Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Drone 2.4GHz


Bagi beberapa pengguna, Wifi-FPV itu sangat asik dimainkan karena kita bisa melihat apa yang dilihat oleh kamera drone disaat yang bersamaan alias realtime, walau pada kenyataannya pasti ada delay antara apa yang dilihat drone dengan gambar yang kita terima, namun Wifi-FPV menjadi pilihan yang murah karena biasanya sudah termasuk dalam pembelian drone, sehingga kita tinggal menjalankannya. Tapi disisi lain, mungkin ada sobat omahdrones yang merasa bahwa jangkauan Wifi-FPV nya sangat pendek, tidak bisa jauh – jauh. Terbang jauh dikit aja video FPV nya langsung patah – patah. Apa bisa ditanggulangi? Atau gimana menghadapi masalah ini? Apa bisa diatasi? Nah pada kesempatan kali ini admin omahdrones akan coba kasih tau cara untuk menambah jangkauan Wifi-FPV.


Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Drone - OmahDrones

Wifi-FPV yang admin maksud disini adalah Wifi-FPV dengan frekuensi 2.4GHz ya. Bukan Wifi 5G. mengapa admin bahas yang 2.4GHz? karena mayoritas dari drone keluaran terdahulu menggunakan wifi jenis ini, dan sudah banyak juga yang memiliki drone fpv dengan Wifi-FPV 2.4GHz yang merasa FPV nya kurang jauh.



Sebenarnya ada factor hardware yang membuat jangkauan Wifi-FPV jauh atau dekat, kalau komponen yang dipakai bagus, seperti transmitter Wifi-FPV yang bagus misalnya, tentu anda bisa mendapatkan Wifi-FPV yang jaraknya lumayan jauh dan videonya masih tidak terdapat lag. Tapi sebaliknya, kalau komponennya jelek ya nanti mulai dari videonya saja mungkin anda hanya akan mendapatkan video 15fps, selain itu ada lag pula, FPV macam apa ini, hahaha.



Untungnya di drone Wifi-FPV keluaran terbaru, terutama yang masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, kebanyakan sudah menggunakan komponen yang termasuk bagus. Dengan kamera 2MP, ditambah Wifi-FPV kita masih bisa mendapatkan video dengan framerate antara 24 – 30fps. Meski kadang masih terjadi lag, namun kebanyakan drone Wifi-FPV keluaran terbaru sudah ditambahi dengan DVR sehingga gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan pada memory yang sebelumnya sudah anda pasang di kamera drone.



Meski begitu, masih ada saja yang bertanya apa jarak jangkauan FPV nya bisa ditambah lagi?
Haduh,..



Untung saja jawabannya “Bisa”
Tapi ada syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi, contohnya seperti dibawah ini



1. Terbang di area terbuka
        Seperti di lapangan, atau di padang rumput, sawah, atau bisa juga dipantai tanpa angin yang berhembus. Disini anda bisa menambah jarak jangkauan Wifi-FPV, karena di wilayah tersebut hanya ada sedikit interfensi sinyal seperti pepohonan tinggi, dinding rumah, atau tower – tower sinyal. Jadi pilih wilayah yang sekiranya tidak banyak sinyal sehingga sinyal dari remote dan Wifi-FPV bisa bekerja maksimal.




2. Terbang dengan smartphone
Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones
        Yap, menerbangkan dengan smartphone bisa menambah jangkauan Wifi-FPV. Mengapa? Karena remote yang biasa anda gunakan itu menggunakan frekuensi yang sama dengan Wifi-FPV nya. Sama – sama 2.4GHz. jadi otomatis ketika anda terbang dengan remote dan sambil Wifi-FPV sebenarnya ada bentrok antara remote dan kamera Wifi-FPV. Kalau anda terbang dengan smartphone, maka hanya akan ada 1 sinyal 2.4GHz yang bekerja di dalam 1 drone, sehingga otomatis kualitas sinyal akan lebih baik dan optimal. Hanya saja disiini wifi pada smartphone anda harus bagus, kalau biasa saja ya nanti tidak jauh beda ketika anda terbang pakai remote.





3. Menggunakan repeater

Cara Menambah Jangkauan Wifi FPV Menggunakan Repeater - OmahDrones
        Repeater adalah sebuah hardware jaringan yang fungsi utamanya adalah meneruskan sinyal dari poin A ke poin B. dimana kalau tidak ada repeater, sinyal dari poin A tidak sampai di poin B. makanya diberi repeater untuk meneruskan sinyal sehingga poin B bisa dapat sinyal dari poin A. nah, hardware ini bisa diterapkan pada drone mainan yang menggunakan Wifi-FPV 2.4GHz.
Sekarang ini, sudah ada repeater portable yang mudah dibawa kemana – mana dan menggunakan power dari USB. Bisa pakai powerbank tentu saja. Seperti Xiaomi Repeater misalnya, harganya juga tidak terlalu mahal, untuk menambah jangkauan Wifi-FPV menggunakan repeater sudah admin bahas di CaraMenambah Jangkauan Wofo FPV Menggunakan Repeater.
Intinya disini nanti untuk bisa menambah jangkauan, yang normalnya koneksinya adalah drone -> Smartphone. Ditambah repeater koneksinya menjadi drone -> repeatr -> Smartphone.


Setidaknya itulah tiga cara yang bisa anda terapkan untuk menambah jangkauan Wifi FPV dengan frekuensi 2.4GHz. seperti yang sudah admin katakana sebelumnya juga, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa menambah jangkauan Wifi-FPV. Semoga artikel ini dapat membantu dan jangan lupa untuk membaca artikel omahdrones yang lainnya.