Spesifikasi Drone JJRC H48 - Drone Terburuk Untuk Dibeli?


Di era RC Helicopter yang masih menggunakan transmisi radio frekuensi MHz, RC Helicopter adalah mainan elite yang hanya dimiliki oleh orang mampu saja, karena memang pada waktu itu keberadaan RC Helicopter juga masih sangat sulit ditemukan belum lagi perawatan yang juga mahal karena sparepartnya juga susah. Setelah itu muncul lagi generasi baru dari RC Helicopter dengan kendali Infrared. Disini mereka punya kekurangan seperti kalau infrared terhalang sesuatu maka RC akan langsung jatuh, lalu juga ketika anda terbangkan pada siang hari maka cahaya infrared justru akan kalah dengan cahaya matahari, sehinga RC tidak bisa terbang. Maka pada waktu itu muncullah RC Helicopter yang kecil – kecil yang didesain khusus untuk terbang indoor saja, dan tujuannya juga hanya untuk mainan semata, sehingga tidak memiliki aksesori seperti kamera misalnya.



Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones


Teknologi infrared tersebut sebenarnya sudah lama ditinggalkan karena mengingat banyaknya kekurangan yang dimilikinya untuk sebuah mainan RC. Dan setelah itu tanpa disangka frekuensi 2.4GHz sebagai frekuensi kendali untuk RC mulai banyak dikembangkan dan di legalkan di banyak Negara untuk perangkat wireless. Maka mulailah pada saat itu para produsen RC mulai menggunakan Frekuensi 2.4GHz untuk mainan mereka. Mulai dari mobil, kapal, pesawat, helicopter hingga quadcopter. Dari semua drone tersebut, drone copter mulai booming hingga omahdrones bisa eksis hingga saat ini, admin ucapkan terimakasih atas kesetiaan anda untuk selalu mengunjungi omahdrones.



Kembali ke pokok bahasan infrared tadi, memang sudah di tinggalkan, tapi beda dengan pemikiran dari JJRC. Karena justru mereka malah mengeluarkan drone dengan kendali infrared. Drone ini memiliki nama JJRC H48, drone ini memiliki ukuran yang sangat kecil hingga bisa anda sebut juga dengan mini drone, kalau kebesaran sebut saja micro drone, hehe. Drone ini memang di desain untuk mainan semata bedanya dengan drone kelas toys yang berkamera, drone ini mungkin lebih cocok untuk anak umur minimal 7 tahun, walaupun pada kotak box nya tertera bahwa JJRC H48 ini untuk anak berumur 14+. Drone Quadcopter ini karena masih menggunakan kendali infrared, sehingga dia memiliki perbedaan yang signifikan apabila dibandingkan dengan drone yang sudah menggunakan transmisi 2.4GHz.

Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones


Spesifikasi ringkas dari drone JJRC H48 adalah sebagai berikut:
Item name: JJRC H48
Quadcopter Size: 13x23x2.5cm
Box Size: 14.8x6.9x12.5cm
Gyro: 6-axis
Control: Infrared
Channel: 4CH
Color: Green, Blue
Battery: 3.7V 35C 100MAH (included)
Transmitter battery: 4x AA battery (not included)
Flight time: about 5 minutes
Charging time: about 40 minutes
Flying distance: 15 meters



Drone yang akan kita bahas ini banyak yang menilainya sebagai drone terburuk yang dibuat oleh JJRC di waktu sekarang yang semua drone minimal sudah menggunakan transmisi 2.4GHz, yang ini justru malah menggunakan teknologi lama untuk drone baru. Entah apa motivasi JJRC untuk memproduksi drone ini, mungkin drone ini memang dikhususkan untuk orang yang benar – benar awam di dunia drone dan ingin memiliki drone dengan harga super murah untuk coba – coba atau untuk sekedar bermain terbang – terbangan. Sehingga apabila orang tersebut tidak tertarik di dunia drone, maka ia tidak rugi banyak karena harga JJRC H48 juga tergolong murah daripada drone dengan kendali 2.4GHz.


Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones

Di bagian unit kendalinya, ini nih yang membuat drone ini Nampak beda dari drone lainnya, JJRC H48 masih menggunakan infrared sebagai koneksi nirkabelnya. Untuk informasi, kekurangan infrared apabila digunakan sebagai transmisi control RC adalah
  • Cahaya infrared bisa kalah dengan cahaya matahari
  • Jika tansmiter atau receiver terhalang benda, besar kemungkinan akan terjadi lost connection
  • Adanya delay yang cukup “terasa” antara control dan action

Selain itu factor jarak juga memiliki perbedaan apabila dibandingkan dengan remote 2.4GHz. namun admin rasa kalau hanya untuk bermain – main di dalam ruangan ini tidak menjadi suatu masalah yang harus dibahas. Untuk power yang digunakan pada transmitter ini adalah 4 buah baterai ukuran AAA, apabila dibandingkan dengan mini drone lainnya, mereka padahal hanya membutuhkan 2 buah baterai AAA saja. Mengapa demikian? Karena anda bisa charge baterai drone langsung ke controller ini. sama seperti RC Heli generasi infrared dulu juga dimana anda bisa charge baterai drone langsung dari remote control.

Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones


Yang paling membedakan lagi adalah untuk analog throttle nya, dimana biasanya tuas untuk throttle naik turun juga bisa untuk belok kanan dan belok kiri, JJRC H48 karena masih menggunakan teknologi lawas, untuk belok kanan dan kiri anda harus menekan tombol yang ada di bagian kanan untuk belok kanan dan kiri. Sehingga dalam praktiknya mungkin anda tidak bisa terbang belok kiri dengan miring kiri secara bersamaan karena anda mungkin sulit mengoperasikan tombol tersebut dengan satu tangan pada saat yang bersamaan.

Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones


Sedangkan untuk baterainya sendiri, JJRC H48 menggunakan baterai yang cukup kecil, dengan kapasitas hanya 100mAh saja dan bertegangan 3.7 volt. Baterai ini sudah mampu untuk menerbangkan JJRC H48 hingga dalam waktu maksimal 5 menit didalam ruangan. Mengapa di dalam ruangan? Selain karena drone ini di desain untuk terbang indoor, Karena di dalam ruangan juga lebih nyaman untuk terbang karena tidak ada gangguan terpaan angin seperti di luar rumah. Meski begitu di malam hari anda juga bisa menerbangkan drone ini, karena di malam hari anda akan mendapatkan tansmisi infrared paling bagus.



Untuk aksesori seperti kamera, anda tidak akan menemukannya pada drone ini, sebagai drone yang sangat – sangat basic dan justru malah mengecewakan bagi beberapa orang karena malah mengadopsi teknologi lama, JJRC H48 sebenarnya bisa jadi drone untuk belajar terbang juga. jadi admin simpulkan bahwa drone ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin coba membeli drone dan menerbangkannya dalam harga yang paling murah daripada drone lainnya. Tapi saran admin lebih baik kumpulin uang dikit lagi sudah dapat drone dengan kendali 2.4GHz seperti Eachine E010 dan sebangsanya.

Spesifikasi Drone JJRC H48 - OmahDrones


Berikut adalah package list yang akan anda dapatkan ketika pembelian JJRC H48:
1x Quadcopter
1x Transmitters
4x Propeller
1x manual

Untuk mendapatkan Drone JJRC H48 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone JJRC H48

Link mati? bisa Lapor Disini




Untuk harganya, JJRC H48 dibandrol dengan harga yang sedikit lebih murah daripada mini drone dengan kemampuan serupa namun dengan kendali Remote 2.4GHz, JJRC H48 ini dijual di online shop internasional mulai dari 10USD saja, alias 130 ribuan saja. Namun, apakah anda mau membeli drone dengan teknologi lawas yang pada dasarnya sudah ditinggalkan ini? atau ada yang memiliki rencana lain untuk drone infrared ini kedepannya.