Spesifikasi Drone JJRC X17 - GPS 2 Axis Gimbal

 Sering kali omahdrones membahas drone yang kurang layak untuk dimiliki untuk pilot yang ingin mendapatkan fungsi lengkap dengan harga yang terjangkau. Karena di sisi produsen juga mereka pasti memberikan pilihan, murah dengan kualitas dan fitur seadanya, yang kadang ada fiturnya tapi tidak bisa bekerja secara normal juga, sehingga seperti sama saja tidak ada fitur tersebut. Lalu harga yang agak mahal tapi fitur dan kemampuannya seimbang, sesuai harga tentunya, sampai yang mahal yang tentu lebih banyak membuat anda merasa puas dengan hasil terbang dan bagi banyak orang yang mau mainan drone tentunya adalah kualitas kameranya. Jadi untuk dibuat konten aerial sudah bagus harapannya.


Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Ya seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, hingga pada saat artikel ini ditulis yakni pada bulan februari 2024, sudah banyak sekali drone kelas mainan yang seakan menawarkan berbagai fitur dan kualitas, namun pada kenyataannya tidak sesuai dengan harapan. Nah, di kesempatan kali ini, omahdrones akan mengulas sebuah drone yang bisa dibilang seimbang antara kemampuan, fitur dan juga harganya, jadi drone ini layak untuk dimiliki untuk anda yang mau mencoba mainan terbang dengan ekspektasi yang tinggi.


Adalah JJRC X17, dari brand nya saja sudah terkenal, jadi dari sini sudah bisa kita bayangkan kalau untuk kualitas, tentu lebih baik daripada brand dibawahnya atau malah yang tidak memiliki brand sama sekali. Drone ini masih mengusung model Foldable Arm, dengan motor brushless yang lebih tahan angin dan tidak mudah overheat seperti motor burshed. Tak cuma itu, JJRC X17 juga dilengkapi dengan GPS sehingga untuk terbang dalam kondisi berangin pun dia masih bisa mempertahankan posisinya, asalkan tidak dalam kondisi angin yang ekstrim, karena drone ini tidak di desain untuk kebutuhan tersebut.

Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Ada lagi tambahan optical flow sensor di bagian bawah drone, jadi untuk terbang indoor yang susah mendapatkan sinyal GPS, JJRC X17 juga tetap bisa stabil mempertahankan posisinya dengan adanya sensor ini, dan untuk spesifikasi lebih lengkapnya, anda bisa simak dibawah ini:

Brand Name: JJRC

Item NO.: X17

Color: Orange, Green (Optional)

Material: High Toughness and Explosion-Proof ABS, Electronic Components

Motor: Brushless Motor

Quadcopter Battery: 11.1V 2850mAh Lipo (Included)

Battery Weight: 170g

Flying Time: About 30mins

Charging Time: About 240mins

Remote Control Mode: Handle/Mobile Phone Control

Remote Control Battery: 3 x AA Battery (NOT Included)

Remote Control Distance: 800-1000m

Mobile Phone Holder Size: Max Support 8.5cm

Flying Speed: 7m/ss

FPV: 5G WiFi

FPV Range: 800m

Camera: 6K ESC HD

Picture Resolution: 5700*4275

Video Resolution: 2688*1512

Local Video Frame Rate: 25FPS

Gimbal: 2-Axis Self-stabilization Gimbal

Positioning System: GPS + Optical Flow Positioning

Quadcopter Expand Size: 43x43x6.7cm

Quadcopter Folded Size: 17x11.5x6.7cm

Flying Weight: 500g

Propeller Size: 9.5cm

Package Size: 34x22.5x10.5cm

Package Weight: 1250g


Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Sebagai drone yang sebenarnya masih termasuk dalam kategori mainan, JJRC X17 dibekali baterai yang cukup besar yakni bertegangan 11.1Volt dan kapasitasnya sebesar 2850mAh. Dengan satu baterai ini, anda bisa terbang selama 30 menit kalau mengacu pada tabel spesifikasi, namun dalam praktiknya, karena lama terbang juga dipengaruhi oleh kondisi dimana anda terbang serta cara terbang anda juga, rata – rata lama terbang JJRC X17 bisa 20 – 25 menitan. Lalu untuk proses pengisian ulang baterai, anda harus menggunakan kabel USB bawaan dari paket pembelian, karena prot yang digunakan masih port DC kecil, tidak menggunakan port MicroUSB seperti beberapa drone sekelasnya.


