Spesifikasi Drone JDToys JD-11 Mirip Inspire


JDToys atau yang nama panjangnya JingDaToys ini memang kalau dibandingkan dengan produsen drone lain seperti Syma atau JJRC dia tidak sepopuler itu. JDToys memang tidak memiliki produk sebanyak brand yang sudah terkenal, namun JDToys tetap mengeluarkan drone yang siap meramaikan pasar drone di seluruh dunia. Kalau dulu mungkin anda juga pernah membaca salah satu produk JDToys yakni JD10 yang desainnya mirip sekali dengan Xiro Xplorer V. nah kali ini mereka juga mereplika bentuk dari drone terkenal lainnya yang diterapkan pada produk baru mereka sehingga mereka berharap dapat memikat banyak pembeli yang hanya dengan melihat produk ini sekilas saja mereka langsung mau beli karena dianggap drone ini memiliki kesamaan dengan drone aslinya.

Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones




Tiap orang memiliki pendapat yang berbeda, dan tiap pendapat itu sah – sah saja. Namun yang perlu anda tau, tentu drone ini masih termasuk dalam drone Toy Grade. Alias mainan. Yang belum memiliki hardware kompleks yang benar – benar diperuntukkan untuk tugas yang bukan Cuma untuk mainan saja. Nama drone ini adalah JD-11. Memang singkat, drone ini seperti yang bisa anda lihat pada bentuk badannya pasti anda sudah tidak asing, karena drone ini mereplika bentuk badan drone DJI Inspire yang menjadi drone kelas atas dan digunakan di kalangan industri seperti perfilman dan pertelevisian. Namun bedanya pada JD-11 dia diberi kaki lagi sehingga drone ini Nampak tinggi. Kaki ini diperuntukkan untuk melindungi unit kamera juga ketika drone langsung mendarat ke tanah, supaya kamera bisa setidaknya tidak langsung menghantam tanah ketika terjun bebas.

Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa langsung anda lihat dibawah ini;
Brand name: JDTOYS

Model: JD-11
Item name: Wifi FPV Drone
Color: Black
Built-in gyro: 6-axis
Channel: 4CH
Remote control frequency: 2.4GHz
Controller mode: Mode 2
Camera: 2.0MP
Main material: ABS
Functions: forward/backward, up/down, turn left/right, sideward flight, 360° eversion, one key take off/landing, altitude mode, wifi FPV, headless mode, one-key return, emergency landing, gravity sensor control.
Control distance: about 100m
Battery: 7.4V 1200mAh lipo battery (included)
Battery size: 70 * 30 * 15mm
Battery for controller: 4 * AA batteries (not included)
Flying time: about 10mins
Charging time: about 150mins
Product size: 250 * 235 * 175mm / 9.8 * 9.3 * 6.9in
Product weight(include battery): 271.4g




Namun kalau dilihat dari segi fitur, JD-11 sudah memiliki fitur yang sudah cukup kompleks untuk kelasnya, seperti drone sekelas lainnya, dia sudah memiliki kemampuan altitude hold juga dimana ia bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang. Lalu fitur pendukung lain seperti auto take off dan auto landing juga sudah ada, sehingga untuk melakukan take-off ataupun landing anda hanya perlu menekan satu tombol saja. Dan kalau ada yang bertanya apakah lengan drone ini bisa di tilt seperti DJI Inspire yang asli, atau replikanya yakni WLToys Q333 yang lengannya juga bisa diangkat? Jawabannya adalah tidak, JD-11 memiliki lengan yang sudah fix, karena rangkaian badannya sudah dimodifikasi dengan adanya kaki drone yang panjang, sehingga lengan drone tidak berfungsi menjadi kaki drone layaknya DJI Inspire yang asli.

Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones


Sebagai sumber tenaganya, JD-11 memiliki baterai bawaan yang sebenarya cukup besar, dengan tegangan 7.4 Volt dan berkapasitas 1200mAh, sebenarnya baterai ini justru terbilang kebesaran karena motor yang digunakan seperti berukuran 8520. Dengan motor brushed yang ukurannya sebesar itu, tegangan 7.4 volt sebenarnya juga kebesaran kalau langsung masuk ke motor, namun untungnya rangkaian komponen yang digunakan pada JD-11 bisa membuatnya baik – baik saja. Mengapa JD-11 memiliki baterai tegangan 7.4 volt mungkin juga karena badan drone yang terbuat dari beberapa bahan, seperti ada bahan dari metal, plastic yang membuatnya tambah berat, maka dengan baterai spesifikasi seperti diatas dapat membuat JD-11 terbang dengan normal.



