Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini


Setelah kesuksesannya pada Drone Racing yakni MJX Bugs 3, MJX ternyata sudah mempersiapkan drone serupa namun tidak sama. Masih di seri yang sama, hanya saja ukurannya dibuat lebih kecil, sehingga untuk kelas mini racing drone dia bisa ikut beradu. Si kecil ini pun juga sudah memiliki mode Acro bawaan juga sehingga ketika ingin mengubah dia dari mode standar ke mode acro anda tidak perlu mengubah apapun, anda hanya perlu mengganti tuas normal mode ke acro mode, namun untuk selengkapnya akan dibahas lebih detail dibawah. Apa anda penasaran dengan si kecil yang menjadi adik dari MJX Bugs 3? Bagaimana kemampuannya apabila dilihat dari spesifikasinya? Mari kita coba bahas bersama pada kesempatan kali ini.



Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini - OmahDrones

Bagi yang suka dengan drone Acro, memang kemarin sudah ditawarkan salah satu drone MJX yakni MJX Bugs 3, namun kalau anda lebih suka drone acro yang ukurannya kecil, MJX Bugs 3 Mini adalah jawabannya. MJX Bugs 3 Mini adalah solusi untuk anda yang ingin memiliki drone acro kualitas bagus dengan motor brushless yang tentu memiliki efektifitas lebih tinggi serta perawatan yang lebih mudah daripada motor brushed. MJX Bugs 3 Mini juga memiliki motor yang cukup besar powernya, karena motor bawaan untuk MJX Bugs 3 Mini memiliki kekuatan 2750KV. Lebih besar daripada DJI Spark yang hanya 2100KV atau Zerotech Dobby yang hanya 1100KV (koreksi admin apabila salah).


Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini - OmahDrones


Kalau ditanya soal fitur, MJX Bugs 3 Mini memang tidak menawarkan banyak fitur seperti drone yang “berkamera”, MJX Bugs 3 Mini memang juga lebih difokuskan untuk menjadi drone racer dan juga acro. Meski MJX Bugs 3 Mini tidak memiliki kendali “Altitude Hold” pada stick remotenya, secara dia adalah drone yang dirancang untuk racing dan acro, namun ketika di mode biasa dia nyatanya juga bisa terbang dengan cukup stabil. Terlebih ketika di acro mode, anda akan mendapatkan sensasi super responsive dari Kendali anda sehingga anda dapat melakukan aksi manuver udara dengan si kecil MJX Bugs 3 Mini. Untuk spesifikasi ringkasnya, anda bisa lihat pada table spesifikasi dibawah ini:

General                Brand: MJX
Item Name: MJX Bugs 3 Mini
Item No.: B3 MINI
Wheelbase: 175mm
Quaccopter Size: 22 X 22 X 6.5cm
Quadcopter Weight: 195g
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
Flying Time: About 8-10mins
Quadcopter Battery: 2S 7.4V 850mAh 45C Li-po(Included)
Charging Time: 3-3.5h
R/C Distance: About 200-300m
Motor Type: Brushless
Motor: 1306 2750KV
Blade: 94mm
ESC: 4 IN 1 4A Brushless
Remote Control: CR6120E
Remote Control Battery: 4 X 1.5V AA(Not Included)
Working Current: 12-13A
Motor Current:4.0-4.2A
Color: Black
Package Size: 26.5 X 22.5 X 14cm
Package Weight: 0.746KG



Untuk baterai bawaannya, MJX Bugs 3 Mini mendapatkan baterai bawaan berkapasitas sebesar 850mAh saja dan dengan tegangan  7.4volt untuk mendapatkan power yang cukup untuk semua komponen. Dengan baterai ini, anda bisa terbang setidaknya selama 10 menit. Baterai yang digunakan juga merupakan baterai proprietary atau baterai yang didesain khusus untuk MJX Bugs 3 Mini. Sehingga untuk mendapatkan baterai cadangannya juga tidak semudah mencari baterai universal dengan konektor JST misalnya. Perlu diketahui juga bahwa di drone MJX Bugs 3 Mini tidak terdapat switch on – off, sehingga ketika baterai dipasang, otomatis drone akan langsung on. Dan untuk off, tinggal copot saja baterainya dari drone. Untuk proses recharge nya, sayangnya MJX masih memberi charger bawaan berupa charger kabel USB. Maka saran admin untuk merecargenya anda lebih baik menggunakan USB Adaptor charger saja supaya aliran listrik yang masuk ke baterai bisa maksimal.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini - OmahDrones