Ini agak disayangkan, karena kalau ingin melakukan recharge beberapa baterai sekaligus jadi agak susah bahkan tidak bisa karena kabel USB seperti ini juga tidak dijual secara umum, beda seperti kabel microUSB yang lebih mudah ditemui. Walau sebenarnya anda juga tetap mudah mencari di marketplace online juga USB to 3.5mm DC, hanya saja peredarannya tidak seperti MicroUSB yang lebih mudah ditemui.


Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Untuk bagian remote controlnya, JJRC X17 memiliki remote control yang simple, bagian tombol fungsinya dibuat kecil – kecil jadi nampak lebih ringkas, dan di tiap tombol juga terdapat icon yang bisa mempermudah anda untuk mengingat fungsi tiap tombolnya, di bagian tengah remote ini juga ada LCD monochrome yang akan menampilkan status drone secara realtime, jadi meski tanpa layar FPV pun sebenarnya anda bisa tau kondisi drone, dan juga arah laju drone melalui LCD kecil ini.


Jarak jangkauan remote ini, kalau menurut tabel spesifikasi bisa mencapai 1KM, tapi kembali lagi dimana anda terbang, kalau di tempat anda terbang banyak interferensi sinyal yang sama frekuensinya dengan remote ini, antenna pada remote ini hanya hiasan saja dan untuk sumber tenaga remote ini sayangnya belum menggunakan baterai internal, anda perlu 3 buah baterai ukuran AA yang sebenarnya bisa juga anda akali dengan baterai AA rechargeable, sehingga ketika baterainya habis, anda bisa lakukan recharge, secara tidak langsung anda juga ikut go green karena tidak memperbanyak sampah baterai sekali pakai.

Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Lanjut ke bagian kamera, untuk kelas drone brushless GPS yang ekonomis, kamera JJRC X17 juga bisa dibilang bagus. Untuk stabilisasinya dia sudah menggunakan 2 axis gimbal, dan kamera ini bisa merekam video di resolusi 2K 25fps, dan untuk fotonya bisa hingga bnerukuran 6K. Yang jadi nilai plus lagi, disini sudah tersedia slot MicroSD, jadi anda bisa mendapatkan video original yang tidak ada gangguannya seperti lag karena frame dropping dari Wifi-FPV, untuk hasil yang optimal, anda bisa gunakan microSD kelas 10 U1 untuk rekam di 1080p, kalau mau rekam 2K saran dari admin omahdrones bisa gunakan MicroSD U3, atau untuk lengkapnya anda bisa baca postingan omahdrones mengenai memilih microSD yang baik untuk drone.


Kualitas gambarnya pun juga cukup bagus, sesuai dengan harga yang anda keluarkan untuk JJRC X17, tidak seperti beberapa drone sekelasnya namun memiliki kamera yang jauh dibawah JJRC X17, dan juga koneksi FPV JJRC X17 ini menggunakan metode WiFi FPV, dan frekuensi yang digunakan adalah 5G, jadi pastikan smartphone anda support Wi-Fi 5G atau Wi-Fi 802.11ac, karena kalau tidak, anda tidak bisa menikmati FPV yang akan membuka semua fitur yang ada di aplikasi FPV nya.

Spesifikasi Drone JJRC X17 - OmahDrones


Tiap pembelian JJRC X17, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x X17 RC Drone 

1 x Remote Control 

1 x USB Charging Cable 

1 x 11.1V 2850mAh battery 

4 x Propeller Blade 

1 x Bag / Foam Box

1 x Screwdriver 

1 x English Manual


Untuk mendapatkan Drone JJRC X17 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone JJRC X17

Link mati? bisa Lapor Disini


kesimpulan admin omahdrones untuk JJRC X17 mungkin hanya di bagian port chargernya yang masih menggunakan jack DC mini, meski begitu tetap ada solusinya. Dan juga yang kedua itu adalah kemampuan penguncian GPS dan juga kompasnya, karena di beberapa kasus, ada yang sering “oleng” ketika terbang akibat kompas dan GPS yang kurang optimal, solusinya pastikan tiap mau terbang, lakukan kalibarasi kompas hingga JJRC X17 anda bisa terbang normal.