Dengan baterai ini, umumnya anda bisa terbang hingga maksimal 10 menit, yang berarti tidak jauh berbeda dari drone sejenis dikelasnya. Dengan motor kecil dan masih brushed, memang drone kelas toys seperti ini sangat dianjurkan untuk tidak terbang lama – lama untuk memperpanjang umur motor. Karena motor brushed ukuran 8mm ini sangat mudah panas apabila digunakan lebih dari 12 menit secara terus menerus. Apabila anda tidak ingin gonta ganti motor alias keluar uang lagi, maka jangan terbangkan drone ini secara terus menerus nonstop dalam satu waktu.


Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones

Untuk controllernya, tentu dia sudah memakai frekuensi 2.4GHz. bentuk controllernya pun juga sangat simple, semua tombol tertata rapi seperti kebanyakan remote drone yang sejenis. Bentuknya yang elegan minim lekukan juga memberi kelebihan ketika anda membersihkan remote ini nantinya. Semua tombol juga mudah dipahami secara cepat sehingga anda akan cepat terbiasa dengan remote ini. dengan remote ini pula jarak jangkauan yang dapat anda gunakan untuk terbang bisa sampai 100 meteran, yap dengan situasi kondisi tertentu ya bisa dapat jarak maksimal sejauh itu. Dan seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas, anda juga dapat memasang smartphone holder di atas remote.



Itu karena JD-11 juga sudah dilengkapi dengan kamera Wifi. Dengan kamera ini anda tidak hanya dapat mengambil gambar dan video dari drone. Namun anda akan mendapatkan live view yang sering disebut FPV atau first person view melalui wifi yang ada di kamera drone. Anda dapat melihat apa yang dilihat drone secara realtime melalui smartphone anda sebagai monitor FPV. Sembari FPV anda juga bisa mengambil gambar maupun video ketika diudara. Sehingga akan sangat menyenangkan apabila anda menerbangkan drone ini sekaligus FPV an. Untuk kualitas kameranya, meski banyak yang berkata kalau JD-11 memiliki lensa 2MP namun kebanyakan JD-11 masih menggunakan kamera 0.3MP jadi jangan terlalu berharap banyak pada kualitas kameranya ya.



Tapi kamera ini memiliki kelebihan daripada kamera pada drone kebanyakan, karena JD-11 memiliki kamera yang anglenya bisa di naik turunkan hingga 30 derajat melalui remote, jadi ketika angle yang didapat terlalu kebawah anda bisa tilt kamera ke atas sehingga mendapatkan angle yang lebih baik,


Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones

Umumnya ketika anda membeli drone JD-11 ini anda akan mendapatkan:
1 * Quadcopter

1 * Remote Control
1 * 2.0MP Camera
1 * 7.4V 1200mAh Lipo Battery
4 * Propeller
2 * Landing Gear
1 * Screwdriver
1 * Mobile Phone Holder
1 * USB Cable
1 * Hex Wrench
1 * User Manual



Kesimpulan admin untuk drone ini mungkin kalau anda ingin drone yang minim perawatan, mendingan jangan beli drone ini, karena body yang tidak solid dan  memiliki banyak lekukan, JD-11 membutuhkan perawatan yang lebih daripada quadcopter biasa, walaupun di bagian remote anda bisa membersihkannya dengan mudah, selain itu, motor yang masih tergolong kecil untuknya juga harus jadi perhatian, bisa jadi karena terbang dengan beban berat terus menerus motor akan cepat rusak, entah itu jadi lemah atau bahkan tidak bisa berputar.

Spesifikasi Drone JDToys JD-11 - OmahDrones


Dan yang terakhir, apabila anda ingin membeli drone ini, harga pasaran internasionalnya JD-11 dibandrol dengan harga 80USD atau setara juga dengan 1.1jutaan. untuk penggemar drone mungkin anda bisa pesan langsung ke onlineshop internasional. Namun kalau anda mau yang mudah, tunggu saja seller Indonesia yang menjual produk ini. namun jangan kaget kalau harganya beda jauh sama harga pasaran internasionalnya yah. Hehehe. Sampai ketemu lagi,.