s: Band Switch
Press 3s: Change the power rate output.
- Band Switch: Press the B+ button once, it change to next band when you operate the transmitter.
- Channel Switch: After select one band, press the C+ button once, it will change to next channel. The image come out shows the connection is ok.


VR006 Goggles (Optional)
Size: 138*129*79mm (without antenna)
Weight: 164.7g
Display: 3 inches
Resolution: 500*300 pixels
Antenna Connector: RP-SMA
Working Voltage: 1S Battery (3.7-4.2v)
Working Current: 350-450mA
Receiving Sensitivity: -95dBM
Build-in Battery: 500mAh 3.7V
Working Time: 5mins




Baterai yang digunakan Eachine E013 Plus tentu juga harus berukuran kecil, seperti drone kecil buatan eachine yang lain, Eachine E013 Plus dibekali dengan baterai yang bentuknya memanjang, dengan tegangan 3.7 volt dan kapasitasnya sebesar 500 mAh. Dengan 1 baterai anda bisa terbang setidaknya 5 menit, dan ketika pembelian, anda bisa memilih paket dengan 1, 2 atau 3 baterai. Tapi kalau mau terbang terus menerus, paling tidak perhatikan tingkat kepanasan motornya, karena Eachine E013 Plus masih menggunakan motor brushed, ancaman paling sering adalah overheat, ketika motor terlalu panas, maka motor akan mati dan tidak bisa digunakan lagi. Artinya anda harus mengganti motor tersebut agar drone bisa terbang lagi, meskipun eachine juga sepertinya sudah berjaga – jaga dengan memilih motor ukuran 8520 yang tergolong mudah ditemukan di pasaran. Untuk charging baterainya, anda hanya mendapatkan 1 buah charging port yang bisa anda pasang menggunakan USB Wall Charger pilihan anda.



Di bagian transmitternya, mungkin kalau admin rasa bentuknya sudah cukup bagus untuk sebuah drone untuk pemula. Dapat dilihat dari peletakan tombolnya yang rapi dan juga sudah memiliki label berupa icon, sehingga mempermudah pilot untuk menghafal tiap fungsi tombolnya. Dengan transmitter ini, biasanya anda hanya bisa menerbangkan drone dalam jangkauan antara 80 – 100 meter, tergantung dimana anda menerbangkannya, apakah ada interferensi sinyal atau tidak. Mengingat ini drone kecil, lebih baik menerbangkannya di tanah lapang supaya mudah mengontrolnya, karena meski anda nanti FPV an, mengingat sebagai pemula tentu tetap lebih baik terbang di area terbuka. Di bagian atas remote juga bisa anda pasang FPV holder, yang bisa anda pasangi monitor FPV anda apabila sudah punya. Kalau belum punya anda bisa membeli FPV Goggle ketika pembelian drone Eachine E013 Plus.



Namun, dari beberapa rekomendasi, lebih baik kalau beli drone ini anda tidak perlu beli FPV Goggle nya, lebih baik sisihkan sedikit lagi uang dan beli FPV Goggle Eachine yang lain malah sudah dapat yang lebih bagus lagi.



Karena kamera dari Eachine E013 Plus ini juga sudah tergolong bagus. Jadi lebih baik menggunakan FPV Goggle yang bagus juga kalau ingin menikmati FPV yang maksimal. Kamera Eachine E013 Plus ini memiliki spesifikasi 1000TVL dengan lensa wide angle, memiliki 38 channel dan menggunakan frekuensi 5.8GHz analog. Jadi beda sama Wifi 5G. kita tidak bisa FPV menggunakan smartphone, karena sinyal analog jadi perlu FPV monitor atau FPV Goggles dengan Receiver 5.8GHz. ada beberapa Goggles yang memiliki DVR sehingga anda bisa rekam dari Gogglesnya, tapi di Eachine E013 Plus ini anda sudah dapatkan DVR di kamera dronennya, jadi anda bisa simpan langsung video terbang anda dari drone dan mendapatkan hasil video asli tanpa gangguan seperti ketika anda merekam melalui FPV monitor atau Goggles anda. Fitur special disini adalah, ketika ingin mengganti channel atau frekuensi kamera FPV, anda tidak perlu tusuk – tusuk button pada kamera lagi, karena anda bisa menggantinya melalui tombol yang ada di remote control, mudah kan? Tinggal tekan aja.



Umumnya ketika pembelian Eachine E013 Plus, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x E013 Plus Quadcopter
1 x Remote Control
1 x Monitor Holder
1 x 3.7V 500mAh Lipo Battery (Battery Quantity Optional)
1 x USB Charger
4 x Spare Propeller
1 x Goggles (Optional)
1 x Straight pole antenna (Optional)
1 x Goggles Charging Cable (Optional)
2 x Cloth (Optional)
1 x Screwdriver



Untuk sebuah drone acro yang di desain untuk pemula, admin rasa Eachine E013 Plus bisa dijadikan drone untuk latihan, mengingat ukurannya kecil, perawatannya juga tergolong mudah karena sparepartnya bisa menyesuaikan. Selain itu sudah ada DVR di kameranya pula. Berbeda kalau anda membuat Whoop anda sendiri pakai Eachine E010 misalnya, anda tidak bisa pakai kamera ber DVR karena nanti akan menambah berat beban drone. Kalau di Eachine E013 Plus, emang sudah dirancang dari Eachine nya jadi tinggal pasang microSD saja di kameranya.



Untuk harganya, di beberapa marketplace berskala internasional, Eachine E013 Plus ini dibandrol sebesar 76 USD atau setara dengan 1 jutaan lah apabila diubah menggunakan kurs pada saat admin menulis artikel ini. Bagi admin harganya masih tergolong mahal ya, huhu. Tapi itu harga full dengan 3 baterai dan dengan Goggles, kalau anda beli tidak dengan goggles nya tentu harganya bisa jadi lebih murah.