Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater


Beberapa drone mainan sekarang sudah dilengkapi dengan GPS. namun dari banyaknya drone mainan ber GPS, mereka masih menggunakan Wifi 2.4FGz untuk melakukan FPV. Sehingga akibatnya, meski drone bisa terbang hingga 300 meter atau lebih, FPV hanya akan berfungsi di rentang maksimal 100 meter, itupun dalam wilayah yang minim interfensi sinyal. Lalu bagaimana dong? Percuma ada drone GPS tapi jangkauan terbang sama FPV nya beda. Belum lagi karena remote dan kamera sama – sama menggunakan sinyal berfrekuensi 2.4GHz. pasti akan bertabrakan dan menyebabkan interfensi sinyal juga. Kalau seperti itu, apakah ada suatu cara untuk menambah jangkauan Wifi – FPV tanpa mengurangi jarak jangkauan terbang? Mari kita pecahkan masalah tersebut dalam postingan omahdrones kali ini.



Salah satu cara untuk menambah jangkauan Wifi-FPV adalah menggunakan Wifi Repeater. Dan untuk catatan, Wifi-FPV disini adalah Wifi-FPV berfrekuensi 2.4GHz. jadi ini tidak berlaku untuk Wifi-FPV dengan frekuensi 5G. kembali ke soal Repeater, repeater adalah salah satu hardware yang memiliki fungsi meneruskan sinyal dari satu titik supaya memiliki jangkauan lebih jauh sehingga titik yang lain, jika sebelumnya tidak mendapatkan sinyal Wifi, menjadi dapat sinyal Wifi seakan ia berada di dekat titik pemancar Wifi. Repeater juga sering disebut Wifi Amplifier, karena fungsinya yang memperkuat sinyal dari sumber Wifi sebelumnya, maka dari itu, kita bisa menggunakan perangkat ini untuk bisa menambah jangkauan Wifi FPV drone anda.


Kalau untuk drone, kita butuh repeater yang portable, dan mudah digunakan serta tidak perlu banyak setting. Untungnya, Xiaomi punya solusinya, namanya adalah Xiaomi Mi Repeater atau Range Extender. Bentuknya mirip seperti modem USB, karena sumber powernya juga dari Port USB. Kalau sedang keluar, anda jadi bisa pakai powerbank untuk menghidupkannya. Praktis bukan. Untuk jenisnya, ada Xiaomi Mi Repeater Gen 1 dan Gen 2. Admin omahdrones sendiri menyarankan untuk membeli yang Gen 2 karena sudah memiliki 2 buah antenna dan jarak jangkauannya bisa mencapai 300 meter kalau sesuai dalam spesifikasinya. Dan selain itu yang paling penting harganya. Admin kemarin beli dengan harga hanya 65ribu saja.


Oke, pembukaannya sudah cukup, sekarang waktunya cara menggunakan Xiaomi Repeater untuk menambah jangkauan Wifi FPV. Tutorial ini adalah ketika anda pertama kali konfigurasi untuk menghubungkan koneksi drone ke repeater, jadi jangan sampai terlewatkan ya.


Pertama, siapkan dulu alat dan bahannya berupa:
- Drone dengan kamera Wifi 2.4GHz
- Xiaomi Mi Repeater Gen 2
- Powerbank


Sebelum ke langkah penggunaannya, perlu diketahui, ada beberapa powerbank yang tidak support untuk menghidupkan Mi Repeater. Kalau punya, anda bisa pakai powerbank Xiaomi juga karena pasti support.

Cara Menggunakan Xiaomi Mi Repeater Gen 2


Langkah pertama, adalah download dulu aplikasi “Mi Home” di playstore, lalu install dan jalankan. Setelah itu, login dengan akun Mi anda, kalau belum punya, bisa buat akun dulu di situs resmi Xiaomi supaya lebih mudah. Setelah itu, login dengan Ketika ada menu pilihan locate, pilih saja China Mainland atau Cina Daratan Utama.


Sekarang hubungkan Xiaomi Repeater ke power source, disini kita pakai powerbank. Umumnya ketika sudah dihubungkan ke power, akan menyala lampu warna orange yang solid, lalu setelah beberapa detik jadi berkedip – kedip. Itu tandanya Repeater belum di konfigurasi.

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Sekarang kembali ke aplikasi Mi Home, disitu anda bisa menambah perangkat, atau bisa menekan tombol pluss di bagia kanan atas.

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Anda bisa scan dengan pilih “Perangkat di Sekitar” untuk mengetahui apakah Xiaomi Repeater sudah terdeteksi atau belum.

