Spesifikasi Drone Eachine E61HW si Micro FPV


Tempat atau kawasan yang cocok untuk bermain drone jenis copter memang lebih disarankan pada tempat terbuka yang luas serta minim interferensi sinyal. Tetapi, tempat untuk terbang itu kadang menjadi sebuah masalah karena kadang di dekat rumah kita tidak ada tempat yang cocok untuk bermain drone. Seperti apa yang terjadi pada admin dulu di kampung admin, depan rumah ada tanah lapang yang lumayan enak untuk bermain drone. Admin sering menghabiskan waktu luang untuk mereview dan mencoba drone serta menguji coba drone punya orang yang admin servis. Kan enak, habis servis langsung tes flight di depan rumah. Tapi semua tak berselang lama ketika yang punya tanah langsung mendirikan rumah tinggi – tinggi di tanah tersebut. Ya emang bukan tanah admin sih, jadi admin gabisa apa – apa, hahaha.


Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones


Malah jadi curhat kan, tapi sebenarnya kalau memiliki masalah seperti itu, ada salah satu solusi yang bisa digunakan, yakni dengan mengganti drone dengan mini drone, karena drone standar ukurannya besar sehingga enaknya diterbangkan outdoor, sedangkan apabila anda pindah ke mini drone, anda bisa terbang didalam rumah kalau memang bisa. Karena ukurannya lebih kecil dan tentu biasanya juga sudah mendapatkan propeller protector baawaan yang memang dirancang untuk drone terbang indoor. Jadi dengan ukuran yang kecil, anda bisa bermain drone diruang tamu, lalu bagi anda yang pemula, bisa latihan dirumah tanpa harus keluar rumah panas – panasan.



Yang akan kita bahas kali ini adalah drone dari Eachine. Mini drone yang admin masuk adalah Eachine E61HW. Drone ini ukurannya mini, namun kalau anda perhatikan si kecil ini mengusung body yang mirip dengan DJI Mavic Air. Iya kan? Nah, drone ini menggunakan motor brushed dan seperti mini drone lainnya, dia tidak pakai gearbox, jadi perawatannya juga lebih mudah karena tidak perlu bersihin gearbox. Selain sudah Altitude Hold, Fitur bawaannya juga sudah standar drone altitude hold pada umumnya, seperti one key take-off/landing, headless mode, one key return, dan selengkapnya bisa anda baca dibawah ini.
Features:
- With altitude hold mode function (Only E61HW the camera version has) provides stable flight.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying .
- One key takeoff and landing.easing the complexity of operation for new beginners.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- With 0.3MP camera (E61HW) FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.
- Large capacity battery 3.7V 250mah, easy to plug-in battery structure, longer battery life up to 8mins, easy installation.
- USB high-speed charging, battery with protection board, when fully charge automatic power off;
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones



Spesifikasi Eachine E61HW

Brand Name: Eachine
Item NO.: E61 / E61HW
Material: ABS plastic and electronic components
Color: White,Black,Red,Blue (Optional)
Version: E61- Standrad Version without camera, E61HW - with 0.3MP Camera (Optional)
Gyro: 6-axis
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Motor: 615 Brushed Coreless Motor
Battery: 3.7V 250MAH Lipo Battery (Included)
Transmitter Power: 3 x AAA Battery (Not Included)
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Flight Time: about 7-8 minutes
Charging Time: 45 minutes
FPV Distance: 50m (No Interference)
Control Distance: 100m
Camera: 0.3MP (Only E61HW has)
Altitude Hold Mode: Only E61HW has
Wheelbase: 8.5cm
Quadcopter Size: 11x11x3cm (with Props Guard)
Quadcopter Weight: 31g
Package Size: 14x18x5.5cm
Package Weight: 250g(E61), 280g(E61HW)



