Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18


Semakin banyak produsen drone yang menawarkan produknya, itu harus di imbangi dengan kita sebagai konsumen untuk bisa memilih drone yang paling tepat untuk kita baik dari segi fungsi dan juga budget yang kita miliki. Meski kita hari ini masih membicarakan tentang drone kelas toys, namun perlu diketahui juga bahwa drone kelas toys kali ini sudah sangat banyak pula jenisnya, dan tiap drone pun juga memiliki kelebihannya masing – masing sebagai salah satu cara agar drone tersebut bisa menarik minat lalu dibeli. Seperti yang akan kita bahas kali ini yakni sebuah drone kecil, bisa dilipat, super portable dan tentunya memiliki kamera yang bisa kita gunakan untuk mengambil gambar ataupun video.



Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Drone ini juga termasuk dalam selfie drone, juga masih termasuk dalam kategori Toys, dengan begitu drone ini bisa anda bandingkan dengan JJRC Elfie misalnya, baik elfie yang lama ataupun elfie yang baru. Drone yang akan kita bahas kali ini sebenarnya adalah drone yang memiliki dua merk atau brand. Bisa dilihat pada judul diatas bahwa ini adalah drone JD-18 yang memang dia juga diproduksi oleh JY dan dipasarkan dengan nama JY-18. Meski beda satu huruf, itu sudah beda brand dan beda management, walaupun bentuknya juga sama, hingga komponen dalamnya juga sama. Drone ini termasuk foldable drone dimana tiap lengannya bisa anda lipat supaya memudahkan anda ketika membawa drone ini kemana – mana.


Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Drone selfie ini memiliki bentuk yang tidak hanya kotak, namun diberi aksen curve pada bagian depan untuk memudahkan anda nantinya di orientasinya sehingga bisa tau mana depan dan mana belakang. Drone ini juga sebenarnya memiliki LED indicator, hanya saja letaknya yang didalam body membuatnya tidak terlihat ketika siang hari. Untuk bisa melihat indicator LED secara jelas, anda bisa lihat ketika membawa drone ke dalam ruangan yang cahayanya cukup redup, atau terbangkan saja ketika malam hari. Kalau untuk fitur yang ditawarkan, anda bisa melihatnya di list bawah ini:
  • Smart phone app control, easy to use.
  • High/low speed switch, 3D-flip function and headless mode make your flight more remarkable.
  • Wifi real-time transmission FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.
  • With one-key return function, the drone can find its way back home easily.
  • Flight plan function, draw a flight course on the screen and the drone will fly along.
  • Newest 6-Axis Gyro control system ensures stable flight and easy operation.
  • Built-in barometer with altitude hold function provides stable flight.



Sedangkan spesifikasi ringkas dari drone JD-18 ataupun JY-18  ini adalah:
Brand name: JDTOYS
Item name: JD-18
Color: Red / blue optional
Main material: ABS
Controller: Mobile wifi control
Channels: 4 Channels
Camera: 0.3MP
Gyroscope: 6-Axis
Motor type: Coreless motor
Function: Forward/backward, up/down, left/right, sideward flight, hovering, 3D-flip, headless mode, high/low speed, one-key return, FPV image transmission, photo taking and video recording, altitude hold
Remote distance: About 100m
Battery for quadcopter: 3.7V 600mAh li-po battery
Charging time: About 70 minutes
Working time: About 5 minutes
Item dimension: 25.5 * 25.5 * 3.5cm (unfolded)


Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Baik JD-18 ataupun JY-18 . mereka mendapatkan baterai bawaan dari pabrik dengan spesifikasi yang sama juga, yakni dengan kapasitas sebesar 600mAh dan dengan tegangan 3.7 Volt, dengan desain baterai khusus yang hanya bisa anda gunakan untuk drone ini saja. Jadi mungkin ketika anda gunakan drone dari JD lalu anda pasang baterai dari JY juga masih bisa karena desain dronennya sama persis. Untuk lama terbangnya juga standar, dengan baterai ini anda bisa menerbangkan JD-18 ataupun JY-18 hingga 5 menit sekali terbang. Untuk ukuran mini drone terlebih selfie drone waktu ini sudah lebih dari cukup mengingat daya tahan motor yang bisa dibilang cepat panas karena masih memakai motor brushed.


Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Untuk controlnya, sebenrnya kebanyakan produk JD-18 ataupun JY-18 dijual BNF, alias tidak terdapat unit transmitter fisik. Yang artinya anda harus gunakan smartphone anda sebagai controller sekaligus monitor FPV nya. Namun untungnya akhir – akhir ini terlebih di JD, JD-18 ada yang memiliki versi RTF dengan nama JD-18Tx yang artinya tiap pembeliannya juga akan mendapatkan transmitter fisik yang mampu untuk anda gunakan untuk menerbangkan drone JD-18 hingga 60 meter radiusnya. Sampai saat artikel ini ditulis juga masih banyak pilot yang lebih suka menerbangkan drone dengan remote fisik daripada menggunakan smartphone langsung karena kurang presisi. Transmitter bawaannya pun juga sudah menggunakn desain transmitter generasi 2 dari syma sehingga baik dari tampilan dan tata letak tombolnya juga sangat mudah dipahami. Sehingga disini anda bisa memilih dua opsi control, yakni menggunakan smartphone langsung, atau menggunakan transmitter fisik.



Di bagian kamera, JD-18 ataupun JY-18 memiliki kamera yang sensornya masih kecil, yakni hanya 0.3MP saja, ya tidak beda jauh dengan mini drone berkamera lainnya. Fungsinya sama juga, anda bisa mengambil foto atau video dari kamera ini yang akan langsung terlihat pada smartphone anda melalui koneksi Wifi atau lebih dikenal dengan fungsi Wifi-FPV. Meski sudah bisa FPV anda harus tau bagaimana kualitas gambar yang dapat dihasilkan oleh kamera yang sensornya sebesar itu, jadi anda harus puas dengan hasil yang anda dapatkan dengan drone ini. namun ada kelebihan pada kamera ini kalau dibandingkan dengan mini drone berkamera lainnya yakni anglenya yang bisa anda atur setidaknya 30 derajat vertical.


Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Tiap pembelian drone JD-18 ataupun JY-18 umumnya akan mendapatkan:
1 * JD-18 Quadcopter
1 * 3.7V 600mAh Li-Po Battery
1 * USB Charging Cable
4 * Spare Propeller
1 * English Manual
Untuk versi TX atau RTF, anda akan mendapatkan sebuah transmitter juga



Kesimpulan untuk JD-18 ataupun JY-18 mungkin bagi anda yang menginginkan drone selfie selain elfie, JD-18 ataupun JY-18 bisa menjadi solusi, karena kalau bicara soal spesifikasi jeroannya dan fungsi yang dimiliki mayoritas sama, dia sudah bisa altitude hold, auto take-off dan landing. Semua fungsi dasar drone tersebut bisa anda temukan di JD-18 ataupun JY-18, dan kalau dari segi harga justru JD-18 ataupun JY-18 ini kebanyakan memiliki harga lebih murah dari elfie.


Spesifikasi Drone JD-18 dan JY-18 - OmahDrones

Harga pasaran JD-18 ataupun JY-18 ini umumnya sebesar 34 USD saja, atau setara dengan 465 Ribuan.  Mini drone berkamera dengan lengan yang bisa anda lipat ini juga masih termasuk drone dibawah satu juta. Selain ringkas dan mudah dibawa, JD-18 ataupun JY-18 juga sangat asik dimainkan di taman, tidak menutup kemungkinan juga bisa menarik perhatian orang awam bahwa ada drone sekecil ini bisa terbang kesana kemari dan mengambil gambar.