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Ketika terdeteksi, maka akan muncul gambar Mi Repeaternya dan bisa anda pilih untuk proses selanjutnya. Sebenarnya, anda bisa menghubungkannya secara manual, namun di kasus ini, admin lebih suka menghubungkan melalui Perangkat di Sekitar karena lebih simpel.

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Setelah anda memilih Repeaternya, maka anda akan disuruh memilih mau konek ke Wifi mana, nah, pada saat ini, hidupkan drone anda supaya Wifi di kameranya juga nyala. Kalau kamera wifi sudah menyala, sekarang pilih “Sambungkan ke router lain”

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Wifi kamera drone biasanya akan muncul, tapi dengan tulisan yang sebenarnya “disembunyikan” oleh Xiaomi. Mengapa? Karena Wifi pada kamera adalah open wifi, siapa saja bisa masuk dengan bebas tanpa password, dan Xiaomi tidak merekomendasikan koneksi semacam ini. Namun bukan berarti tidak bisa kita pilih, tekan saja pada SSID Kamera drone anda.


Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Yap, akan muncul peringatan jaringan tidak aman, tekan Oke saja untuk proses selanjutnya.


Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Sekarang kita sudah memilih SSID yang mau di repeat sinyalnya, sekarang tekan tombol selanjutnya.


Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Nah di proses ini, mungkin anda tidak akan bisa hingga tuntas, karena di kasus admin, admin selalu “Request Timed out” ketika di akhir proses penambahan perangkat. Di proses ini anda hanya harus menunggu hingga selesai sebenarnya. 

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Ketika muncul kegagalan seperti gambar diatas, coba lagi saja selama beberapa kali, lalu coba lihat lampu indicator di Xiaomi Repeater. Kalau lampunya sudah berwarna biru, maka sebenarnya konfigurasi sudah berhasil.


Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Sekarang coba keluar dari aplikasi Mi Home, lalu lihat di list Wifi di pengaturan koneksi. Sekarang disana ada 2 SSID yang namanya mirip, berarti, Repeater sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu coba anda konekkan smartphone dengan Wifi yang belakangnya ada tambahan kata “_Plus” karena itu adalah SSID Repeaternya.

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Ketika sudah konek, coba buka aplikasi FPV drone, dan Walla, disini admin sudah terkoneksi layaknya FPV biasa. Bedanya apa? Jarak jangkauannya lebih jauh, karena di Mi Repeater Gen 2 ini tertera jaraknya bisa mencapai 300 meter.



Masih bingung dengan Repeater?
Begini gambarannya antara FPV pakai Repeater dengan yang tidak.



Tidak menggunakan Repeater

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

 Koneksi biasa adalah dari transmitter FPV kamera ke smartphone, umumnya jarak maksimal bisa sampai 100 meter di wilayah tanpa interfensi, namun itu juga tergantung kemampuan Wifi smartphone anda.



Dengan Repeater
Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones

Sedangkan koneksi dengan repeater, selain bisa menambah jauh, juga bisa memperkuat koneksi meski smartphone memiliki kualitas Wifi dibawah standar sekalipun. ingat, jarak yang tertera pada kedua gambar diatas adalah jarak maksimal berdasarkan spesifikasi yang berjalan di wilayah tanpa interfensi sinyal, hasil mungkin akan berbeda ketika anda mencobanya langsung tidak serta merta benar - benar 300 meter dan 100 meter intinya.


Kesimpulan dari kedua gambar diatas, menggunakan Repeater bisa menambah jauh jangkauan Wifi-FPV dengan frekuensi 2.4GHz. selain itu, peletakan repeater juga berpengaruh kepada jangkauan yang akan diperoleh. Yang ketiga, karena Mi Repeater ini menggunakan Antenna OmniDirectional, maka penempatan repeater juga mempengaruhi, peletakan yang bagus yakni antenna berada di atas, makanya di dekat colokan USB diberi engsel untuk mengarahkan antenna. Dan yang terakhir, meski sudah menggunakan repeater, anda masih akan mendapatkan interfensi sinyal dari remote, jadi untuk hasil yang lebih maksimal, coba terbang langsung pakai smartphone anda.


Nah kurang lebih seperti itu cara menggunakan Xiaomi Mi Repeater untuk menambah jangkauan Wifi-FPV 2.4GHz. semoga artikel ini bisa menjadi solusi bagi masalah anda ketika menerbangkan drone. Jika dirasa ada kesalahan dalam penjelasan admin, mungkin bisa kirim pembenaran baik istilah atau kata - kata yang benar melalui email agar admin bisa langsung ralat. Sampai bertemu di postingan lainnya.