Sebagai mini drone, dia tentu menggunakan baterai 1S, karena itu sudah cukup. Dengan tegangan 3.7Volt dan kapasitasnya sebesar 250mAh. Dengan 1 baterai anda bisa terbang selama 5 – 6 menit. Ketika pembelian, anda bisa memilih paket dengan 1, 2 atau 3 baterai. Lagi, apabia anda beli dengan baterai ekstra, anda bisa terbang lebih lama, namun tetap ya, tiap ganti baterai jangan langsung terbang, tapi sesudah copot baterai yang sudah habis, diamkan drone dulu sekitar 10 – 15 menit, supaya motornya bisa cooldown, supaya tidak cepat rusak karena overheat mengingat dia menggunakan motor brushed yang mudah sekali rusak apabila overheat. Maka dari itu jangan tuman 3 baterai langsung anda habiskan dalam satu waktu. Untuk charging method nya, anda akan mendapatkan kabel micro USB karena di baterai Eachine E61HW ini menggunakan port micro USB sebagai interface charger nya. Lebih mudah karena apabila anda kehilangan kabel bawaan, anda sebenarya juga bisa memakai kabel micro USB biasa lalu mengisi baterai ini sekitar 45 menit pasti sudah penuh. Charge nya jangan lupa pakai USB Wall Charger dengan arus paling tidak 1 ampere ya, jangan ketinggian karena baterai ini memiliki kapasitas yang kecil, takutnya kan overcharge lalu meleduk.

Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones


Remote control yang disertakan pada Eachine E61HW juga mengikuti ukutannya yang kecil, dengan remote ini memang anda tidak bisa terbang terlalu jauh, selain tak berguna, menerbangkan mini drone hingga lebih dari 60 meter sebenarnya sangat beresiko karena nanti anda akan kesulitan ketika melihat dronenya dan akhirnya bisa – bisa hilang karena jatuh atau bisa juga fly away terseret angin. Meski dalam spesifikasinya anda bisa menerbangkan Eachine E61HW hingga 100 meter, tapi tetap sangat tidak admin sarankan. Karena pokok bahasan kita di drone ini kan drone yang cocok untuk diterbangkan indoor. Meski dirasa cocok untuk pemula, tapi di tombol yang ada di remote tidak dilengkapi dengan icon atau label untuk mempermudah pilot, jadi anda harus memberinya label sendiri untuk mempermudah anda belajar menerbangkan drone ini.

Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones


Untuk kameranya, anda sudah mendapatkan kamera yang bisa Wifi-FPV. Memang masih menggunakan lensa apa adanya yakni 0.3MP, jadi gambar yang akan anda dapatkan ya seadanya. Jangan lupa karena dia mini drone untuk latihan, jadi admin rasa kamera yang ada di Eachine E61HW sudah cukup bagus karena “mending sudah ada kameranya”. Dan kameranya juga sudah bisa Wifi-FPV lagi, bukankah keren drone sekecil ini sudah bisa Wifi-FPV. Frekuensi yang digunakan pun juga masih 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menggunakan FPV di drone ini. Kamera Eachine E61HW tidak memiliki Slot MicroSD, jadi semua gambar dan video yang anda ambil, akan langsung tersimpan ke memory pada smartphone anda. Kalau untuk terbang jarak dekat masih okelah, apalagi terbangnya indoor.


Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones


Dalam tiap pembelian Eachine E61HW anda biasanya akan mendapatkan kelengkapan:
1 x Quadcopter
1 x Transmitters
4 x Spare Blade
1 x Battery
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x User Manual



Menurut admin, memang drone ini diterbangkan indoor, karena admin tau sendiri kalau menerbangkan mini drone diluar ruangan. Kena angin sedikit sudah kebawa, plus kalau melawan angin nggak bakal kuat mengingat motornya kecil dan tidak terlalu powerfull. Yang ada drone tetap terseret angin hingga fly away. Kalau didaerah anda terdapat gedung seperti GOR untuk badminton milik kampung, wah cocok sekali diterbangkan disitu, selain luas, bisa terbebas dari gangguan angin liar.

Spesifikasi Drone Eachine E61HW - OmahDrones


Untuk harga, tentu drone sekecil ini termasuk drone dibawah satu juta. Bahkan harganya bisa dibilang murah kalau dibandingkan dengan harga – harga drone dibawahnya pada masa yang lalu, ketika drone altitude hold belum pada muncul. Drone Eachine E61HW ini dibandrol sebesar 31USD atau setara dengan 400 Ribuan apabila diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin buat. Belajar drone bisa dimulai dengan menerbangkan drone kecil, selain hemat tempat, ketika anda sudah bosan anda tidak akan terlalu rugi karena harganya juga tidak terlalu mahal.