Spesifikasi Drone Realacc R11 - Mini FPV 5.8GHz


Drone racing, biasanya dilengkapi dengan kamera FPV berfrekuensi 5.8GHz, tujuannya adalah supaya sinyal koneksi tidak berbenturan dengan sinyal remote drone. Berbeda dengan Wifi-FPV yang menggunakan frekuensi sama dengan frekuensi remote yakni 2.4GHz. apabila anda menerbangkan drone ditambah melakukan Wifi-FPV pasti jarak jangkauannya akan jadi tidak maksimal, itu dikarenakan interfensi sinyal yang terjadi karena ada sinyal yang sama dan beroperasi dalam waktu yang sama. Hasilnya ya kekuatan sinyal jadi tidak maksimal. Maka dari itu, kalau untuk FPV yang benar – benar FPV lebih baik menggunakan FPV Transmitter 5.8GHz, dan untuk monitornya, bisa menggunakan monitor FPV atau FPV Goggles khusus untuk FPV 5.8GHz. jenisnya ada banyak terutama untuk jenis Goggles, mulai dari yang sekedar goggles, hingga yang sudah dilengkapi dengan DVR.


Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones


Tapi mengingat harga drone untuk racing itu termasuk mahal untuk pemula, maka kalau untuk pemula lebih disarankan untuk “latihan” dulu menggunakan drone – drone kecil. Untungnya sekarang sudah banyak drone yang didesain mirip dengan drone racing, namun dibuat dengan ukuran yang kecil. Tujuannya ya untuk menarik minat pemula untuk merambah di dunia drone racing tanpa harus membeli drone racing yang harganya memang bisa menguras kantong. Drone yang akan kita bahas ini adalah drone dari Realacc. Dengan nama pasar Realacc R11. Drone ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yakni hanya 7 x 6cm saja, ditambah lengan mungilnya juga dapat dilipat sehingga ketika menyimpan jadi lebih mudah dan dapat terhindar dari patahnya lengan karena tergencet atau kemungkinan lainnya.


Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones

Untuk fitur bawaannya Realacc R11 memang masih super standar dan manual. Seperti drone basic pada umumnya, dan sebagai drone yang mirip – mirip racing drone, Realacc R11 ini hanya bisa terbang dalam angle mode saja. Jadi tidak ada fitur acro di drone ini, untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
- 5.8G FPV with 720P HD camera enables you to have a further real-time images transmission image.
- With attractive headless mode, completely solving loss-of-orientation problems.
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- One-key taking off/landing makes the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- Bright and Brilliant Lights. Harmonious blue and red complex,attractive and impressive at night.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Realacc R11

Brand Name: Realacc
Item No.: R11
Material: ABS
Frequency: 5.8G
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Motor: 716 Brushed Motor
Camera: 720P/480P
Quadcopter Battery: 3.7V 380mAh Lipo Battery (Included)
Remote Control Battery: 4 x 1.5V AAA  Dry Battery (NOT Included)
Flying Time: 5-7mins
Charging Time: 80-100mins
R/C Distance: 30-50M
Color: Black
Quadcopter Size: 7.7x6.5x3cm


Goggles: (Optional)
Size: 138*129*79mm(without antenna)
Weight: 164.7g
Display: 3 inches
Resolution: 500*300 pixels
Antenna Connector: RP-SMA
Working Voltage: 1s Battery (3.7-4.2v)
Working Current: 350-450mA
Receiving Sensitivity: -95dBM
Build in Battery: 500mAh 3.7V
Working Time: 1h



Baterai yang diberikan untuk si kecil Realacc R11 ini memiliki kapasitas sebesar 380mAh. Dan tegangannya 3.7Volt seperti layaknya mini drone pada umumnya. Baterai ini memiliki tipe proprietary alias baterai yang dibuat khusus untuk Realacc R11. Meski baterainya tergolong besar, dengan baterai ini anda hanya bisa terbang seperti drone mainan pada umumnya yakni sekitar 5 – 7 menit. Untuk pengisian ulangnya, anda bisa menggunakan kabel charger bawaan dari pabrik, dan untuk sekali pengisian ulang, rata – rata membutuhkan waktu selama 45 menit saja baterai sudah penuh, tidak perlu menunggu lama seperti pada table spesifikasi sebenarnya. Karena baterainya yang proprietary, maka anda lebih baik merawat baterainya dengan baik pula, seperti jangan langsung di charge ketika baterai masih panas habis digunakan.


Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones

Di unit remote control alias transmitter, untuk Realacc R11 ini dia memiliki transmitter yang unik, karena bentuknya yang beda dari yang lain. Transmitter ini memiliki lubang ditengahnya yang sebenarnya juga tidak jelas fungsinya. Drone ini manual throttle jadi bagian joystick throttle tidak mengunci di tengah seperti controller untuk drone yang sudah altitude hold. Dengan remote ini anda sudah dapat menerbangkan Realacc R11 sekaligus menggunakan beberapa fungsi bawaan yang tombolnya sudah diberi label dengan icon – icon fungsi yang bersangkutan. Karena si Realacc R11 adalah mini drone, maka transmitternya juga memiliki spesifikasi untuk mini drone, yang dimana jarak jangkauan maksimalnya hanya bisa hingga 50meter saja, namun untuk sebuah mini drone, jarak sebesar itu sudah lebih dari cukup, mengingat kalau terbang jauh – jauh lalu fly away dan hilang, anda pasti kesulitan untuk mencari si kecil ini.



Realacc R11 juga memiliki kamera yang sebenarnya ada dua opsi untuk anda yakni kamera dengan kemampuan pengambilan gambar 480p atau 720p. kamera ini buit-in dan fix terletak di depan drone dengan angle yang menghadap sedikit ke bawah. Anda tidak bisa mengatur angle kamera drone Realacc R11,  dan beberapa penggunanya merasa kurang puas karena ketika terbang, mereka lebih sering melihat bawah daripada melihat depan karena angle kameranya yang menghadap sedikit ke bawah. Lensa kameranya juga belum wide angle, sehingga tampilan gambarnya dirasa kurang cocok untuk FPV an.


Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones

Meski begitu, Realacc R11 memberikan FPV 5.8GHz untuk anda, memang dirasa kurang kalau FPV sudah 5.8GHz namun lensa kameranya belum Wide-Angle, namun untuk sebuah mini drone yang cocok untuk latihan terbang racing drone ya mungkin bisa dipertimbangkan ya. Dan untuk set FPV Realacc R11 ini anda juga diberi opsi untuk membeli dengan FPV Goggles, atau tidak. Sehingga kalau anda belum memiliki FPV Goggles, anda bisa membeli Realacc R11 dengan Goggles, dan anda bisa langsung mencoba FPV 5.8GHz menggunakan Goggles tersebut.


Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones

Di tiap pembelian Realacc R11, anda akan mendapatkan item dengan detail seperti dibawah:
With Goggles version:
1 x R11 Aircraft
1 x Remote Control
1 x 3.7V 380mAh Battery
4 x Spare Propeller
4 x Protection Cover
1 x USB Charging Cable
1 x Phone Holder
1 x User Manual
1 x Goggles
1 x Goggles Charging Cable
1 x Straight pole antenna
1 x Cloth
1 x Lace
1 x Blade removal tool

Without Goggles version:
1 x R11 Aircraft
1 x Remote Control
1 x 3.7V 380mAh Battery
4 x Spare Propeller
4 x Protection Cover
1 x USB Charging Cable
1 x User Manual



Kesimpulan untuk Realacc R11 ini seperti yang sudah di ulas diatas, drone kecil ini cocok untuk anda yang ingin mencoba drone racing dengan budget yang tidak sebanyak membeli drone racing yang sebenarnya.

Spesifikasi Drone Realacc R11  - OmahDrones

Sedangkan untuk harga kisarannya, Realacc R11 ini juga sudah dapat di beli di online marketplace skala internasional, dan rata – rata disana dia dibandrol sebesar 26USD atau sekitar 370ribu untuk versi non goggle, dan 51USD atau setara dengan 760ribu rupiah untuk versi dengan goggle. Meski sudah lengkap dengan goggle, ternyata Realacc R11 juga masih termasuk dalam drone dibawah satu juta, maka dari itu apabila anda tertarik mencoba drone racing, mungkin Realacc R11 bisa menjadi salah satu incaran anda.