Untuk remote atau kendalinya, MJX Bugs 3 Mini memiliki remote dengan desain yang terbilang elegan, semua interface terlihat sangat sederhana. Mulai dari tombol untuk arming drone dan disarming, tombol untuk mengganti rate kecepatan. Dan juga ada tombol untuk mematikan untuk menyalakan lampu depan. Bahkan dalam remote ini juga terdapat tombol kamera, memang di versi awal ini tombol kamera masih belum berfungsi, mungkin kedepannya MJX Bugs 3 Mini akan ditambah dengan kamera bawaan? Sedangkan untuk jarak jangkauannya, dengan remote ini anda bisa menerbangkan MJX Bugs 3 Mini hingga radius 300 meter. Dengan remote ini juga anda bisa mengganti mode dari normal ke acro mode. Caranya sebelum drone di binding ganti dulu tuas di remote menjadi acro atau sebaliknya, lalu nyalakan drone, setelah itu baru nyalakan transmitter anda maka drone akan langsung terhubung dengan remote anda. Yang perlu di ingat adalah sebelum ganti mode, pastikan drone dan remote dalam keadaan off.



Meski MJX Bugs 3 Mini tidak memiliki kamera bawaan, untuk melakukan acro dengan FPV anda tentu tetap bisa. Caranya? Yang perlu anda siapkan tentunya VTX dan baterainya, serta FPV Goggle atau FPV Monitor untuk melakukan fpv 5.8GHz, lalu pasang VTX serta baterainya ke drone, pastikan memasangnya jangan sampai mengenai propeller supaya ketika terbang MJX Bugs 3 Mini masih bisa terbang dengan bebas. Anda bisa langsung FPV dengan Goggles anda, dan rasakan sensasi FPV menggunakan si kecil MJX Bugs 3 Mini. Untuk versi selanjutnya, karena di remote terdapat tombol kamera, mungkin MJX Bugs 3 Mini bisa jadi akan ditambah kamera bawaan juga yang letaknya mungkin akan menggantikan LED yang terpasang di depan. Kalau itu terjadi, nanti tombol lampu pada remote jadi tidak berguna lagi mungkin

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini - OmahDrones


Untuk tiap pembelian drone MJX Bugs 3 Mini, umumnya anda akan mendapatkan item seperti dibawah:
1 X MJX Bugs 3 B3 MINI Racing Quadcopter
1 X Remote Control
1 X 2S 7.4V 850mAh 45C Li-po Battery
1 X USB Cable
1 X Balance Charge
4 X Blade (2 X CW 2 X CCW)
4 X Protective Cover
1 X Manual



Sebagai drone yang ukurannya kecil, namun kemampuannya tidak bisa diremehkan. Baik mode normal racing atau acronya juga bisa diadu dengan mini racing drone lainnya. Belum lagi kekuatan yang dimilikinya juga cukup besar dengan motor 2750KV nya, tidak hanya kuat mengangkat VTX Camera dan baterai, admin rasa ia juga kuat mengangkat sebuah action cam. Ya meski dia masih menggunakan 4 in 1 ESC, menjadi salah satu kekurangan dari si kecil ini, karena apabila ada ESC yang rusak, anda harus membeli ESC 4 in 1 yang tentunya harganya lebih mahal daripada membeli ESC yang satuan.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 Mini - OmahDrones


Untuk harganya, MJX Bugs 3 Mini ini dibandrol rata – rata seharga 80 USD atau apabila dirupiahkan setara dengan 1.2 jutaan. Setelah melihat harga dari si kecil ini, kalau anda masih mengincar MJX Bugs 3 yang besar, lebih baik anda membeli yang besar, karena dari segi harga di pasar internasional selisih antara MJX Bugs 3 dan MJX Bugs 3 Mini. Kalau sudah masuk Indonesia, harganya bisa beda lagi tentunya, antara transport dan keuntungan si seller dijamin harganya beda jauh sama harga tertera diatas.